Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Yuk Kenali Berbagai Jenis Ikan Koi, Manfaat, Cara Merawat, Serta Harganya


Salah satu ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah ikan koi. Ikan koi ini banyak diminati karena mempunyai warna yang beraneka ragam, mempunyai jenis yang beragam serta dapat mencapai ukuran yang besar. Selain itu, ikan koi masih menjadi primadona lantaran harganya yang bervariasi dari harga ribuan sampai ratusan juta per ekor. Ikan koi ini kerap kali ditempatkan di alam terbuka, kolam dalam rumah, kolam luar rumah serta akuarium.
Ikan yang berasal dari Jepang ini pada awalnya dikonsumsi. Tetapi, karena bentuk fisiknya yang sangat indah dengan corak di setiap badannya maka jenis ikan satu ini dijadikan peliharaan guna menambah nilai estetika rumah jika dirawat dengan baik.  Tidak hanya enak dipandang mata, rumah kita pun bisa terasa lebih sejuk dan juga segar karena kolam ikan memberikan kesan hidup dan alami dengan kuat ke dalam rumah. Terdapat banyak jenis ikan koi yang dapat anda pelihara dengan corak dan harga yang berbeda beda.
Oleh karena itu, ketahui jenis-jenis koi berikut ini agar anda bisa membedakannya dan memilih yang paling favorit! Selain itu, ketahui pula cara merawat ikan koi dengan baik dalam ulasan berikut.

Sejarah Ikan Koi

Pada mulanya, ikan koi ini berasal dari dataran Tiongkok. Lalu pada abad ke 17, petani Tiongkok membawanya ke Jepang untuk dibudidayakan sebagai bahan makanan. Seiring berjalannya waktu, koi lebih spesifik sebagai ikan hias yang katanya bisa mendatangkan hoki bagi pemiliknya.
Dalam bahasa Jepang ikan koi berarti ikan karper atau nishikigoi yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, ikan dilambangkan sebagai cinta dan persahabatan. Ciri khas koi adalah tubuhnya yang memiliki corak unik dengan warna-warna yang cantik. Inilah kenapa koi memiliki harga cukup mahal dengan rentang harga yang sangat bervariasi, tergantung dari jenis dan corak ikan tersebut.

Manfaat Memelihara Ikan Koi

  1. Meningkatkan kadar estetika dari sebuah rumah
    Tidak ada seorangpun yang menyanggah adanya penampilan estetik dari sebuah kolam ikan koi sebagai properti rumah. Penempatannya di halaman depan membuat tampilan rumah jadi lebih elegan dan cantik. Sementara jika menempatkannya di dalam rumah akan memberikan kesejukan di dalam hunian.
  2. Memberikan Nuansa Alami di Rumah
    Menambahkan kolam ikan di rumah juga dapat menciptakan nuansa alami pada hunian. Tak hanya bagi penghuni yang merasa tenang saat melihatnya, pengunjung yang datang ke rumah juga akan merasakan suasana alam yang menenangkan. Kolam juga mengundang makhluk hidup lainnya seperti kupu-kupu dan burung berputar di sisi kolam, sehingga memberikan kesan kembali ke alam.
  3. Menambah nilai jual properti
    Kolam ikan koi juga dapat menambah nilai jual rumah. Anda bisa bertanya pada agen real estate untuk membuktikannya. Sejumlah manfaatnya dalam kehidupan membuat rumah dengan kolam ikan dapat menambah nilai jual di pasar.
  4. Menormalkan tekanan darah
    Memiliki sebuah kolam ikan koi di rumah atau di tamam adalah salah satu pelepas stress. Apalagi dengan adanya tekanan dari pekerjaan yang sering dialami membuat tekanan darah juga ikut naik. Selain itu, kolam ikan koi juga mampu menghilangkan perasaan negatif dalam diri. Aliran air yang ada di kolam ikan koi bisa meningkatkan rasa nyaman pada waktu yang sama.

Jenis - Jenis Serta Harga Ikan Koi

  1. Ikan Koi Chagoi – (Rp.200.000 – Rp.400.000)
    Jenis ikan koi Chagoi memiliki corak polos tapi warna yang dimilikinya sangatlah khas. Sebab hampir seluruh tubuh pada ikan koi yang satu ini berwarna kuning keemasan atau hampir menyerupai kuning kunyit. Sedangkan untuk bentuk siripnya ada corak kehitaman yang berpadu dengan warna khasnya. 
  2. Ikan Koi Ochiba Shigure – (Rp200.000 Rp – Rp300.000)
    Ochiba Shigure memiliki warna dasar putih pucat dan corak jingga yang juga nampak sedikit pucat. Koi ini lebih cocok dijadikan pelengkap dalam kolam ikan koi daripada menjadi tontonan utama. 
  3. Ikan Koi Kinginrin – (Rp 900.000)
    Ciri-ciri ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Namun, rupanya memang ia salah satu jenis Koi hasil persilangan.
  4. Ikan Koi Koromo –  (Rp 400.000)
    Ikan Koromo memiliki corak hitam keunguan seperti warna anggur. Corak ini berada diatas tubuh ikan. Selain itu ada corak merah di bagian atas. Selain merah, ikan ini memiliki warna ungu dan biru. 
  5. Ikan Koi Kumpay Slayer – (Rp. 1.500.000 – Rp. 2.000.000)
    Kumpay slayer disebut juga sebagai koi butterfly. Hal ini dikarenakan siripnya yang panjang dan indah seperti kupu – kupu. Tak heran jika koi jenis ini tergolong jenis koi yang cukup mahal. Harga ikan cantik ini 
  6. Ikan Koi Tancho – (Rp700.000 – Rp1 juta)
    Jenis ikan koi Tancho merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki corak unik layaknya bendera Jepang. Sebab ciri khas bagi ikan koi yang satu ini adalah pada bagian kepalanya terdapat warna merah menyala dan coraknya berbentuk lingkaran. Sedangkan warna lainnya bentuknya putih tulang dan bersih.
  7. Ikan Koi Soragoi – (Rp400.000 – Rp600.000)
    Soragoi memiliki nama lain koi hantu karena warna tubuhnya yang hitam keabu-abuan tampak menyeramkan. Mungkin warnanya tak seindah jenis ikan koi lain, tapi koi ini sangat menawan sebagai pelengkap kolam.
  8. Ikan Koi Shusui – (Rp. 400.000 – Rp. 500.000)
    Ikan koi shusui memiliki corak yang sangat unik. Memiliki ciri khas corak berwarna hitam sepanjang punggungnya yang membentuk seperti tulang punggung.
  9. Ikan Koi Shiro Utsuri – (Rp700.000 – Rp1 juta)
    Ikan koi Shiro Utsuri memiliki perpaduan warna hitam menyala dengan putih tulang yang sangat elegan. Selain itu bentuk siripnya juga menarik layaknya dengan jenis lainya. Ikan koi shiro utsuri ini menjadi dambaan para kolektor sebab kecantikannya. 
  10. Ikan Koi Asagi – (Rp1,2 juta  – Rp1,5 juta)
    Lebih unik, mungkin sebutan yang cocok untuk corak warna ikan koi Asagi. Perpaduan warna abu-abu yang menyesuaikan bentuk sisiknya, serta pada siripnya berwarna oranye hingga putih metal. Tak pelak, jenis ikan koi satu ini layak untuk dikoleksi, selain itu ada juga warnanya yang polos putih metal saja.

Cara Merawat Ikan Koi

  • Pilih Kolam Ikan Koi yang Tepat
    Cara budidaya ikan koi yang pertama yakni, menyiapkan kolam ikan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan material apapun untuk membuat kolam, namun pastikan kedalaman minimalnya 50 cm. Akan lebih baik jika anda membuatnya hingga 1 meter, agar dapat menampung air sebanyak 1100 liter untuk setiap ikan. Untuk lebar kolam tak ada ukuran pasti, pastikan ikan memiliki ruang gerak yang cukup, sehingga ia dapat tumbuh dengan baik dan sehat.
  • Menggunakan Air Bersih Untuk Mengisi Kolam
    Jika sudah menyiapkan kolamnya, maka saatnya mengisi dengan air yang bersih sebelum memasukan ikannya. Anda bisa diamkan air bersih tersebut selama dua sampai tiga hari sebelum memasukan ikan koi ke dalamnya agar menghilangkan bau semen atau cat yang masih tersisa di dalam kolam.  Setelah itu ganti dengan air bersih yang baru untuk menghindari ikan koi mati akibat senyawa kimia yang bisa saja masih menempel di permukaan kolam. Anda bisa uji coba dengan meletakan ikan koi kecil untuk memeriksa kondisi kolam, apakah sudah cocok atau belum.
  • Pilihlah Indukan Ikan Koi Berkualitas
    Selanjutnya anda dapat memilih bibit ikan koi berkualitas dari peternak awalnya. Indukan ikan koi yang berkualitas bisa dilihat dari umur, bentuk tubuh ideal, berenang dengan tenang, warna kontras, dan tidak ada goresan luka pada sekujur tubuh ikan koi. Bila perlu, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis ikan koi yang sebelumnya dibahas oleh OnList
  • Karantina ikan sebelum meletakkannya di kolam
    Sembari membersihkan kolam dari bau semen dan material bangunan lainnya, anda juga bisa sambil melakukan karantina ikan sebelum meletakkannya di kolam. Caranya, letakan ikan pada ember atau wadah besar. Jika memungkinkan, batasi jumlah ikan di dalam satu wadah agar ikan tidak stres.
  • Memasukkan Ikan Ke Dalam Kolam 
    Saat ingin memasukkan ikan ke dalam kolam, jangan lupa untuk menyertakan air di dalam wadah. Jadi masukkan ikan beserta airnya agar terjadi percampuran air antara air kolam dengan air wadah ikan. 
  • Cara Memelihara Ikan Koi dengan Memasang Pasang Filter Air
    Saat memelihara ikan koi, penting untuk selalu menjaga kualitas air yang digunakan. Hal ini bisa anda lakukan dengan memasang filter air. Sistem filter akan menyaring kotoran halus dan mengurai racun amonia sisa proses pencernaan ikan. Dengan cara merawat ikan koi satu ini, kebersihan air kolam bisa selalu terjaga.
  • Lengkapi Kolam dengan Tanaman Air
    Cara merawat ikan koi berikutnya yakni, lengkapi kolam dengan tanaman air. Tanaman yang tumbuh di kolam bisa menjadi sumber nutrisi alami untuk ikan. Misalnya saja seperti tanaman alga atau duckweed. Tentu saja, tanaman air juga akan menjadi poin estetika tambahan di kolam anda.
  • Memberi Pakan
    Jangan berlebihan dalam memberi pakan karena kolam akan lebih cepat keruh. Dibandingkan memberi makan sekaligus dalam jumlah banyak, luangkan waktu untuk lebih sering memberi pakan dalam jumlah sedikit. Setidaknya 3—5 kali sehari. Cacing sutera, seledri air, dan pakan organik lainnya baik untuk kualitas koi.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait