Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Trend Rumah Minimalis Yang Cocok Dengan Impian Anda


Apa Itu Rumah Minimalis Modern?

Dalam desain arsitektur minimalis modern, arsitektur atau desain bangunan hanya menggunakan kebutuhan yang paling mendasar. Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk-bentuk yang geometris dan tanpa dekorasi menjadi karakter arsitektur minimalis.
Minimalis sendiri menjadi tren pada awal abad ke 19 dan menjadi gerakan penting akibat respon dari gaya arsitektur sebelumnya yang lebih banyak menggunakan unsur dekorasi dan ornamen. Para designer desain arsitektur rumah minimalis berfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur tiga dimensional dalam desain arsitektur.
Arsitek minimalis tidak hanya mempertimbangkan kualitas fisik bangunan, mereka juga melihat secara mendalam ke dalam dimensi spiritual yang tidak terlihat, dengan perhatian lebih terhadap detail, manusia, ruang, alam, dan bahan. Mereka menemukan bahwa sesuatu yang abstrak dan tidak terlihat seperti cahaya alami, langit, bumi, dan udara sebenarnya mempunyai kualitas.
Dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis. Pencahayaan yang alami membuat bangunan terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis mempunyai motto “listen to figure”, dengan mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis:

1. Harga Lebih Terjangkau 
Harga produk properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jika kita ingin memiliki rumah di kawasan perumahan, dengan kenaikan harga yang terus meningkat, sepertinya tabungan kita membutuhkan waktu yang lebih panjang lagi untuk bisa mengumpulkan uang untuk membeli properti. Rumah minimalis biasanya dibanderol dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan rumah biasa, faktor harga juga tergantung dari strategis atau tidaknya lokasi rumah tersebut.

2. Mengasah Kreatifitas dalam Mendekorasi Rumah
Rumah minimalis sangat diminati saat ini. Area ruangannya yang tidak terlalu luas, sangat cocok diberi akses hiasan ruangan yang juga simpel. Dekorasi khas rumah minimalis juga mudah didapatkan.Tema-tema klasik dan vintage sangat cocok untuk rumah jenis ini. Rumah minimalis menantang Anda untuk lebih kreatif dalam menciptakan suasana yang nyaman di rumah minimalis tersebut.

3. Lebih Hemat Waktu Mengurusnya
Rumah minimalis juga cocok untuk Anda yang merupakan orang dengan mobilitas tinggi dan jarang berada di rumah karena sibuknya aktivitas yang dilakukan. Rumah minimalis mudah untuk dirapikan dan tidak ribet.

4. Suasana Lebih Nyaman
Mungkin Anda pernah mengunjungi salah satu rumah minimalis yang ada disekitar tempat tinggal. Coba rasakan, apa yang membuat anda jauh lebih nyaman dan jauh dari kesan menyeramkan? Ya, rumah minimalis memiliki warna cat yang cenderung terang dan cerah, lampunya terang, perabotan yang ada juga tidak terlalu banyak. Suasana yang tercipta akan semakin hangat dan nyaman.

5. Mendekatkan Keluarga
Suasana rumah minimalis yang nyaman, tentunya akan membuat suasana hangat dalam keluarga lebih tercipta. Kebersamaan dengan keluarga akan semakin akrab, dengan dukungan ruangan yang bersih dan terang. Area ruangannya yang tidak terlalu luas, tentunya membuat kita lebih mudah bertemu dengan keluarga dekat.

6. Mudah Untuk Dijual Sebagai Investasi
Yang terakhir, dengan memiliki rumah minimalis, Anda bisa mendapatkan keuntungan terutama bagi yang sering berpindah-pindah tempat tinggal karena alasan pekerjaan, atau sering berpetualang dan jarang menempati rumah. Rumah minimalis umumnya akan mudah dijual karena harganya yang cukup terjangkau.

7. Rumah Minimalis Investasi yang Menguntungkan
Rumah minimalis yang identik dengan warna yang simpel dan tidak terlalu penuh, ruangan yang bersih dan harga yang cukup terjangkau, akan diminati cukup banyak orang.

20 Inspirasi Rumah Minimalis Modern 

Rumah minimalis modern tipe 21

1. Rumah minimalis modern tipe 21 3 lantai

Ini juga bisa jadi salah satu inspirasi anda untuk memiliki rumah modern minimalis di lahan yang sempit. Rumah ini sedikit bernuansa klasik karena corak coraknya. 

2. Rumah minimalis minimalis tipe 21 putih merah

Rumah ini bercat putih dan merah sehingga secara bersamaan berkesan dominan dan menarik perhatian. Dan terkesan cerah dan berekspresi.

3. Rumah minimalis modern tipe 21 tingkat

Rumah dilahan sempit ini memanfaatkan lahan dengan baik sehingga, memiliki 3 lantai. Cocok untuk anda yang memiliki lahan sempit dan menginginkan 3 lantai.

4. Rumah minimalis modern tipe 21 abu-abu

Memiliki satu lantai dan desain garasi yang sederhana dan modern.
Rumah flower minimalis

Rumah minimalis modern tipe 36

1. Rumah minimalis modern tipe 36 dilengkapi dengan panel surya

Rumah ini memiliki satu lantai dengan hiasan coklat mocca dan memiliki panel surya, sehingga selain memiliki kesan minimalis anda juga bisa menambahkan panel surya.

2. Rumah minimalis modern tipe 36 container

Rumah kontainer juga bisa menambah suasana baru bagi orang yang menetap disana. Selain biaya pembangunan lebih murah dari biasanya, rumah tersebut bisa dibangun dilahan yang sempit.

3. Rumah minimalis modern tipe 36 kayu

Rumah kayu ini memiliki satu lantai, dengan dinding berwarna hitam. Tetapi terkesan modern dan sederhana.

4. Rumah minimalis modern tipe 36 semi industrial

Rumah minimalis semi industri ini memiliki suasana sejuk dan memiliki banyak ventilasi. 

5. Rumah minimalis modern tipe 36 industrialis

Rumah ini berkonsep industrialis karena adanya dinding yang tidak dicat. Pintu berwarna abu abu menambah kesan industry. 

Rumah minimalis modern tipe 40

1. Rumah minimalis modern tipe 40 monokrom

Rumah monokrom adalah rumah yang didominasi dengan cat hitam putih. Cat hitam putih berkesan elegan dan susana rumah menjadi lebih luas walaupun dilahan yang sempit. Oleh karena itu rumah menjadi simple dan tidak terlihat sempit. 

2. Rumah minimalis modern tipe 40 klasik

Rumah semi klasik ini memiliki dinding dengan motif seperti bata. Rumah dengan satu lantai ini cukup terlihat luas walaupun dilahan yang sempit. Dengan nuansa warna coklat menambah kesan klasik rumah tersebut. 

3. Rumah minimalis modern tipe 40 village vibes

Rumah tersebut dibagun di lahan sederhana dan bernuansa hangat karena memiliki dinding seperti corak batu bata sehingga bernuansa seperti rumah di kampung halaman. 

4. Rumah minimalis modern tipe 40 flat roof

Rumah ini bukan seperti atap rumah yang kerucut justru rumah ini memiliki atap yang rata dan berdinding putih sehingga rumah ini berkonsep modern minimalis.

5. Rumah minimalis modern tipe 40 ornamen dinding

Rumah minimalis berwarna biru ini memiliki ornamen luar berwarna putih, terkesan rumah klasik tetapi dengan dasar yang berwarna cerah.

6. Rumah minimalis modern tipe 40 dengan hiasan bunga

Bagi anda yang menyukai suasana sejuk, konsep rumah ini cocok untuk anda. Desain rumah yang apik dan ramah juga dikelilingi tumbuhan dan bunga–bunga menambah kesan segar. 

Rumah minimalis modern tipe 54 model kaca

1. Rumah minimalis modern tipe 56

Rumah dengan dinding kaca merupakan salah satu solusi untuk rumah agar tidak terlihat sempit. Rumah dengan dinding kaca juga terkesan modern dan minimalis. Tetapi banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan konsep ini.

2. Rumah minimalis modern tipe 56 bentuk balok

Rumah tersebut seperti balok yang ditumpuk. Memiliki kesan yang modern dan sederhana serta terkesan luas. Bagi anda yang suka kesederhanaan tapi ingin terlihat modern, maka konsep ini cocok dengan anda. 

3. Rumah minimalis modern tipe 56 dinding bermotif

Rumah dengan warna hangat dan lampu yang menambah kehangatan ini memiliki desain minimalis cocok ditempati oleh orang yang tidak terlalu suka keramaian. Ditambah dengan pot tumbuhan yang terkesan hijau.

4. Rumah minimalis modern tipe 56 2 lantai

Rumah minimalis ini memiliki 2 lantai. Dihiasi dengan dinding yang bertekstur sehingga menambah kemewahan rumah tersebut.

5. Rumah minimalis modern tipe 56 1 lantai

Terakhir, ada rumah minimalis berwarna oren kecoklatan dipadukan dengan warna putih. Memiliki corak yang simetris. Sehingga terkesan modern.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait