Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Membuat Taman Di Dalam Rumah


Padatnya aktivitas dan minimnya lahan untuk membuat membuat taman di luar ruangan terkadang membuat ritme kehidupan sehari-hari terlalu penat dan membosankan. Sehingga perlu alternatif relaksasi yang dapat digunakan untuk mengurangi kondisi tersebut. Salah satu langkah tepatnya adalah dengan membuat taman di dalam rumah. Taman indoor menjadi pilihan dan paling sering diminati oleh semua kalangan apalagi mereka yang mempunyai rumah dengan gaya minimalis. Selain memiliki efek segar dan visual yang menarik dan indah, juga memberi celah untuk menanam tanaman organik, mumbu dapur pribadi, hingga produk sayuran alami yang aman untuk dikonsumsi. Beberapa tanaman bahkan bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di rumah, Seperti mengusir serangga dan lain sebagainya.

Tips Membuat Taman Di Dalam Rumah

Taman indoor merupakan salah satu konsep taman yang memiliki fungsi layaknya taman yang ada di depan atau di belakang rumah, yaitu sebagai sistem sirkulasi udara. Dengan penataan terbaik pada taman tersebut, pastinya akan menjadikan ruangan lebih nyaman untuk ditinggali. Simak beberapa tips untuk menghadirkan taman yang bagus di bawah ini.

1. Pastikan Temperatur Ruangan Sesuai dengan Kebutuhan Tanaman

Kita tahu bahwa tanaman yang ada di dalam rumah membutuhkan temperatur yang berbeda-beda. Dari sekian banyak tanaman rata-rata mereka membutuhkan temperatur 18-230 celcius untuk bisa tumbuh dengan baik. Ciptakan kisaran ruangan dengan suhu tersebut ketika ingin memulai membuat taman indoor. Kemudian sesuaikan kebutuhan tanaman yang ada secara perlahan. Sebagai tanda, jika tanaman terlihat lemah dan kecil maka temperatur terlalu panas. Dan jika menguning maka suhu udara terlalu dingin.

2. Sesuaikan Ukuran Taman Dengan Ketersediaan Ruang

Pada dasarnya tidak ada ukuran ideal untuk membuat taman di dalam rumah. Prinsipnya, adalah menyisakan ukuran yang bisa di dapat tanpa mengorbankan fungsi dan kenyamanan ruangan. Jangan memaksakan ukuran tertentu karena akan membebani diri sendiri. meski sempit dan terbatas, pastikan tetap memberi manfaat yang baik seperti menambah nuansa sejuk. Karena taman ini berada di dalam rumah, Anda bisa berkreasi dengan bentuk vertial atau gantung.

3. Pencahayaan Yang Cukup

Sinar matahari merupakan faktor yang tidak terpisahkan dari tumbuhan, termasuk untuk tanaman yang ada di dalam rumah. Tanpa bantuan cahaya matahari, jangan harap tanaman bisa hidup sehat dan maksimal. Oleh karenanya, Anda bisa mencari spot ruangan yang masih bisa dicapai oleh sinar matahari meskipun sedikit. misalkan saja dekat dengan balkon rumah, sebelah jendela, atau dibawah atap yang atapnya berupa kaca. 

4. Gunakan Grow Light

Grow Light adalah alat khusus untuk membantu pertimbuhan tanaman yang ada di dalam rumah. Pilih grow light sesuai voltase yang dibutuhkan oleh tanaman. Tujuannya agar kondisi taman tetap baik karena pencahayaan yang cukup. Selain sebagai tambahan cahaya untuk tanaman, alat ini juga berfungsi untuk menambah cahaya di dalam ruangan sehingga lehih terkesan mewah dan menarik

5. Perhatikan Tingkat Kelembapan Ruangan Dan Kondisi Tanah

Hal ini penting karena akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan tanaman yang ada di taman. Untuk itu lakukan penyemprotan jika taman bergantung dan lakukan penyiraman secara teratur jika taman berada di tanah.  Pastikan tanah tetap gembur agar aliran air berjalan dengan baik saat di siram.

Referensi di atas merupakan beberapa tips membuat taman di dalam rumah yang bisa Anda aplikasikan ketika akan membuat taman atau ingin memiliki sebuah taman yang indah di dalam ruangan. Jika Anda membutuhkan sebuah hunian lengkap dengan interior taman yang indah di dalamnya, bisa langsung menghubungi https://onlist.id/. Satu-satunya platform properti terbaik dan berkualias yang ada di Indonesia dengan layanan terpercaya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait