Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Dan Ide Dekor Yang Bisa Diaplikasikan Pada Rumah Minimalis Anda


Rumah adalah tempat berlindung, memberikan kenyamanan, dan juga keamanan sehingga rumah harus dirawat dan diperlakukan sebagai sesuatu yang sangat berharga. Tak sedikit orang yang ingin mempunyai hunian yang nyaman dan cantik. Cara untuk membuat hunian anda tampak menawan dan tentunya nyaman dihuni adalah dengan mendekor setiap ruangan yang ada.

Salah satu desain interior yang paling populer adalah gaya minimalis. Dengan dekorasi yang tepat, bahkan rumah yang mungil pun dapat menciptakan suasana yang nyaman dan estetik. Mendekorasi rumah bukan berarti harus memiliki perabotan yang mewah dan berukuran besar. Namun anda dapat mendekorasinya dengan hiasan dan perlengkapan yang sederhana sehingga mampu memberikan kenyamanan. Tentunya gaya minimalis bisa diterapkan mulai dari ruang tamu hingga ruang makan.

Tips Mendekor Rumah Minimalis

1. Manfaatkan Furnitur Yang Multifungsi

Furnitur multifungsi dapat menawarkan banyak ruang penyimpanan, yang menjadikannya solusi fantastis dan praktis untuk mengubah ruangan yang berukuran kecil. Seperti contoh, selain sebagai tempat duduk, sofa juga dapat dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan yang artistik dan berfungsi sebagai perpustakaan mini.   Pilih penyimpanan dengan desain ringan, sederhana dan minimalis agar tidak memberi kesan penuh, namun tetap fleksibel dan fungsional.

2. Letakkan Tanaman Hias Indoor

Selain bisa menimbulkan kesan yang lebih segar, dengan menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi rumah ternyata juga mampu memberikan kesan yang manis didalam rumah. Anda dapat memilih foyer atau tempat untuk bersantai dalam meletakkan tanaman tersebut. Meski hanya sedikit saja tanamannya, namun hal tersebut sudah cukup membuat udara dalam ruangan menjadi lebih segar. Sehingga ruangan pun makin lebih sehat berkat tanaman tersebut.

3. Tempelkan Hiasan Dinding

Hiasan dinding ini sangat efektif bila digunakan sebagai dekorasi interior untuk mempercantik ruangan. Dengan menghadirkannya di dalam ruangan akan membuat rumah lebih fresh dan hidup. Pilih posisi dinding yang berukuran lebar dan terbuka, serta terkena banyak cahaya agar kolase dapat terlihat jelas dari berbagai arah. Bebaskan imajinasi Anda untuk menemukan bentuk kolase yang paling Anda sukai. Selain itu, wallpaper dapat digunakan untuk lebih menegaskan dan mencocokkan desain sesuai dengan fungsi masing-masing ruangan.

4. Pilih Warna Yang Cerah

Ketika anda mempunyai ruang berukuran terbatas tetapi ingin terlihat luas, salah satu ide untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan cat dinding berwarna putih, abu muda, krem, warna-warna netral sehingga dapat memberi kesan bersih dan lapang. Warna terang juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna-warna ceria yang berani sebagai aksen ruangan agar terlihat lebih hidup dan tidak membosankan. Ruang minimalis dengan cat dinding seperti ini akan memberi tampilan ruang yang lebih cerah, terang, nyaman dan terasa menyenangkan.

5. Tambahkan Pencahayaan Yang Mencukupi

Selain menggunakan cermin, jika Anda memiliki ruangan yang ingin Anda buat tampak lebih besar, Anda bisa menonjolkannya dengan cahaya alami. Dengan konsep bukaan jendela, sinar matahari masuk untuk menciptakan suasana ruangan yang luas. Pastikan untuk memilih perabot yang tidak terlalu besar agar pas di dekat jendela. Ini bertindak seperti ilusi untuk membuat ruang tampak lebih besar.

6. Karpet Untuk Melembutkan Suasana

Penggunaan karpet sangat penting untuk ruangan Anda. Karpet membuat ruangan terasa hangat dan lembut. Karpet juga bisa digunakan sebagai alas saat ingin duduk, menutupi lantai dari retak dan rusak saat benda jatuh dari meja, seta membawa kehangatan pada ruangan. Saat ini, karpet tidak hanya digunakan untuk fungsinya, tetapi juga sangat estetis, membuat ruangan Anda lebih indah dan elegan. Pemilihan pola, warna, dan kecocokan juga harus Anda perhatikan dengan tema ruangan secara keseluruhan agar ruang tamu minimalis terlihat serasi dan tidak terasa sempit dan sempit. 

Contoh Dekor Ruang Tamu

1. Ruang Tamu Minimalis Dengan Warna Ceria

Desain minimalis sejatinya adalah konsep yang tak memerlukan unsur interior berlebihan. Dan ruang tamu ini, tak ada ornamen yang banyak dan berlebihan. Selain itu, dengan pemilihan warna warna yang terang dan cocok, membuat ruang tamu terasa lebih ceria. Pilihan-pilihan warna ceria di atas bisa membantu menghidupkan suasana ruang tamu. Ditambah ornamen-ornamen mini seperti bantal sofa, pot tanaman, rak dinding, dan peralatan makan di ruang tamu. Hasilnya, ruang tamu tampak fresh dan membuat pemilik rumah terlihat berjiwa muda.

2. Ruang Tamu Dengan Konsep Open Space

Rumah tamu minimalis ini tampaknya mengusung konsep open space. Maka, antara ruang tamu dapur tampak menyatu sehingga membuat rumah ini terasa lega tanpa adanya banyak pembatas ruangan namun tetap estetik. Cara ini dapat kamu tiru untuk menghadirkan kesan luas dengan lahan yang minimal.

3. Ruang Tamu Dengan Aksen Etnik

Dekorasi ruang tamu minimalis di atas didominasi dengan warna-warna netral. Tembok dan lantai putih disandingkan dengan furnitur berwarna cokelat dan oranye yang membuat ruang tamu terlihat lebih nyaman dan hangat. Tidak lupa, kehadiran dekorasi dinding dan pola karpet mampu menambah kesan etnik dalam ruang tamu anda. Pilihan cahaya alami dalam ruang tamu membuat ruang tamu terkesan lebih luas.

Contoh Dekor Kamar Tidur 

1. Kamar Tidur Minimalis


Yang membuat desain kamar tidur sederhana ini begitu menarik adalah karakteristik yang begitu menonjol dari penggunanya. Tanpa banyak dekorasi yang mewah, desain kamar tidur sederhana ini tetap simpel dengan fokus tempat tidur minimalis yang natural.

2. Kamar Tidur Segar Dan Ceria

Bagi anda yang lebih menggemari warna warna yang segar dan ceria, desain kamar tidur di atas bisa menjadi pilihan. Pilihan warna yang cocok dan memberi kesan ceria ini mampu mengembalikan semangat setelah seharian beraktivitas di luar rumah. 

3. Kamar Tidur Natural

Tidak ada salahnya menempatkan tumbuhan dalam kamar tidur anda. Hal ini mampu membuat suasana menjadi lebih segar dan sejuk. Pada gambar di atas penempatan tumbuhan tampak menyatu dengan color palette sprei, cat tembok, dan lantai. Ditambah dengan warna kuning yang menonjol menambah suasana lebih segar.

Contoh Dekor Ruang Makan

1. Ruang Makan Minimalis

Untuk memberikan kesan yang lebih berkelas tetapi minimalis, anda bisa menggunakan warna perabot dan cat yang lebih netral dan kalem. Ditambah lagi dengan dekorasi dinding yang mempercantik ruang makan minimalis anda.   

2. Ruang Makan Natural

Alternatif lain dalam memotong biaya dari desain ruang makanmu adalah dengan mengadaptasi konsep natural seperti desain ruang makan satu ini. Membiarkan bahan-bahan kayu alami apa adanya serta pencahayaan alami mampu memberikan kesan natural yang hangat pada desain ruang makan yang kamu miliki.

3. Ruang Makan Modern

Memberikan konsep warna monokrom pada rumah kecil minimalis memang tidak ada habisnya. Desain ruang makan modern satu ini juga merupakan alternatif menghadirkan desain ruang makan yang menarik.

Contoh Dekor Taman

1. Taman Minimalis

Taman minimalis ini menjadi sebuah oase di tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan yang modern. Menggunakan konsep teras terbuka, kamu bisa kapan saja duduk untuk menikmati tatanan kebun kecil yang terlihat cantik di sekelilingmu ditambah dengan perpaduan perabot dan cat dinding berwarna putih yang membuat makin lebih merilekskan.

2. Taman Di Balkon

Bagi anda yang tidak mempunyai cukup lahan di belakang atau di depan rumah, membuat taman di balkon rumah bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan memanfaatkan rumput sintetis, balkon rumah menjadi tempat yang segar dan sejuk untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait