Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Terapkanlah Hal Ini Agar Rumah Anda Menjadi Nyaman


Rumah adalah tempat tinggal atau tempat istirahat untuk keluarga dan sanak saudara. Rumah merupakan tempat ternyaman untuk beberapa orang setuju dengan kalimat ini. Rumah juga merupakan tempat berlindung dari cuaca hujan, tidak kepanasaan karena sinar matahari. Dan tempat untuk melepas lelah. Banyak faktor yang membuat rumah menjadi nyaman:

Faktor – Faktor Rumah Menjadi Nyaman:

  1. Keluarga
    Saat anda pertama kali belajar berbicara, belajar untuk berjalan, keluargalah yang menjadi tempat pertama untuk menuntun anda mempelajari segala sesuatu dalam dunia ini. Keluarga juga menjadi guru pertama anda untuk memahami hal-hal baru yang  temukan. Sebagai teman pertama anda berbincang dan tempat pertama anda membentuk kepribadian, serta karakter diri. Mungkin anda pernah merasa lelah dengan rutinitas atau bingung dengan arah dan  tujuanmu. Saat itulah keluarga bisa menjadi tempat bersandar paling nyaman yang anda temukan, tidak peduli seberat apa yang saat itu anda lalui, anda bisa bersandar dan percaya bahwa keluarga akan selalu berada disampingmu. Tidak perlu merasa ragu untuk beristirahat sejenak, kapanpun anda butuh tempat untuk bersandar, maka keluarga bisa menjadi tempat pertama yang anda tuju. Bersama keluarga, anda akan diberikan ketenangan dalam segala hal termasuk saat memutuskan sesuatu dan saat menjalankan aktivitas.
    Bahkan anda bisa merasakan ketenangan saat anda melakukan kesalahan, karena keluarga akan memastikan untuk menopang dan tidak membiarkan anda sendirian. Keluarga akan berjalan beriringan dengan langkah anda , sehingga anda dapat merasa tenang karena ada mereka yang akan selalu mendukung keputusanmu.
  2. Suasana Rumah
    Suasana rumah yang tenang, nyaman dan hangat menjadi salah satu faktor nyaman untuk rumah. Suasana rumah yang positif juga menmbuat rumah nyaman. 
  3. Rumah Bersih 
    Rumah bersih merupakan salah satu faktor kenyaman di rumah. Karena rumah bersih dan sehat tidak menimbulkan penyakit seperti diare, deman berdarah, daan lain – lain. Berbeda dengan rumah yang kotor dan jarang dibersihkan. Rumah yang jarang dibersihkan menimbulkan berbagai macam penyakit dan kotoran dimana – mana, banyak sarang ĺaba – ĺaba yang menimbulkan ketidaknyamanan. 
  4. Fasilitas Rumah Yang Memadai
    Fasilitas rumah yang memadai menjadi faktor penunjang kenyamanan rumah. Contoh rumah yang memiliki wifi akan membuat penghuni rumah merasa nyaman, karena tidak perlu krluar rumah untuk mencari wifi. Rumah yang memiliki fasilitas yang dibutuhkan juga menjadi penunjang rasa nyaman. Seperti memiliki area kolam renang, memiliki dapur yang penuh, memiliki kamar mandi, punya tempat tidur yang bersih dan wangi, meemiliki tempat untuk belajar atau bekerja. 
  5. Pencahayaan
    Memiliki pencahayaan bagus dan tepat menjadi salah satu faktor rasa nyaman di rumah. Jika membuka pintu atau jendela kita langsung bisa dapat cahaya dari matahari. Dan itu bisa meenghemat listrik. Pencahayaan sangat penting karena bukan hanya mengatur ritme keseluruhan ruang, tetapi langsung dapat memengaruhi suasana hati. Cahaya yang terlalu terang atau kurang tepat bisa menimbulkan perasaan kekacauan atau kegelisahan sehingga mungkin berpotensi munculnya sakit kepala ringan.
    Untuk itu, Anda perlu mengatur sumber cahaya di dalam ruangan sehingga bisa memberikan rasa tenang. Tahan dorongan untuk membanjiri ruangan dengan cahaya. Desainer biasanya memasang berbagai jenis pencahayaan. Pada tiga tingkat utama yakni lampu langit-langit, lampu meja, dan lampu lantai untuk menyorot berbagai bagian ruangan.
  6. Siklus Udara Baik 
    Buatlah rumah menjadi nyaman dengan memperhatikan siklus udaranya. Jika lingkungan anda memiliki siklus udara yang buruk, segera tinggalkan dan mencari yang lain. Selain bisa bernafas dengan lega, siklus udara baik juga menghindari kita dengan penyakit pernapasan. Kalian bisa membuat ventilasi rumah atau jendela jika ingin membuat siklus udara baik.
  7. Tata Letak Furniture
    Jika anda memiliki banyak furniture, segera pilih yang paling penting untuk di gunakan. Jika memiliki terlalu banyak furniture dilahan rumah yang sempit itu menjadi faktor ketidaknyamanan di rumah. 

Hal – Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Rumah Menjadi Tempat Yang Nyaman:

  1. Membersihkan Rumah Secara Rutin
    Walaupun telah mengeluarkan budget yang besar untuk desain rumah dan membangunnya, rumah dan segala isinya perlu diberikan perawatan agar tetap tampil cantik dan kokoh. Jagalah kebersihan rumah agar rumah tetap aman, nyaman, dan sehat untuk ditempati. Selain bersih, pastikan rumah terbebas dari serangan hama, seperti jamur, rayap, kecoak, dan lain sebagainya. Jika memang diperlukan, gunakanlah pestisida untuk mengusir hama-hama tersebut. Namun jangan terlalu sering menggunakan pestisida karena dapat menyisakan zat kimia berbahaya di dalam rumah. Oleh karena itu, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.
    Cara paling mudah membuat rumah nyaman dan bersih adalah dengan membersihkan rumah secara rutin setiap hari. Jika Anda tinggal bersama keluarga, buatlah jadwal rutin untuk melakukan kegiatan kebersihan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai rumah. Kemudian, pada hari libur, Anda dapat melakukan pembersihkan halaman dan garasi atau carport. Jangan lupa, bersihkan kamar mandi menggunakan sikat dan cairan pembersih. Periksa juga lubang saluran air; pastikan tidak benda yang menyumbat. Misalnya, rambut, kertas, dan tisu. Dan biasakan setelah memasak, dapur dapat langsung dibersihkan.
  2. Membeli Lilin Aroma Terapi
    Lilin-lilin yang menyala, dapat menciptakan suasana yang nyaman di dalam rumah, terutama lilin aromaterapi. Dengan menyalakan lilin aromaterapi, rumah kita akan menjadi wangi. Selain itu, lilin juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana dekorasi yang baik.
    Bau sudah lama dikaitkan dengan ingatan dan memicu emosi, kita dapat menciptakan rumah yang nyaman dengan membakar lilin aromaterapi yang memiliki wangi khas, seperti melati, lavender, vanila, dan kayumanis. Lilin aromaterapi dengan wangi-wangi tersebut dapat menciptakan suasana nyaman dan bahagia, di dalam rumah.
  3. Memeriksa Instalasi Listrik Dan Air
    Jangan lupa untuk rutin memeriksa instalasi listrik dan air yag ada di rumah Anda. Untuk memeriksa instalasi listrik Anda dapat memanggil teknisi listrik bersertifikat. Karena mayoritas kebakaran yang terjadi di kota besar seperti Jakarta disebabkan oleh korsleting. Instalasi air juga perlu di cek secara rutib beberapa tahun sekali minimal. Saat aliran air dari mesin air atau saluran PAM mulai mengecil. Bisa jadi banyak kotoran atau lumpur menyumbat saluran air.
  4. Memastikan Bahwa Rumah Tidak Bocor
    Penting bagi kita yang tinggal di  indonesia memiliki atap yang aman. Karena Di tempat tinggal kita sering hujan. Dan tak jarang banyak rumah yang bocor. Maka dari itu kewajiban anda rutin untuk nge – cek atap rumah ada yang rusak atau tidak. Karena jika samapai bocor pasti dinding rumah menjadi lembap dan dapat memunculkan jamur. 
  5. Mendekorasi Rumah Sesuai Apa Yang Anda Inginkan
    Nyatanya dekorasi rumah juga membuat rumah merasa nyaman. Tetapi dekorasi yang berlebihan juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Maka dari itu dekorasi rumah secukupnya. Contohnya menambahkan tanaman di dalam rumah, memelihara ikan hias, menambahkan pigora – pigora atau hiasan dinding lainnya.

Jika ingin memiliki rumah nyaman, maka lakukan cara – cara tersebut. Dan rajin – rajinlah membersihkan rumah.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait