Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Untuk Menata Rumah Sempit Tapi Terkesan Minimalis


Di wilayah perkotaan yang padat penduduk, rata-rata masyarakat memiliki permasalahan yang sama tentang tempat tinggal. Mulai dari sempitnya lahan, sempitnya rumah dan lain sebagainya. Tidak jarang, permasalahan ini diakali dengan cara membangun atau membeli rumah minimalis yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Sebenarnya membangun hunian minimalis atau rumah sempit tidak menjadi masalah bagi keluarga muda atau seseorang yang tinggal sendiri. Karena rumah sempit cenderung dengan ruangan terbatas, sehingga hal ini tidak menjadi permasalahan. Bahkan jika pemilik dapat menata rumah sempit dengan memanfaatkan ruangan-ruangan terbatas, hunian tersebut akan terlihat besar. Sehingga dengan ruangan terbatas pun, barang-barang yang dimiliki tetap bisa ditata dengan baik dan rapi.

7 Tips Menata Ruangan Sempit Supaya Tetap Nyaman

Dalam menata rumah sempit, pengaturan letak furniture dan pemilihan warna menjadi salah satu pengaruh yang cukup besar. Sehingga dibutuhkan keterampilan atau keahlian yang khusus. Namun bukan berarti mustahil untuk semua orang. Karena ada banyak referensi yang dapat diaplikasikan untuk hunian Anda. Selain keterampilan, menata ruangan sempit seringkali membuat frustasi, karena harus memindahkan furniture satu dengan yang lainnya. Waktu yang dibutuhkan juga tidak sedikit, sehingga Anda bisa menggunakan waktu-waktu weekend agar tidak mengganggu pekerjaan. Nah buat kalian yang memiliki masalah dalam menata rumah, yuk simak tips di bawah ini:

1. Pilihlah Furniture Multifungsi

Salah satu hal yang dapat diterapkan untuk menyulap ruangan sempit terkesan minimalis adalah dengan memilih furniture multifungsi. Apalagi saat ini banyak ditemui produk-produk furniture yang bisa digunakan secara fungsional. Sehingga hal ini dapat meminimalisir banyaknya barang-barang yang diletakkan di rungan-ruangan tertentu. Selain itu, memilih furniture multifungsi juga lebih menghemat budget untuk keperluan menyimpan barang-barang. Jika memiliki barang-barang dalam jumlah yang tidak sedikit, maka pilihlah furniture ukuran yang lebih besar dengan banyak ruang. Akan lebih baik jika dalam satu ruangan cukup 1 atau 2 furniture saja. Dengan demikian, hunian Anda akan terasa lebih luas. 

2. Letakkanlah Cermin Menempel Pada Dinding

Jika kamu berkunjung ke sebuah rumah makan atau perbelanjaan dengan ruangan yang sempit, perhatikanlah sekeliling ruangannya. Pemilik toko biasanya memasang cermin di sekeliling ruangan tersebut untuk menciptakan ruangan yang terkesan luas. Trik ini juga bisa lho diaplikasikan untuk menata rumah sempit. 
Bagi Anda yang memiliki rumah sempit, gantunglah satu atau dua cermin menempel pada dinding. Kreasikan juga bingkai cermin tersebut menjadi warna seragam untuk mempercantik dekorasi ruangan Anda.  Untuk menciptakan ruangan yang lebih terang, Anda bisa memasang cermin bersebelahan dengan jendela. Dengan demikian cahaya alami yang dipantulkan dari cermin akan lebih mudah masuk, dan ruangan terasa lebih luas. Selamat mencoba!

3. Memasang Rak-Rak Tinggi

Tips menata rumah sempit berikutnya adalah dengan memasang rak-rak tinggi. Agar terkesan luas, Anda bisa memasang rak-rak di atas pintu atau menempel pada langit-langit. Memasang rak-rak tinggi tujuannya agar orang-orang yang masuk di dalam rumah Anda memiliki banyak space yang cukup luas, karena rak diletakkan di atas. Adanya benda-benda yang berada di langit-langit juga akan memberikan perhatian pada tinggi ruangan di dalam rumah Anda. Jika tidak membutuhkan rak, Anda bisa menggantinya dengan memasang hiasan di pinggiran langit-langit ruangan, ini juga memberikan kesan yang sama. Namun jika tidak membutuhkan keduanya, Anda tidak perlu memaksakan, justru akan lebih baik jika tidak terlalu banyak furniture di dalam ruang.

4. Pilihlah Tirai Jendela Yang Tinggi

Untuk memperoleh kesan ruangan minimalis dan luas, langkah selanjutnya adalah dengan memilih tirai jendela yang tinggi. Dengan memilih tirai yang tepat, Anda akan memperoleh kemudahan dalam menata rumah sempit agar terkesan minimalis. Namun setiap orang tidak memiliki persepsi yang sama terhadap tata letak barang-barang di dalam rumah. Nah jika Anda tidak tertarik dengan ruangan yang terbuka, Anda bisa memasang gorden atau tirai pada jendela di rumah Anda. Untuk menciptakan ruangan lebih luas, Anda bisa memasang gantungan tirai tinggi sehingga hampir menyentuh langit-langit sampai menyentuh lantai. Dengan menerapkan tirai ini, seperti rak di langit-langit dalam poin sebelumnya, ruangan Anda akan terkesan lebih luas. 

5. Warna Cerah

Tips menata rumah sempit yang dapat diaplikasikan selanjutnya adalah dengan memilih warna cerah untuk ruangan di rumah Anda. Warna cerah pasalnya bisa membuat ruangan sempit terkesan lebih lapang dan luas. Cara klasik ini bekerja sangat efektif lho. Bahkan para arsitektur dan ahli desain interior juga merekomendasikan cat yang berwarna terang agar diaplikasikan pada rumah kecil. Oleh sebab itu, perhatikan dengan seksama dalam memilih warna cat yang akan diaplikasikan pada ruangan Anda. Karena dengan memilih cat berwarna gelap pada ruangan akan menjadikan rumah kecil terlihat gelap. Bukannya memantulkan cahaya yang masuk, warna cat yang gelap justru menyerap sumber cahaya yang masuk, hasilnya rumah akan terkesan suram.

6. Pilihlah Perabot Berkaki

Agar terlihat lebih luas, tips yang dapat diaplikasikan selanjutnya adalah Anda harus menata rumah sempit dengan cara memilih perabot-perabot berkaki. Dengan memilih perabot berkaki, Anda akan menunjukkan ruang-ruang kosong sehingga terkesan sangat luas. Misalnya Anda bisa memilih jenis sofa yang memiliki kaki. Adanya ruang yang tidak tertutup, menjadikan perabot terlihat lebih ringan dan ruangan pun terkesan lebih lapang. Jika memilih jenis sofa yang menutup kaki, hal ini akan membatasi pandangan dan menjadikan ruangan semakin lebih sempit. Oleh sebab itu, pilihlah jenis sofa yang tepat agar ruangan Anda semakin lapang. Selain sofa, Anda bisa menggunakan jenis lemari berkaki atau jenis furniture lain yang berkaki.

7. Kurangi Mendekorasi Dinding Ruangan

Jika Anda menyadari sempitnya ruangan di dalam rumah Anda, hindarilah memasang terlalu banyak hiasan pada dinding rumah Anda. Apalagi memasang dekorasi terlalu banyak, hal ini akan melahirkan kesan sempit pada ruangan Anda. Dekorasi dinding yang dimaksud adalah foto, lukisan atau pajangan-pajangan lainnya. Selain terkesan sempit, memasang dekorasi di dinding hanya akan memadati ruangan, sehingga seolah-olah tidak ada ruang yang tersisa. Meskipun demikian, bukan berarti tidak memasang pajangan, tetap pasanglah dekorasi seadanya dengan pola dan corak yang selaras dan tidak berlebihan. 

Itulah beberapa tips dalam menata rumah yang dapat diaplikasikan untuk hunian Anda. khususnya rumah-rumah dalam ukuran sempit atau jenis rumah minimalis.  Menata rumah sempit dengan interior yang sewajarnya memang membutuhkan ketelatenan agar mendapatkan hasil yang sesuai. Sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak terkesan sesak. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih jenis-jenis furniture  serta warna yang tepat untuk diterapkan pada rumah Anda. Jika Anda kesulitan memilih furniture atau jenis rumah impian mungil nan minimalis, Anda bisa mendapatkan informasinya melalui http://onlist.id. Platform properti terbaik yang memberikan rekomendasi dan menyediakan segala macam hunian.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait