Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Yuk Kenali Lampu LED, Jenis, Kelebihan, Serta Harga Terbaru 2022


Manfaat penggunaan lampu memang tak dipungkiri lagi bahwa dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari lampu tidur, lampu taman, lampu baca, dan lainnya. Melihat penggunaan lampu pastinya dibutuhkan dalam berbagai ruangan, ada baiknya anda memperhatikan kualitas penerangan ruangan demi kenyamanan. Selain kenyamanan, kesehatan mata pun juga perlu diperhatikan. Jika penerangan pada ruangan kurang, justru dapat berakibat buruk pada kesehatan mata. Jenis lampu Light-emitting Diode (LED) memang dibilang sebagian teknologi pencahayaan yang memberikan berbagai kelebihan dan keunggulan.
Lampu LED merupakan inovasi teknologi canggih dalam bidang pencahayaan dan saat ini telah kian populer dan semakin banyak yang menggunakannya. Betapa tidak, lampu LED memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Saat ini lampu LED banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari untuk lampu rumah, lampu motor atau mobil, flashlight HP, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam satu dekade terakhir ini, teknologi lampu LED terus mengalami perkembangan. Mulai bermunculan lampu hias LED berukuran kecil, kompak dan memiliki banyak warna.
Variasi jenis lampu LED yang semakin bervariatif memberikan Anda lebih banyak opsi untuk memilih lampu yang tepat untuk rumah. Ingin lebih mengetahui jenis lampu LED, kelebihan, kekurangan, tips, serta harga terbarunya, simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu Lampu LED?

Istilahnya sering ditemukan pada TV, kendaraan, sampai smartphone yang sering kali digunakan. LED atau Light Emitting Diode adalah produk diode pancaran cahaya (light emitting diode) yang disusun menjadi sebuah lampu. Teknologi ini disebut diode atau dioda karena memanfaatkan bahan semikonduktor untuk bisa dibuat. Bahannya ramah lingkungan dan tidak menyedot sumber energi, sehingga lebih hemat. Selain itu, lampu LED Lampu jenis ini memiliki usia pakai yang cukup panjang dan lebih efisien dalam penggunaan listrik dibandingkan dengan lampu pijar dan lampu neon. Lampu LED akan menghasilkan warna terang maksimal tanpa perlu waktu pemanasan terlebih dahulu.

Penggunaan Lampu LED

Kini banyak sekali lampu jenis LED yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Lampu ini umum digunakan untuk menerangi rumah. Selain itu, lampu jenis ini pun mulai banyak digunakan untuk lampu penerangan jalan, lampu pada papan iklan, lampu untuk LCD seperti TV, Handphone, dan monitor), lampu dekorasi, lampu indikator, dan lain sebagainya. Kini, lampu jenis LED pun mulai digunakan pada kendaraan seperti motor ataupun mobil. Akan tetapi, untuk mobil dan motor akan menggunakan lampu jenis LED yang khusus.

Jenis-Jenis Lampu LED

  1. Miniature LED
    Jenis lampu LED yang pertama adalah miniature LED. Jenis LED yang satu ini biasanya digunakan sebagai indikator ataupun hiasan saja. Ukurannya sangat kecil dan tersedia dalam beberapa jenis warna. Seperti namanya, lampu miniature LED berukuran mini, jauh lebih kecil dibandingkan jenis lainnya. Harga jualnya pun lebih murah. Anda akan menemukan jenis lampu LED ini pada sensor TV, aplikasi remote di ponsel, radio modern, dan elektronik canggih lainnya, ditandai dengan nyalanya yang berwarna merah.
  2. Lampu Bicolor LED
    Lampu bicolor LED dilengkapi lebih dari satu warna yang berubah secara bergantian. Lampu ini biasanya digunakan sebagai hiasan mainan anak-anak dan ruangan, terutama saat perayaan Hari Natal. Daya listrik lampu bicolor LED rendah (tergantung dengan pemakaiannya).
  3. Super Flux LED
    Super Flux LED merupakan salah satu jenis LED yang banyak digunakan dalam berbagai bidang. Lampu ini memiliki 4 buah pin dan ditawarkan dalam 3 ukuran berbeda, yaitu 3mm, 5mm, dan Flat Lens. Karena ukurannya yang kecil dan bisa bekerja dengan rentang toleransi suhu yang sangat luas membuat lampu ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Mulai dari otomotif, lampu sinyal, hingga lampu pencahayaan khusus. Lensa berukuran besar dengan sudut yang lebar membuat sudut pancar cahaya yang dihasilkannya menjadi luas.
  4. Surface Mount Device LED
    Lampu Surface Mount Device (SMD) adalah jenis lampu LED yang tidak memiliki kabel. Namun, untuk menghubungkannya, jenis lampu LED satu ini menggunakan chip yang cukup kecil. Kelebihan dari lampu SMD sendiri yaitu memancarkan cahaya dengan sudut pandang luas dan bisa memfokuskan sinar. Jenis lampu LED yang satu ini banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai dengan lampu emergency.
  5. Lampu High Power LED
    High power LED adalah jenis lampu yang menghasilkan tingkat cahaya yang sangat intens. Lampunya lebih terang dari jenis-jenis lampu LED lainnya. Lampu ini terkenal dengan keunggulannya yang segunung, termasuk awet dipakai sampai 50 ribu jam, ramah lingkungan, bisa didaur ulang, cahaya tidak merubah warna, setara dengan 25 lampu pijar, menghemat produksi, dan tidak memerlukan daya listrik besar. Dari berbagai keunggulan lampu high power LED, ada satu kekurangan yang ditemukan. Lampu high power LED lebih cepat panas, sehingga harus dipasang di area yang teduh atau dingin. Selain itu, lampunya juga lebih cocok digabungkan langsung dengan sistem tenaga surya agar tidak overheating. Contoh penggunaan lampu LED ini bisa dilihat di jalanan umum
  6. Chip On Board LED
    Chip on Board LED merupakan pengembangan dari Surface Mount LED. Jenis LED yang selanjutnya adalah COB atau Chip on Board LED. Lampu ini merupakan pengembangan dari Surface Mount LED yang mampu untuk menyala lebih terang. COB LED memiliki banyak sekali chip lampu dalam satu papan elektronik yang membuatnya bisa menyala dengan terang dan merata. Salah satu kelebihan dari COB LED adalah tidak panas dan memiliki usia pakai yang panjang.

Kelebihan Lampu LED

  • Umur LED Lebih Panjang
    Lampu LED cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Lampu LED setidaknya bisa bertahan 2-4 kali lebih lama ketimbang lampu jenis lain. Tepatnya, kemampuan bertahan rata-rata lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam.
  • Hemat Energi – Lebih Murah
    Lampu LED bisa menghemat energi hingga 90% dibandingkan dengan lampu pijar CFL dan lampu pijar biasa. 95% energi dari lampu LED digunakan untuk memproduksi cahaya lampu, dan sisa 5% yang lain menghasilkan panas. Hal ini berbanding terbalik dengan lampu CFL atau lampu pijar fluorescent biasa yang menghasilkan panas hingga 95%, dan hanya 5% yang dikonversi menjadi cahaya.
  • Ramah Lingkungan
    Seperti yang telah disebutkan di atas, lampu LED tidak membutuhkan gas untuk bisa menyala. Energi yang dibutuhkan pun lebih rendah ketimbang lampu biasa. Tak cuma itu, tingkat efektivitas lampu light-emitting diode juga sangat tinggi. Hampir seluruh energi yang diterima lampu light-emitting diode akan menjadi energi cahaya. Hanya sedikit yang menjadi energi panas. 
  • Temperatur Lampu Lebih Dingin
    Lampu jenis LED memiliki temperatur yang lebih dingin dibandingkan dengan jenis lampu lain. Oleh karena itu, lampu LED cenderung lebih aman dan tidak merusak rumah lampu atau area di sekitar lampu.

Kekurangan Lampu LED

  • Tidak Tahan Panas
    Lampu LED tidak tahan apabila terkena panas dalam waktu yang lama. Beberapa jenis lampu bahkan memiliki heatsink dan kipas untuk mengurangi panas komponen elektronik yang terdapat di dalam lampu. LED yang terlalu sering terkena panas akan mudah rusak dan membuat kemampuan untuk memancarkan cahayanya menjadi berkurang.
  • Lebih Mahal
    Harga dari lampu LED juga relatif lebih mahal dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. Anda perlu menyiapkan budget lebih untuk membeli lampu LED di rumah.
  • Pancaran Lampu Yang Lurus & Terarah
    Lampu LED memiliki pancaran cahaya yang lurus dan terarah. Beberapa lampu menggunakan plastik penutup yang dibuat buram supaya pancaran cahaya bisa menyebar ke seluruh ruang dengan sempurna.

Tips Memilih Lampu LED 

  • Jangan lihat dari besaran watt-nya
    Dalam memilih lampu jenis ini, sedikit berbeda ketika anda memilih lampu biasa. Umumnya, kita akan melihat nilai daya (watt) dari sebuah lampu sebelum membelinya. Hal ini dikarenakan watt tersebut menentukan seberapa terang lampu yang hendak dibeli akan bersinar. Namun, lain cerita jika akan membeli lampu light-emitting diode. Bukan besaran watt yang dilihat, namun nilai lumennya. Sebab, besaran watt pada lampu ini tidak akan mempresentasikan tingkat intensitas terangnya lampu.
  • Ada harga ada rupa, jangan tergiur dengan harga murah
    Lantaran mulai banyak orang yang beralih ke jenis lampu ini, permintaan pasar semakin besar. Melihat hal ini, tak sedikit produsen lampu yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual lampu light-emitting diode dengan harga miring. Namun anda sebaiknya tidak tergiur dengan harga murah. Sebab, biasanya lampu light-emitting diode yang dijual dengan harga murah memiliki kualitas yang rendah. Distribusi cahayanya cenderung tidak merata, sehingga membuat mata tidak nyaman. Belum lagi, kualitasnya yang rendah membuat lampu murah cenderung cepat rusak.

Harga Lampu LED 2022

Merk Lampu Harga
Philips Lampu LED Bulb 3 W (25W) Cool Day Light/Putih Rp25.000
Philips Rechargeable LED 7W 6500K Rp79.000
Bohlam LED Hannochs Genius  Rp51.500
Midea LED Daywhite 15W 5700K Rp42.600
Panasonic Lampu Led Bulb 8.5 Watt Pro 8.5W 9W Putih     Rp31.000

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait