Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Musim Hujan: Hati-hati Rembes, Lakukan Hal Ini Sebagai Solusinya


Banyak masalah datang ketika musim hujan tiba, salah satunya adalah masalah pada rumah. Sebelum musim hujan tiba alangkah baiknya Anda memperhatikan rumah Anda agar terhindar dari atap bocor, dinding lembab, ataupun lantai rembes. Pastikan rumah Anda dalam kondisi yang baik dalam menghadapi musim hujan. Cari tips musim hujan yang efektif dan efisien agar rumah Anda tetap terlindungi.

6 Tips Agar Rumah Tidak Rembes Saat Musim Hujan

Musim hujan ini membuat banyak orang was-was, lantaran hujan bisa membuat rumah rembes atau bahkan bocor. Meskipun kecil retaknya, air hujan tersebut bisa masuk ke dalam rumah hingga merusak bagian rumah tersebut. Untuk menghindari rembes pada rumah Anda, simak tips musim hujan agar rumah tidak rembes berikut:

1. Periksa Atap Rumah

Sebelum hujan deras melanda, alangkah baiknya jika Anda memeriksa keadaan atap rumah yang menjadi pelindung rumah Anda. Hal ini bisa berguna agar Anda dapat mengetahui bagaimana kondisi atap. Pastikan kondisi atap selalu dalam keadaan kokoh dan kuat, hal ini dapat meminimalisir terjadinya bocor pada asbes. Asbes yang bocor dapat membuat air masuk ke dalam rumah.

2. Ganti Atap Yang Rapuh

Setelah Anda rajin untuk mengecek atap secara berkala, Anda akan tahu jika terdapat atap yang sudah rapuh yang bisa menyababkan kebocoran. Jika sudah ada yang rapuh, bersiaplah untuk menggantinya dengan yang baru. Jika tetap Anda biarkan rapuh maka akan berakibat pada kebocoran asbes dan menetes ke dalam rumah Anda. 

3. Atur Posisi Atap

Jika kondisi atap Anda masih bagus, namun masih terjadi kebocoran, sebaiknya Anda memeriksa kemiringannya. Atap yang terlalu landai dapat menyebabkan air menggenang. Hal ini dapat menyebabkan atap bocor. Anda bisa membenahi atap dengan sudut kemiringan 25 hingga 50 derajat. Kemiringan ini digunakan agar air dapat mengalir dengan baik dan mencegah kebocoran.

4. Periksa Talang Air

Tips musim hujan selanjutnya adalah periksa talang air Anda. Jadi, selain atap Anda juga harus memperhatikan talang air, karena air juga bisa menembus dinding karena talang air yang mampet. Pastikan talang air tidak terisi dengan daun-daun ataupun kotoran yang lainnya yang dapat menghambat jalur air.

5. Bersihkan Selokan

Selain atap rumah Anda juga harus memperhatikan selokan Anda. Perhatikan kebersihan selokan Anda agar tidak terjadi sumbatan yang menyebabkan genangan air saat hujan tiba. Dikarenakan genangan air bisa jadi masuk ke dalam rumah Anda, jika air sudah masuk ke dalam rumah makan air dapat membuat lantai Anda kotor hingga dapat merusak lantai.

6. Pangkas Pohon Yang Rawan Tumbang

Tips musim hujan selanjutnya adalah dengan memangkas pohon yang rawan tumbang. Jika ada pohon besar di dekat rumah Anda, maka pohon tersebut akan rawan tumbang di musim hujan, apalagi jika hujan disertai angina kencang. Hal tersebut dapat membahayakan Anda dan keselamatan anggota keluarga. Selain itu cek juga sistem kelistrikan yang ada di rumah untuk meminimalisir konsleting listrik saat hujan. Pastikan juga tak ada kabel yang terkelupas, karena pasti akan beresiko jika bersentuhan dengan air.

Itulah tadi tips musim hujan yang bisa Anda lakukukan agar rumah terhindar dari kebocoran atau rembes saat musim hujan tiba. Buatlah hunian Anda tetap nyaman ditinggali. Jangan sampai hanya karena rumah bocor membuat Anda tak nyaman berada di rumah. Jika sudah merasa tak nyaman dengan hunian yang ada dan Anda berkeinginan mendapatkan yang baru, Anda bisa mengunjungi https://onlist.id/ untuk mendapatkan hunian impian Anda. Platform properti karya anak bangsa ini akan membantu Anda untuk menemukan hunian impian Anda dan keluarga.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait