Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Memilih Rumah Yang Sebelumnnya Sudah dihuni!


Anda pasti sudah sangat paham tentang definiai rumah. Rumah adalah tempat tinggal seorang individu atau kelompok. Tempat untuk melepas penat, tempat untuk merasa aman, tempat untuk berlindung dari cuaca panas atau hujan dan masih banyak lagi fungsi rumah. 
Banyak orang yang pindah rumah dengan berbagai sebab. Contohnya, memperoleh pekerjaan di kota lain, ingin memiliki suasana baru, ingin bisa mandiri tanpa tinggal di rumah orang tua, dan masih banyak lagi alasan – alasan orang untuk pindah rumah. 
Beberapa orang memiliki beberapa pilihan untuk membeli rumah, menyewa rumah, atau membangun rumah. Pilihan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Membeli Rumah Yang Sudah Pernah Dihuni
    Pilihan ini sangat menarik. Terkadang banyak penjual rumah yang seklian menawarkan atau mempaketkan furniture yang ada dirumah. Hal ini bisa jadi membuat harga yang ditawarkan menarik. Hal ini cocok untuk anda yang malas mecari perabotan atau furniture baru. Tapi tidak dipungkiri anda harus teliti dalam memilih rumah yang sudah dihuni. Lalu kekurangan dari membeli rumah yang sudah pernah dipakai adalah anda harus mengecek setiap intalasi, baik intalasi listrik, air, tinja, ataupun yang lain. Tentu juga anda harus merenovasi bagian rumah yang kurang adanya perhatian. Biaya renovasi tentunya tidak murah.
  2. Membeli Rumah Yang Masih Baru
    Biasanya rumah yang baru, dijual di dalam perumahan. Cocok untuk anda yang ingin menempati sesuatu yang baru. Rumah yang masih baru tentunya tidak membutuhkan biaya renovasi. Biaya renovasi tentunya juga tidak murah. Membeli rumah yang baru juga cocok untuk anda yang suka mendekorasi dan menata perabotan atau printilan rumah. Anda bisa mendekorasi rumah baru anda sesuka hati anda. Tapi kekurangannya jika anda ingin menambah atau membobol ruang anda perlu menambah biaya pembangunan lagi. 
  3. Membangun Rumah Dilahan Yang Masih Kosong
    Nah ini cocok untuk anda yang ingin mendesain rumah sesuai dengan impian anda. Anda bisa mengatur bagaimana bentuk interior dan bentuk ekterior rumah anda. Ini sangat mengasyikkan. Tapi kekurangan membangun rumah dilahan yang masih kosong adalah anda harus memiliki budget yang lebih. Karena membutuhkan biaya dari segitu lembangunan, pembelian material, pembelian perabotan rumah tangga, pemasangan instalasi listrik, air, dan masih banyak lagi biaya yang harus dikeliarkan. Tapi meskipun begitu hasilnya pasti membuat anda senang.
  4. Kontrak Rumah
    Mengkontrak rumah juga pilihan yang mudah. Jika anda tidak memiliki budget yang banyak, anda hisa mengkontrak rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan instalasi listrik, air, dan lain – lain. Tapi tetap saja anda harus memiliki perabotan pribasi yang dibeli pribadi. Kekurangannya juga anda harus membayar sewa kontrak rumah setiap waktu yang ditentukan. Tapi jika anda berada di kota itu hanha beberapa tahun saja, kontrak rumah cocok untuk anda. 
  5. Kos
    Memilih kos sebagai tempat tinggal adalah hal yang mudah. Anda tidak perlu membeli barang – barang utama seperti kasur, lemari, meja belajar. Anda juga tidak perlu memasang instalasi air, listrik, dan lainnya. Anda bisa juga mendekorasi kamar kos anda sesuai keinginan dan kenyamanan. Kekurangan kos adalah anda harus membayar uang sewa biasanya 1 bukan sekali dan juga jika suasana kos tidak cocok untuk anda hal itu akan berpengaruh terhadap suasana hati anda. 
  6. Membeli Atau Menyewa Unit Di Rusun
    Hal ini hampir sama seperti kos – kosan. Namu perbedaannya Rumah Susun atau disingkat Rusun, kerap dikonotasikan sebagai apartemen versi sederhana, walupun sebenarnya apartemen bertingkat sendiri bisa dikategorikan sebagai rumah susun. Biasanya dalam gedung meemiliki bebebrapa lantai dan banyak unit. Kekurangan dari tinggal di rusun adalah biasanya kamar mandi dan dapur digunakan secara bersama jadi membuat lingkungan kotor jika tidak dirawat. Tapi ada juga rusun yang memiliki kamar mandi dalam dan dapur dalam.

Nah itu adalah beberapa pilihan anda jika ingin memilih tempat tinggal. Meemilih tempat tinggal jangan lula pastikan dengan budget yang anda miliki dan suasana yang ingin anda rasakan, serta jangan lupa untuk mempertimbangkan kekkurangan dan kelebihannya. 
Jika anda memilih untuk membeli rumah yang sudah pernah ditempati, maka ini beberapa tips yang onlist paparkan untuk anda agar tidak salah memilih atau membeli rumah yang dulunya sudah pernah dihuni:

  1. Pastikan Sertifikat Rumah Asli Dan Benar
    Beberapa penjual nakal bisa memanipulasi calon pembeli untuk membeli rumahnya. Pastikan cek sertifikat rumah dengan teliti dan benar agar anda tidak terjerat dalam kasus penipuan. 
  2. Jangan lupa tanyakan keadaan Instalasi Air 
    Tanyakan keadaan instilasi air. Apakah instilasi air mengalami kebocoran, kerusakan atau bagaimana. Dan juga jangan lupa tanyakan biaya air bulanan. Agar qnda dapat memiliki pandangan yang lebih kedepannya. 
  3. Jangan Lupa Tanyakan Keadaan Instalasi Listrik
    Tanyakan keadaan instilasi listrik. Ini juga penting jika listrik anda mengalami kekonsletan anda bisa segera membenarkannya. Jangan lupa untuk menanyakan biaya listik bulanan yanh selama ini mereka pakai. Agar anda dapat memiliki pandangan kedepannya. 
  4. Tanya Dimana Letak Penampungan Pembuangan Air Besar
    Penampungan jamban sangat penting untuk anda ketahui. Karena jika kapasitas sudah penuh anda bisa segera memanggilkan jasa penyedot wc dan pihak jasa penyedot wc bisa segera tau dimana letak penampungannya. Biasanya penampungan jamban berapa dibawah tanah.
  5. Pastikan Juga Rumah Ini Bebas Dari Utang
    Selain itu anda juga harus menanyakan apakah rumah ini tidak terlibat dalam cicilan dan pegadaian. Agar anda tidak menyesal dan terganggu kedepannya. 
  6. Pastikan Rumah Dijual Dalam Keadaan Baik
    Juga anda harus memastikan setiap sudut rumah apakah ada kerusakan, kejebolan, dan hal – hal lain yang nantinya akan menggagu anda jika anda tinggal disitu. Juga periksa atap rumah apakah ketika hujan sering mengalami kebocoran. Pastikan juga semua aksen pintu tbisa digunakan dengan baik.
  7. Tanyakan Tentang Histori Rumah
    Beberapa orang sering menjual rumahnya karena memiliki histori rahasia didalmnya. Seperti jika  rumah tersebut sering diganggu oleh hal – hal yang seram dan sering mengganggu. Lalu juga tanyakan kapan rumah ini dibangun dan berapa kali renovasi. 
  8. Tanyakan Keadaan Lingkungan Sosial Disekitar Rumah
    Keadaan sosial rumah juga harus anda telusuri. Karena jika sosial lingkungan tidak baik, hal itu pasti anda merasa tidak nyaman. Seperti apakah pernah terjadi pencopetan, perampokan, dll. Hal itu bisa dipastikan membuat anda merasa tidak nyaman.
  9. Pastikan Saat Hujan, Lingkungan Rumah Aman Dari Banjir
    Apa jadinya jika rumah yang anda tempati memiliki lingkungan yang mudah banjir? Pastinya tidak nyaman. Apalagi jika air dari luar masuk kedalamam rumah. Anda pasti harus menyiapkan tenaga untuk membersikan sisa – sisanya. 
  10. Tanyakan Bahwa Rumah Sudah Pernah Direnovasi Berapa Kali
    Nah ini tidak kalah penting dari tips – tips yang diatas. Tujuan dari bertanya berapa kali renovasi adalah memastikan apakah rumah ini kuat dan tidak mudah rusak. Jadi anda bisa antipsipasi jika terdapat rumah yang sering direnovasi berkali – kali. Hal itu dimasa depan akan membuat anda mengeluarkan uang untuk renovasi. 

Nah, itu adalah beberapa tips yang OnList paparkan tentang bagaimana cara memilih rumah yang sudah pernah dihuni.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait