Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Yuk Intip Bagaimana Cara Membuat Vertical Garden Di Rumah Agar Rumah Semakin Asri


Vertical garden merupakan salah satu bentuk taman rumahan yang banyak diminati masyarakat. Perawatannya yang mudah dan cara pembuatannya yang sederhana juga membuat taman jenis ini mulai menjamur. Cara membuat vertical garden di rumah memang bisa dibilang mudah, walaupun untuk seorang pemula. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga mudah didapat. Tak ayal ini membuat banyak orang mulai membuat vertical garden sendiri. Bagi Anda yang hendak membuat vertical garden sendiri, yuk segera intip cara-caranya di bawah ini!

Cara Membuat Vertical Garden Di Rumah Yang Mudah Dan Sederhana

Pembuatan vertical garden yang mudah tetap saja harus sesuai cara dan aturan yang berlaku. Karena pembuatan vertical garden walaupun kelihatannya mudah harus mengikuti aturan yang ada. Eits, tapi jangan khawatir walaupun harus sesuai aturan namun masih tergolong mudah bagi pemula sekalipun. Berikut cara membuat vertical garden di rumah yang bisa Anda ikuti:

1. Pilihlah Desain Yang Unik Dan Elegan

Keindahan taman sangat berpengaruh terhadap desain di sekitarnya. Ketika Anda hendak membuat vertical garden maka pilihlah bentuk taman yang akan Anda buat. Pastikan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar juga. Karena vertical garden tidak boleh timpang dengan keadaan alam sekitarnya. Ketimpangan akan membuat keindahan tamannya jadi terdegradasi oleh lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, selain memilih desain vertical gardennya, maka harus mempertimbangkan juga keadaan lingkungan sekitarnya. Kondisi taman dan lingkungan yang sesuai akan memperindah taman yang sedang Anda buat.

2. Pastikan Dinding Yang Anda Pilih Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan selain memilih desain saat akan membuat vertical garden ialah memastikan dinding mana yang akan dibuat taman. Dinding yang harus Anda pilih sebaiknya dinding yang sudah agak rusak. Maksudnya rusak ialah dinding yang memiliki kebocoran atau kelembapan. Kelembapan akan sangat mempengaruhi kondisi tanaman yang akan Anda tanam. Vertical garden Anda juga akan semakin estetik jika diletakkan di dinding yang tepat. Salah satu dinding yang estetik digunakan ialah dinding batu bata. Cara membuat vertical garden di rumah dengan pemilihan dinding yang tepat akan semakin memperindah hasilnya.

3. Buat Bingkai Taman Sesuai Keinginan

Selanjutnya yang wajib Anda lakukan ialah membuat bingkai tamannya sesuai keinginan Anda. Misalnya Anda akan membuat bingkainya berbentuk bulat. Atau mungkin Anda ingin membuat rangkanya persegi, boleh juga. Bingkai berbentuk oval atau persegi panjang juga boleh digunakan. Buat sesuai keinginan Anda, semakin unik akan semakin membuat hasilnya bagus. Cara membuat vertical garden di rumah pada fase ini membuat taman Anda akan terlihat berbeda.

4. Melapisi Bingkai Menggunakan Plastik

Plastik digunakan untuk melindungi dinding yang digunakan sebagai vertical garden dari rembesan air tanaman. Walaupun Anda menggunakan dinding yang sudah retak atau bahkan rembes, Anda harus tetap memberinya plastik. Hal ini untuk mengurangi resiko tembok cepat ambruk akibat rembesan air setiap harinya. Plastik yang Anda pilih sebaiknya plastik yang memiliki kualitas tinggi, ini untuk memberikan ketahanan maksimal dari rembesan air tanaman.

5. Gunakan Kain Sebagai Media Tanam

Kain merupakan media tanam yang bagus untuk vertical garden. Meskipun begitu, sebaiknya Anda memilih kain dengan tekstur yang tidak terlalu tebal. Pilihlah kain yang berserat tipis dan bisa digunakan untuk tanaman bernafas. Tanaman yang menggunakan kain sebagai media tanam cenderung lembab karena kain menyerap air. Selain itu akan agak lebih lama air akan turun jika sudah masuk ke dalam kain. Sama halnya saat Anda menjemur pakaian.

6. Gunakan Sistem Hidroponik Untuk Mengairi Tanaman

Air merupakan elemen penting yang harus diterima oleh setiap tanaman di muka bumi. Begitu juga dengan tanaman di vertical garden juga membutuhkannya. Sistem pengairan yang digunakan sebaiknya meniru sistem pengairan pada tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik membutuhkan air sebagai media tanamnya. Nah kalau vertical garden hanya untuk mengairi saja, jadi tidak selalu ada airnya juga. Cara membuat vertical garden di rumah untuk masalah pengairan bisa menggunakan pipa yang dipasang sesuai bingkai taman.

7. Pilih Tanaman Yang Akan Anda Gunakan

Memilih tanaman menjadi bagian terpenting dan tak terpisahkan bagi Anda yang sedang melakukan pembuatan taman. Agar taman yang Anda buat indah dan asri, maka Anda wajib memilih tanaman sesuai dengan kondisi tanah ataupun lingkungan sekitar. Perhatikan juga tanaman kesukaan Anda, pantaskah jika dipasang sebagai vertical garden. Jika tidak, cara membuat vertical garden di rumah agar terlihat indah adalah mencari referensi pada ahlinya. Ahli tanaman tentu akan memberikan saran yang tepat kepada Anda, mengenai apa saja yang perlu ditanam dan mana yang tidak perlu. Sebaiknya pilih tumbuhan yang mudah menjalar untuk membuat vertical garden terlihat lebih alami dan unik.

8. Tanam Sekarang Juga

Untuk mengeksekusi tanaman Anda agar segera tumbuh maka segeralah tanam sekarang juga. Media tanam sudah tersedia, lantas menunggu apalagi untuk menanam tanaman yang Anda inginkan. Selain plastik, kain yang sudah Anda siapkan siap untuk menjadi media tanam. Aliran air juga siap mengaliri tanaman yang Anda tanam. Semakin cepat Anda menanam maka akan semakin cepat pula pertumbuhan vertical garden Anda. Vertical garden impian Anda akan segera terwujud dalam beberapa waktu. Mungkin awalnya memang akan terlihat gersang, namun jika Anda rajin maka akan segera asri dan tumbuh subur.

9. Beri Pupuk Sesuai Kebutuhan

Memberikan pupuk merupakan kewajiban juga untuk Anda agar tanaman Anda tetap segar dan hijau. Jika Anda tidak rajin memberi pupuk, maka ditakutkan tanaman Anda akan menjadi kuning kemudian kering dan mati. Tentunya ini akan membuat tampilan vertical garden Anda terlihat buruk. Karenanya Anda harus rajin memberikan pupuk dan menyiangi rumput liar yang tumbuh di sekitarnya. Saat memberikan pupuk, pastikan sesuai takaran, karena jika terlalu banyak maka tanaman akan mati. Namun jika terlalu sedikit, tanaman bisa kurang tumbuh atau terlambat tumbuh.

10. Jaga Dan Rawat Tanaman

Yang paling penting dari yang terpenting dari cara membuat vertical garden di rumah ialah menjaga tanaman agar selalu tumbuh dalam keadaan yang layak. Layak disini bisa diartikan sebagai layak dalam hal air atau lingkungannya sekalipun. Kelayakan ini bisa dibuktikan dengan bagaimana kondisi tanaman Anda saat ini. Sudahkah airnya cukup? Sudahkan lingkungannya lembab? Panaskah lingkungannya? Hal-hal semacam itulah yang akan sangat menentukan apakah vertical garden Anda akan berhasil atau tidak. Jika kondisi yang baik tidak dapat dibentuk, maka bisa dipastikan bahwa taman yang anda inginkan tidak akan terwujud.

Poin-poin di atas merupakan cara membuat vertical garden di rumah yang bisa Anda ikuti sekalipun Anda pemula. Pastikan seluruh bahan yang dibutuhkan telah tersedia sehingga Anda sudah tinggal eksekusi saja. Yuk buat vertical gardenmu sendiri! Sesuaikan bentuk dan tanamannya dengan selera Anda.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait