Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Perawatan Karpet, Jangan Asal Membersihkan Ya


Karpet merupakan aksesoris yang dimiliki oleh mayoritas rumah tangga. Selain berfungsi untuk melindungi kaki dari dinginnya lantai, juga sebagai sebagai aksesoris penambah keindahan sebuah ruangan. Ada juga yang memakainya sebagai alas duduk untuk menampung banyak orang atau tamu di sebuah acara tertentu. Sehingga sangat wajar jika karpet kotor karena seringnya pemakaian.
Karena letak karpet di bawah dan sering diinjak, keberadaan karpet ini rentan dengan kotoran yang tertimbun di dalamnya. Seperti debu, noda, bulu hewan atau kotoran lainnya. Akan tetapi sampai sekarang masih banyak orang yang belum bisa menaruh perhatian tentang kebersihan karpet. Padahal, perawatan karpet dibutuhkan agar karpet tetap bersih dan awet.

Tips Perawatan Karpet Sesuai Bahannya

Penambahan karpet memang bisa membuat dekorasi sebuah ruangan lebih menarik. Sehingga keberadaan karpet di ruangan mampu membuat suasana lebih nyaman dan hangat. Anda dapat menaruh karpet di berbagai ruangan mulai ruang keluarga, kamar tidur bahkan kamar mandi. Tapi karena sering dipakai karpet cenderung mudah kotor. Oleh karena itu perlu sebuah perawatan secara rutin agar tidak menjadi sarang kuman atau bakteri. Berikut tips merawat karpet sesuai bahannya.

1. Wol

Karpet berbahan wol terdiri dari serat yang mudah sekali menimbun debu. Oleh karena itu bersihkan karpet dengan vacoom cleaner dua bulan sekali. Anda juga bisa menggunakan sapu lidi, namun caranya jangan memukul terlalu keras karena akan merusak serat. Jika harus melakukan pencucian saat terkena noda cukup bersihkan dengan air dicapur detergen kemudian kucek dengan tangan, jangan gunakan sikat pakaian. Untuk perawatan harian Anda bisa menjemurnya dalam beberapa jam. Cara ini akan menghilangkan debu dan tungau

2. Bulu Sintetis

Karpet dengan bahan bulu sintetis memang menjadi furnitur favorit banyak orang karena bahannya sangat lembut. Untuk perawatan karpet jenis ini cukup dengan kain atau sikat yang lembut, hindari pemakaian sapu karena akan merusak bulu karpet. Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner yang dilapisi dengan kain. Ketika terkena noda, cukup bersihkan dengan campuran cuka, air dan baking soda kemudian bersihkan secara perlahan.

3. Karpet Dari Kulit

Banyak orang mengatakan bahwa karpet kulit bisa memberikan kesan elegan dan mewah. Sebenarnya perlu perawatan khusus untuk jenis ini. Namun Anda dapat melakukannya sendiri yaitu bersihkan menggunakan air dingin dengan detergen khusus kulit yang dicampur dengan pelembut pakaian. Kemudian keringkan di tempat yang sejuk dan teduh. Jangan sekali-kali menjemur di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak karpet

4. Karpet Berbahan Sutra

Karpet sutra sangat cocok untuk ruangan dengan dekorasi klasik dan mewah. Sehingga perlu perawatan secara teratur agat tetap bisa menyuguhkan tampilan yang elegan. Caranya yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner secara rutin setiap minggu. Jika diperlukan lakukan penjemuran untuk menghilangkan debu yang membandel dan tungau, namun Anda harus menjemur di tempat yang teduh kemudian bersihkan dengan sapu atau rotan. Ingat, jangan gunakan air untuk membersihkan karpet ini karena akan merusak teksturnya.

Beberapa keterangan di atas merupakan tips perawatan karpet yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk menjaga agar kondisi karpet tetap bersih dan terbebas dari debu, bakteri, atau kuman yang akan mengganggu kesehatan. Mengingat karpet adalah salah satu aksesoris dan furniture pelengkap yang mempengaruhi dekorasi ruang. Sangat diperlukan sebuah jasa properti untuk konsultasi terkait tta ruang yang indah dan mewah. Jika Anda menginginkan untuk mendekorasi sebuah ruangan bisa langsung klik https://onlist.id/. Platform properti nomor satu dengan kualitas memuaskan.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait