Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Membasmi Kutu Busuk Di Dalam Rumah Anti Gagal!


Kutu busuk yang punya nama ilmiah Cimex hemioterus adalah hama pengganggu manusia. Kutu-kutu ini berukuran 5 milimeter. Permasalahan hama kutu busuk banyak ditemui di rumah, mereka biasa tinggal di atas permukaan kasur serta permukaan bantal dan dudukan sofa, hingga di balik lukisan atau poster sampai di celah dinding. Gigitan kutu busuk membuat kulit terasa gatal kemerahan. Lantas kalau rumah Anda ternyata juga menjadi tempat semayam kutu, bagaimana cara membasminya?

1. Cuci Peralatan Yang Terkena Kutu

Untuk mencucinya, diperlukan air dengan suhu tertentu yaitu 50-60 ̊C. Suhu tinggi tersebut akan memusnahkan kutu busuk hingga telurnya. Setelah dicuci, jemur di bawah terik matahari. Nah, jika tidak ingin repot, serahkan saja peralatan tersebut ke jasa penatu alias laundry. Beberapa penatu memiliki layanan khusus untuk membasmi kutu dari kain.

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Untuk tahap yang satu ini, gunakanlah alat penyedot debu alias vacuum cleaner. Sebelumnya, berikan lapisan khusus pada kantong debu di dalam vacuum cleaner. Hal ini dilakukan agar memudahkan pembuangan kutu tersebut. Lakukan pula proses penyedotan di area sekitar tempat tidur terutama pada celah-celah perabot atau dinding. Setelah proses penyedotan selesai, langsung buang kotoran yang ada di dalam penyedot debu ke dalam tempat sampah.

3. Sistem Penguapan

Selain melakukan penyedotan, Anda juga bisa menguapi bagian-bagian tempat tidur serta kasur dengan alat khusus. Asap panas dari steamer dapat membunuh kutu busuk hingga ke akar-akarnya. Lakukan proses ini dengan merata. Sebaiknya Anda mempraktikkan hal ini di malam hari, sebab di saat itulah kutu-kutu tersebut keluar dari sarangnya.

4. Buat Bahan Alami Pembunuh Kutu Busuk

Anda pun bisa menyemprotkan bahan pengusir kutu alami yang terbuat dari minyak tea tree atau pohon teh hijau. Campurkan 5 tetes minyak tersebut dengan air sebanyak 30 ml ke dalam botol semprotan. Campuran tersebut berguna sebagai insektisida alami. Semprotkan cairan tersebut ke peralatan tidur saat tengah dikeringkan di bawah sinar matahari. Anda juga bisa menyemprotkannya ke sekitar kamar. Jangan lewatkan karpet, tempat tidur, serta furnitur lainnya. Cara mengusir kutu kasur selanjutnya adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami yang menjadi musuh utamanya. Anda dapat menggunakan larutan air cuka, garam, maupun kulit durian untuk mengusir kutu busuk.

5. Pakai Gel Silika

Gel silika yang ditumbuk lalu ditaburkan ke kamar tidur akan menempel pada tubuh kutu busuk. Setelah beberapa lama, silika akan menyerap air dari badan kutu sehingga mereka terkena dehidrasi lalu mati. Namun berhati-hatilah karena silica gel ini dapat membahayakan tubuh. Lebih baik, Anda menggunakan bahan alami berupa tanah diatom yang memiliki kerja dan fungsi sama seperti silika.

6. Tutup dan Perbaiki Retakan

Ternyata selain bersarang pada kasur, kutu busuk juga senang berdiam di dalam retakan dinding serta wallpaper yang mengelupas. Agar mereka tidak makin berkembang biak, segera perbaiki bagian tersebut dengan cara menambal dan menutupinya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait