Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tren Gaya Rumah Minimalis Yang Semakin Digemari


Minimalisme adalah desain yang paling efektif, kuat, dan berpengaruh saat ini. Minimalisme merupakan suatu konsep desain paling signifikan pada abad ke dua puluh. Desain minimalis bukan gaya yang megah atau mewah melainkan desain yang akan memberikan kesan yang sopan pada rumah. Tren minimalisme yaitu menolak desain masa lalu yang mewah megah dan sangat dekoratif, tren minimalisme akan memberikan tampilan yang elegan pada desain karena kesederhanaannya.
Istilah minimalis sendiri digunakan untuk menggambarkan tren desain dan arsitektur pada konsep property, yang mana penggunaan elemen dikurangi sesuai dengan kebutuhan dan kebutuhannya. Minimalis itu sendiri untuk menjaga hal-hal yang lebih sederhana dan mudah. Jasa desain interior juga berperan penting dalam membangun desain rumah minimalis.
Terdapat banyak manfaat yang dihasilkan dari desain rumah minimalis, antara lain untuk meredakan stres, meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dan mengurangi tagihan energi untuk rumah.
Rumah minimalis yang sederhana memiliki ciri-ciri tata ruang yang sederhana, polos, serta efisien dengan volume ruang bertingkat. 
Minimalis merupakan gaya ruangan dengan furniture yang minim. Jika dipandang sekilas, setiap ruang minimalis selalu memiliki furniture yang sedikit. Namun furniture yang sedikit dalam sebuah ruangan bukan merupakan tolak ukur sebuah ruangan disebut minimalis atau tidak. Tren memiliki desain rumah yang simpel dan tidak terlalu menguras isi dompet merupakan salah satu faktor mengapa rumah minimalis sederhana menjadi favorit para millennial saat ini. Selain memberikan desain rumah yang sederhana dan elegan, nilai minimalis juga dapat menjadi cermin seseorang tersebut sebagai pribadi yang lebih simpel dan efisien. Terdapat beberapa ciri-ciri yang dimiliki rumah dengan desain minimalis, berikut penjelasannya :

Ciri-Ciri Rumah Minimalis

  1. Memberikan Detail Eksterior Yang Sederhana Tanpa Dekorasi
    Beberapa orang memilih material bertekstur untuk memberi kesan detail lebih pada eksterior rumah minimalis. Rumah minimalis biasanya juga menggunakan warna yang putih bersih. Detail pada ekterior pun tetap berbentuk sederhana seperti garis tegas tanpa dekorasi apapun.
  2. Kesederhanaan Tata Ruang
    Ciri khas dari denah yang dimiliki oleh rumah minimalis yaitu berbentuk sederhana, penekanan pada keleluasaan pandangan, denah lantai yang terbuka, dinding interior minimal, serta area penyimpanan yang sederhana. Rumah minimalis memiliki tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien dengan volume ruang bertingkat. 
  3. Mengoptimalkan Fungsi Jendela Kaca
    Intensitas penggunaan kaca merupakan salah satu karakteristik rumah minimalis yang dapat dilihat dari luar. Biasanya rumah minimali memiliki kaca jendela yang besar dan lebar. Jendela besar ini dibuat supaya udara dan sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Sehingga tingkat kelembaban yang ada di rumah akan tetap terjaga. Pencahayaan alami juga mampu memberikan kesan pada nilai estetika lebih pada furnitur yang terpapar cahaya serta dapat menekan biaya energi listrik yang digunakan.
  4. Arsitektur Bangunan Geometris
    Model atap rumah datar gaya modern cocok untuk hunian minimalis. Penggunaan model atap datar pada rumah minimalis akan memberikan kesan yang lebih menarik. Secara fisik rumah minimalis berbentuk seperti kotak kubus atau balok saja. Bangunan rumah minimalis dibuat dalam bentuk geometris yang tegas. Atap rumah minimalis tidak berbentuk segitiga, akan tetapi berbentuk datar tanpa tambahan dekorasi atau lekukan-lekukan. Bentuk atap rumah saat ini juga sudah semakin berkembang. Saat ini tengah populer atap datar padahal dulu atap rumah pada umumnya hanya berbentuk runcing atau mengerucut ke atas. Saat ini atap rumah yang datar dapat ditemukan di daerah perkotaan. Penggunaan atap datar ini untuk menambah kesan estetika dalam sebuah hunian. Apabila ingin memiliki rumah bergaya minimalis, maka sepertinya cocok untuk menerapkan atap datar yang dapat memberikan kesan menarik pada hunian. Bentuk atap datar yang simpel tanpa aksen lain yang berlebihan akan membuat nuansa minimalis semakin kental untuk rumah yang dihuni.
  5. Pemilihan Warna Dinding Yang Bersih & Lembut
    Pemilihan dinding rumah minimalis biasanya lebih didominasi oleh warna putih atau abu-abu. Kedua warna tersebut saat diaplikasikan ke tembok akan terlihat sangat bersih dan netral. Hal itulah yang tentu saja menjadi pilihan tepat untuk memperkuat kesan desain rumah minimalis yang sederhana, modern, dan elegan.
  6. Menggunakan Furnitur Minimalis
    Dengan desain rumah minimalis, furnitur yang digunakan perlu mendukung konsep minimalis. Biasanya dalam sebuah ruang keluarga hanya ada perabot penting seperti sofa, rak, dan meja dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan banyak dekorasi. Dengan begitu akan menonjolkan fungsi furniture dan tetap menggunakan space seminimal mungkin. Selain itu furniture pendukung yang tidak kalah penting yaitu pemilihan warna gorden. Pemilihan warna gorden yang tepat untuk ruang tamu minimalis modern akan membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah dan elegan. Gorden selain digunakan untuk menutup jendela dari cahaya serta dapat berfungsi untuk menjaga privasi pemilik rumah, warna gorden untuk ruang tamu minimalis modern menjadi salah satu hal utama dalam mendekorasi rumah sebab tata ruang serta warna dinding akan memengaruhi penampilan jika warna gorden untuk ruangan tidak senada.
  7. Sekat & Pembatas Ruangan Yang Minim
    Sekat atau partisi pada ruangan berfungsi untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya. Rumah minimalis tidak memiliki banyak sekat atau pembatas karena konsep minimalis sangat mengutamakan efisiensi ruang.  Desain sekat ruangan minimalis modern sebaiknya berbahan ringan yang awet, unik, dan kuat serta dapat dibongkar pasang alih-alih menggunakan tembok permanen. Desain tersebut sangat cocok untuk ruangan pada rumah minimalis. Carilah Sekat, pilar dan pembatas akan membuat ruangan semakin sempit saat tidak benar-benar dibutuhkan. Penataan untuk ruang pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi tentu masih dipisahkan dalam ruangan tersendiri. Akan tetapi untuk ruang keluarga, ruang makan, dan dapur berada di satu tanah luas yang hanya dipisahkan furniture.
  8. Terdapat Taman Minimalis
    Sebuah taman dapat menjadi karakteristik rumah minimalis. Taman minimalis jika bisa tertata dengan baik maka akan menjadi tampilan taman yang terlihat lebih bergaya. Biasanya taman minimalis terdengar polos dan membosankan bagi sebagian orang. Padahal taman minimalis bisa dijadikan taman keluarga yang sempurna dan cocok bagi rumah dengan halaman sempit. Biasanya rumah minimalis dibangun di lahan yang tidak terlalu luas, namun jika ditata dengan rapi dan tepat maka akan menjadi taman cantik sebagai penyegar hunian. Biasanya taman pada rumah minimalis terletak di depan teras dan berisi rumput teki atau rumput gajah mini Bisa juga  menambahkan bunga dan tanaman kecil di pot, tetapi tetap harus menghindari kesan ramai.
  9. Ruang Terbuka, Bersih, dan Terang
    Minimnya penggunaan furnitur dan sekat, interior pada hunian minimalis akan tampak luas dan lapang. Maka dari itu konsep minimalis ini cocok untuk menyiasati lahan yang tidak terlalu luas namun tetap menginginkan kesan lapang pada setiap ruangan. Masuknya cahaya matahari dari luar ke dalam ruangan juga dapat mendukung menjadikan ruangan tampak semakin terang, bersih, dan terbuka. Hasilnya menjadikan ruangan begitu nyaman dan hangat bagi aktivitas keluarga Anda.

Itu dia beberapa informasi mengenai rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi desain rumah baru untuk anda. Simak terus informasi lebih lanjut seputar jual beli rumah di laman kami www.onlist.id.
 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait