Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Tips Beli Rumah Untuk Fresh Graduate


Apakah Anda termasuk fresh graduate dan ingin mewujudkan keinginan memiliki rumah sedini mungkin? Perlu diketahui ada beberapa keuntungan memiliki rumah ketika baru saja menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Selain untuk investasi jangka panjang, tentunya penghasilan Anda tidak terbuang sia-sia. Meski banyak orang mengatakan bahwa setelah lulus jangan terlalu menggebu memikirkan rumah hunian namun harus tetap diprioritaskan karena kebutuhan akan hunian semakin bertambah. Biaya pembeliannya juga terus merangkak naik. Menyikapi hal tersebut sebaiknya Anda mengetahui bagaimana tips beli rumah bisa terwujud meski masih muda. Meski sulit namun bukan hal yang mustahil ketika prosesnya dilakukan dengan disiplin. Beberapa cara dapat dilakukan semisal mencari rumah dengan ukuran cukup, mengingat penghasilan masih belum tertata rapi. Sehingga Anda masih bisa menikmati hidup sambil mengumpulkan uang guna berinvestasi jangka panjang.

Beberapa Tips Beli Rumah Terwujud Bagi Anda Yang Baru Selesai Kuliah

Sebagian orang mengatakan bahwa fresh graduate adalah usia yang masih terbilang muda untuk memikirkan tempat hunian. Meski demikian sebagai anak muda harus memiliki impian tinggi agar kedepannya tidak bingung terutama terkait tempat tinggal. Kita tahu bahwa harga hunian seperti rumah selalu mengalami kenaikan sehingga perlu persiapan agar tidak kaget ketika sudah membina keluarga. Berikut beberapa tips mewujudkan rumah impian bagi fresh graduate.

1. Buat Catatan Pengeluaran Tetap Dan Kemampuan Keuangan

Petama kali yang harus Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran setiap bulan. Gunakan 30 sampai 40 persen dari penghasilan Anda tiap bulannya. Melalui cara ini Anda bisa menghitung berapa jumlah uang yang bisa ditabung setiap bulannya. Cara ini juga berguna untuk mengingatkan Anda agar penggunaan uang tidak melenceng jauh dari rencana sebenarnya.

2. Manfaatkan Sistem Autodebet

Tidak bisa dipungkiri bahwa menabung bagi kalangan muda memang sangat sulit. Agar bisa menabung secara rutin ada baiknya jika Anda membuka sebuah tabungan khusus yang menggunakan sistem autodebet. Cara ini merupakan sistem pembayaran kartu yang otomatis akan ditarik ketika saldo rekening sudah mencapai jumlah sesuai tagihan yang didaftarkan. Lakukan autodebet ini di saat gajian sehingga tidak terlewat untuk menabung. Jika hal ini dapat dilakukan secara disiplin maka Anda akan bebas finansial pada usia 30 tahun dan bisa mewujudkan impian memiliki rumah.

3. Tips Beli Rumah Dengan Melakukan Riset Dan Cari KPR Yang Tepat

Melakukan sebuah riset untuk mencari pembiayaan KPR yang tepat terbukti dapat membantu meringankan cicilan bulanan yang akan berlangsung lama. Cobalah memilih skema cicilan yang sesuai dengan preferensi Anda. Kita tahu ada dua jenis KPR yaitu konvensional dan syariah. Keduanya memiliki skema kelebihan dan kelemahan berbeda. Pilih sesuai keinginan dan kemampuan Anda saat itu.

4. Mulailah Berinvestasi

Tips beli rumah terwujud juga bisa melalui berinvestasi. Sebagai seorang pekerja pemula hal ini juga dapat dilakukan apalagi sekarang ada banyak barang atau produk yang menawarkan investasi dengan premi minimum terjangkau. Sebagai pemula Anda bisa ikut pasar reksa dana dan saham. Dengan modal relatif sedikit keuntungannya jauh lebih besar dibanding menyimpan uang di bank dengan bunga flat per tahunnya.

5. Cari Pekerjaan Sampingan Sebagai Tambahan Pendapatan

Di zaman serba digital ini, ada banyak pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan. Beberapa pekerjaan online bahkan tidak memerlukan kehadiran Anda secara langsung di tempat kerja. Hal ini berimbas pada tidak terganggunya pekerjaan asli yang sedang Anda tekuni. Hasilnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cicilan rumah. Dengan begitu pendapatan utama bisa ditabung untuk kebutuhan lainnya.

Ulasan di atas merupakan beberapa tips beli rumah bagi fresh graduate agar cepat terwujud. Anda tertarik? Segera hubungi https://onlist.id/, platform properti terbaik di Indonesia yang siap melayani kebutuhan Anda di bidang properti.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait