Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Vertical Garden, Solusi Penghijauan Di Rumah Lahan Minim


Taman vertikal atau vertical garden merupakan solusi yang tepat untuk rumah-rumah di daerah perkotaan yang menginginkan taman di sekitar rumahnya. Lahan di kota sekarang menjadi barang yang sangat mahal, sehingga membuat taman di sekitar rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalau Anda memiliki rumah minimalis dengan lahan terbatas, maka taman vertikal merupakan opsi terbaik karena dapat mempercantik tampilan rumah. Vertikal garden juga bisa Anda gunakan sebagai pembatas ruang. Selain berfungsi sebagai elemen dalam arsitektur, taman vertikal merupakan solusi efektif untuk menjaga kebersihan udara dan penyediaan oksigen di sekitar rumah. Inilah beberapa referensi taman vertical yang dapat diaplikasikan di rumah Anda: 

1. Pot Tanah Liat Vertikal

Ide menggantungkan pot tanah liat bisa Anda terapkan di balkon apartemen Anda. Ini merupakan salah satu cara cerdas menambahkan komponen hijau tanpa harus menggunakan banyak ruang. Anda juga bisa memilih tanaman sesuai dengan selera. 

2. Taman Vertikal Dengan Nampan

Mirip dengan flat pembibitan, baki plastik persegi panjang ini dibagi menjadi sel-sel penanaman, semuanya miring pada sudut 30 derajat dengan lubang bawah untuk drainase dan aerasi. Setiap baki dilengkapi dengan braket sebagai pengait dan tambahan bingkai untuk memperindah. Tanaman yang memiliki sistem akar dangkal, sangat cocok untuk nampan ini. Untuk tanaman yang lebih besar, Anda tinggal memperbesar ukuran nampannya.

3. Standalone Wall

Jika tidak ada dinding yang bisa Anda manfaatkan, saatnya membuat standalone wall sendiri untuk taman vertical. Dinding kawat untuk membuat taman mungil di rumah Anda yang sempit. Anda tinggal mengaitkan pot-pot kecil ke kawatnya dan menanaminya dengan bunga kesukaan.

4. Taman Gantung Dari Pipa Tembaga

Pipa tembaga memiliki warna unik yang akan sangat cantik dijadikan penggantung tanaman Anda. Tambahkan aneka tulisan untuk menunjukkan personality Anda. Benang warna-warni yang ditata sedemikian rupa juga menjadi pemanis yang membuat taman vertikal Anda tampil fun dan menyegarkan mata.

5. Taman Vertikal Dari Kantung Bekas

Punya banyak wadah bekas (dari kain atau karung bekas) yang menganggur di rumah? Coba berkreasi dengan menjadikannya sebagai pot. Gantungkan di dinding belakang rumah. Bunga warna-warni yang kontras dengan dinding dan wadahnya akan menjadi paduan harmonis yang memperindah rumah Anda.

6. Taman Bergantung Indoor

Dapur tampak begitu datar karena kurang dekorasi? Taman vertikal dengan pot-pot yang tergantung di depan jendela bisa menjadi pendukung suasana yang menyegarkan mata. Anda bisa meletakkan taman vertikal ini di depan jendela kamar atau ruang makan Anda untuk memberikan nuansa lebih hidup ke dalamnya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait