Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Taman Minimalis, Solusi Pintar Untuk Rumah Lahan Sempit


Taman menjadi salah satu bagian rumah yang dapat menambah kesan ekstetik. Selain dapat menciptakan keindahan, taman juga berperan penting untuk sirkulasi udara karena tanaman-tanaman tersebut dapat menghasilkan oksigen. Namun, sayangnya selama ini taman masih dianggap kurang penting untuk sebuah rumah. Apalagi terbatasnya lahan, membuat sebagian orang mengurungkan niatnya. Tetapi Anda tidak usah khawatir, walau sempitnya luas sisa lahan di rumah Anda, tetap ada peluang untuk membuatnya menjadi taman minimalis. Kuncinya adalah pada kreativitas Anda, sehingga dapat tercipta taman pribadi yang indah di tengah keterbatasan lahan tersebut. Lokasi taman minimalis yang cocok untuk lahan yang sempit yaitu di depan rumah atau pekarangan. Pada umumnya di permukiman yang kecil dan sempit memang hanya tersisa sedikit lahan tanah di depan rumah. Biasanya pekarangan itu berukuran seluas 2 hingga 3 meter. Berikut ini cara membuat taman minimalis depan rumah yang bisa Anda coba di rumah!

1. Menentukan Desain Taman Yang Sesuai

Secara umum, taman dibagi menjadi dua area yaitu area untuk rumput (sebagai penutup tanah) dan tanaman. Area untuk rumput bisa diganti dengan area bebatuan atau papan kayu jika Anda memilih untuk membuat model taman kering. Untuk menghindari kesan monoton, Anda dapat memilih batuan dengan warna dan jenis yang berbeda.

2. Menentukan Batas Taman

Menentukan batasan taman berfungsi untuk mempertegas bahwa area tersebut termasuk taman. Batas tersebut bisa dengan material pagar taman, pembatas dari kayu, keramik lantai, tanaman bunga teh, ataupun penanda lainnya sesuai dengan kreasi masing-masing. Dengan memberikan batas atau edging akan memberikan kesan yang lebih rapi, teratur, dan indah. Selain itu, Teknik edging juga akan mempermudah Anda menata taman dalam sehari-harinya. Tahapan ini juga dapat menyesuaikan dari gaya arsitektur rumah Anda.

3. Membentuk Struktur Tanah

Proses selanjutnya adalah pembentukan struktur tanah. Taman harus berisi tanah yang berkualitas karena penting untuk pertumbuhan tanaman yang akan dipilih nanti. Dengan kualitas tanah yang baik tentu mudah untuk menciptakan taman yang subur sehingga tidak perlu melakukan perawatan yang berlebihan karena telah mendapatkan nutrisi dari tanah. Sebelum pembentukan struktur, ada baiknya Anda harus membersihkan lahan taman tersebut. Bersihkan dari sampah, bekas material bangunan, atau tumbuhan ilalang. Setelah membersihkan lahan, Anda dapat memperbaiki kualitas lahan Perbaikan kualitas lahan dapat ditempuh dengan memberikan pupuk organik dengan penyebaran rata. Setelah itu, memastikan kepadatan tanah. Anda dapat menggunakan sekop kecil untuk mengaduk tanah dengan ketinggian 20 – 50 cm agar seluruh pupuk organik tercampur dengan sempurna. Anda dapat menentukan kontur tanah seperti tanah pada area mana yang akan dibuat gundukan. Poin penting lainnya adalah memikirkan saluran air agar tidak ada genangan di taman nantinya.

4.  Menonjolkan Area Hijau

Salah satu trik dalam membuat taman depan rumah dengan lahan yang sempit yaitu dengan menonjolkan area hijau. Artinya rancanglah taman rumah Anda itu menjadi hijau dan rindang.  Salah satu trik yang dilakukan yaitu dengan menanam tanaman yang tumbuhnya secara merambat. Misalnya dengan menanam pohon anggur di pekarangan rumah Anda tersebut. Tentu kita semua telah tahu bahwa anggur termasuk salah satu jenis tanaman merambat.  Dengan adanya pohon anggur ini, maka pekarangan rumah Anda jadi tampak lebih hijau dan indah dipandang mata.  Ada kesalahan dari sebagian orang yang hanya meletakkan beberapa tanaman hijau di bagian sudut saja. Padahal untuk dapat membuat sebuah taman terlihat indah, maka diperlukan keserasian dan keseimbangan. Dengan demikian rumah jadi tampak nyaman dengan beberapa tanaman hijau yang saling melengkapi.

5. Menambahkan Pot Gantung

Karena lahan terbatas, menata taman depan rumah yang efektif bisa menggunakan solusi pot gantung yang sangat hemat tempat. Tanam tanaman hias dalam pot gantung dan cantolkan pada langit-langit teras rumah, dinding atau pagar taman. Variasi pot gantung yang cantik tentu akan membuat usaha menata taman depan rumah kian sukses.

6. Memanfaatkan Sudut Secara Maksimal

Menata taman depan rumah lahan sempit bisa disiasati dengan memaksimalkan ruang sudut taman. Cara ini baik supaya taman kecil tetap terasa lenggang di bagian tengah, namun tetap ada suasana taman yang asri di setiap sudut taman depan rumah. Taman minimalis di sudut taman depan rumah boleh juga dihiasi dengan berbagai bunga, batu, dan tanaman hias, misalnya bunga sepatu dikombinasikan dengan bunga mawar, sukulen, serta batu alam. Menata taman depan rumah tentu perlu diselaraskan jika ingin taman kering di depan rumah agar keseluruhan estetika taman tetap terjaga,

7. Menjadikan Teras Bagian Dari Taman

Menjadikan teras bagian dari taman adalah salah satu cara membuat taman minimalis depan rumah lahan sempit berikutnya. Anda bisa membuat teras rumah menjadi bagian dari taman tersebut. Namun hal ini bukan berarti mengalihkan fungsikan teras menjadi taman. Melainkan hanya meletakkan beberapa tanaman di bagian teras rumah, supaya ukuran taman jadi terkesan lebih besar. Caranya yaitu dengan membuat tanaman berukuran kecil dalam pot, kemudian diletakkan pada bagian strategis di teras tersebut.

8. Memilih Tanaman Yang Cocok

Pastikan jenis tanaman yang Anda pilih sesuai dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan. Anda juga harus menyesuaikan luas taman untuk menentukan pilihan tanaman yang cocok. Misal jika ukuran taman cukup luas, bonzai dan jenis perdu terbilang sangat sesuai. Jika ukuran taman tidak terlalu luas seperti taman minimalis depan rumah tipe 36, Anda bisa memilih tanaman semak hias yang meliputi bromelia, sambung dara, atau jenis yang lain sesuai selera Anda.

9. Menanam Rumput

Area tanah yang masih terlihat perlu ditutupi dengan rumput agar bentuk landscape taman menjadi lebih menarik. Jenis rumput yang biasanya digunakan antara lain rumput golf grinting, rumput agrotis, rumput gajah mini, rumput swiss, dan rumput lamuran. Anda dapat memilihnya sesuai dengan luas taman dan anggaran Anda. Selain menutupi area tanah kosong dengan rumput, Anda juga dapat menggunakan jenis batuan dekoratif seperti batu granit komposit, kerikil kacang (pea gravel), kerikil batu kali, kerikil pecahan granit, atau batu pebble.

10. Mengatur Pencahayaan Taman

Membuat taman depan rumah bukan hanya soal lahan atau tumbuhan, tetapi dekorasi yang tepat. Lighting atau pencahayaan juga berpengaruh besar pada penampilan taman depan rumah. Lampu pijar pada titik-titik strategis bisa menjadi kunci pencahayaan yang tepat agar taman depan rumah tidak terlihat sempit. Penerangan taman depan rumah tentu akan mempercantik tampilan rumah pada malam hari dan membantu memberikan ilusi luas pada taman depan rumah.

Sudah saatnya Anda memulai persiapan untuk membuat taman minimalis depan rumah. Semoga kesepuluh cara di atas dapat bermanfaat ya! Anda sedang mencari rumah? Memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda mendapatkan rumah idaman Anda, https://onlist.id/ hadir dengan cara mudah hanya dengan genggaman tangan. Cari rumah idaman bersama keluarga? Ya di OnList aja!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait