Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Pilih Ruko Agar Usahamu Lancar Dan Bercuan


Membuat sebuah usaha atau bisnis di ruko memang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang karena lebih praktis dan memakan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membuat sebuah bangunan khusus yang lebih besar. Selain itu, memiliki usaha atau bisnis di ruko juga bisa menjadi lebih menguntungkan, karena ruko berada di dalam sebuah komplek yang terdapat berbagai toko lainnya yang dapat memancing pelanggan agar mampir di tempat usaha atau bisnis Anda. Melihat peluang usaha atau bisnis di ruko yang sangat bagus, Anda tetap harus dengan cermat memilih ruko untuk tempat usaha Anda, jangan sampai asal-asalan ya! Berikut ini tips memilih ruko yang tepat untuk usaha atau bisnis Anda.

1. Lokasi Strategis

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor kesuksesan bisnis seseorang. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, makan akan semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Memilih ruko bisa jadi menguntungkan bagi Anda, pemilik usaha yang masih baru dirintis, tapi bisa juga menjadi bumerang bila Anda tidak tahu cara memilih lokasi yang tepat. 

2. Mudah Diakses

Penting untuk mempertimbangkan akses jalan menuju lokasi usaha Anda. Jika usaha Anda sulit diakses, maka calon pelanggan Anda enggan menuju ke tempat usaha Anda. Poin ini termasuk kondisi jalan, apakah nyaman bagi pengendara mobil atau motor untuk mencapai lokasi usaha Anda. Bila jalanannya sempit dan rusak, tentu orang malas untuk ke sana. Selain itu, Anda juga harus memikirkan pelanggan dengan transportasi umum. Bila akses ke lokasi tersebut sulit, bisa jadi calon pelanggan Anda memutuskan untuk mencari usaha serupa yang lokasinya lebih mudah diakses. Maka dari itu, Anda perlu memberikan kemudahan bagi calon pelanggan Anda untuk menjangkau produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

3. Lahan Parkir

Usahakan Anda menyediakan tempat parkir yang aman untuk kendaraan, apalagi jika pelanggan perlu menghabiskan waktu yang tidak sebentar di lokasi usaha Anda, misalnya salon atau restoran. Bila pelanggan terpaksa parkir jauh dari lokasi usaha kita, tentu pelanggan tidak akan merasa aman dan enggan untuk kembali.

4. Lokasi Aman

Sejak awal, Anda harus mempertimbangkan faktor keamanan ini. Banyak bertanya pada penduduk sekitar, apakah daerah tersebut rawan maling atau begal? Bayangkan bila pelanggan Anda jadi korban, bisa-bisa Anda harus ikut bertanggung jawab. Maka dari itu, sejak awal Anda harus memastikan lokasi usaha Anda aman. Kalau ternyata lokasi tersebut rawan dari segi keamanan, Anda harus rela mengeluarkan biaya lebih untuk jasa keamanan.

5. Cermati Izin Tanah Dan Bangunan

Jika tak diperhatikan sejak awal, masalah perizinan tanah dan bangunan akan sulit diurus karena sistem birokrasi yang membuat alur pelayanan menjadi rumit. Selain menghabiskan waktu dan tenaga, Anda juga akan menghabiskan uang banyak untuk menyelesaikan masalah ini. Anda perlu mengecek dan memeriksa dokumen-dokumen seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), izin lokasi, hingga izin analisa dampak lingkungan (AMDAL) sehingga Anda tak terjegal kasus hukum atau bahkan dilarang menggunakan ruko yang sudah Anda beli. Tentunya hal itu sangat merugikan karena Anda telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli ruko tersebut.

Jika Anda kesulitan mencari ruko sesuai kriteria di atas, Anda bisa cari di https://onlist.id/, tinggal isi lokasi yang Anda inginkan di find location kemudian akan muncul banyak pilihan ruko, semuanya mudah hanya dengan genggaman tangan!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait