Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Sulap Desain Rumah Sederhana Anda Agar Terlihat Elegan Dan Mewah


Banyak yang mengira bahwa merancang sebuah rumah idaman haruslah seideal dan semewah mungkin. Benarkah harus membutuhkan rumah dengan ukuran yang besar dan luas? Sementara isi rumah hanya beberapa orang saja? bahkan tidak melebihi 5 orang? Memiliki rumah tentu menjadi dambaan setiap orang. Memiliki rumah selalu menjadi bagian dari cita-cita. Namun, memiliki rumah juga bukan berarti harus memiliki salah satunya dengan ukuran luas dan besar. Rumah yang tidak menampakan sebuah rancangan arsitektur yang fungsional, bisa lebih terlihat sebagai sesuatu yang terlalu berlebihan dan buang-buang energi, terutama biaya. Soal biaya, untuk memiliki rumah memang bukan perkara mudah dan murah. Terlebih sekarang ini di saat tawaran-tawaran menggoda untuk memiliki ruang hidup dengan segala kemudahan dan fasilitas lengkap, sebagaimana gambaran rumah ideal yang selalu dicitrakan dalam sebuah iklan. Namun, tidak semua orang mampu memilikinya. 

1. Rumah Sederhana

Rumah sederhana tidak selalu identik dengan rumah murah berbiaya rendah dengan kualitas seadanya. Tetapi lebih ke arah bagaimana menampilkan kesederhanaan dalam konstruksi atau rancangan arsitektur sebuah rumah. Sederhananya: menghindari kerumitan-kerumitan yang tidak perlu. Rumah sederhana memang bisa jadi identik dengan rumah kecil bersubsidi dari pemerintah yang sering bermasalah, terutama dalam soal konstruksinya. Tetapi perlu juga diingat, jangan artikan sebagai sikap tidak menghargai upaya pemerintah untuk memastikan setiap warganya memiliki rumah, atau inisiatif pihak swasta merancang ruang hidup dan hunian idaman berbiaya rendah. Sesuatu itu memang harus dirancang atau dibuat sesederhana mungkin. Tetapi, bukan berarti benar-benar sederhana, apalagi jika mengingat prosesnya. Banyak elemen, unsur, dan juga faktor yang harus benar-benar diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara membuat rumah sederhana menjadi rumah yang elegan dan terlihat mewah.

2. Minimalkan Penggunaan Perabot

Lihat di sekeliling rumah sederhana Anda. Apakah ada banyak tumpukan kertas atau padatnya aksesoris rumah tangga yang mulai berdebu? Banyak yang menghabiskan banyak tenaga untuk mendekorasi rumah sederhana. Padahal dengan desain yang bebas dari tumpukan barang, rumah sederhana Anda bisa terlihat makin luas, leluasa dan nyaman. Oleh karena itu, bersihkan seluruh permukaan perabot maupun lantai dari pernak-pernik yang terlalu padat. Sebaliknya, fokus pada kesederhanaan dan minimalkan agar ruang bersih dan santai untuk ditempati. 

3. Hindari Kerumitan Desain

Salah satu fitur umum saat ini adalah kerumitan garis atap. Belajarlah mencintai bentuk kotak. Bentuk kotak adalah hal yang paling sederhana dan paling terjangkau untuk dibangun. Denah lantai yang zigzag dengan banyak sudut juga merupakan hal lain yang harus dihindari. Perhatikan bagaimana ruang disusun dalam tiga dimensi. Apakah ada organisasi struktural yang logis? Dengan kata lain, apakah dinding berbaris di antara lantai? Dalam banyak konsep desain rumah, lantai tidak membutuhkan elemen struktural tambahan untuk ditambahkan guna menampung semuanya, terutama atapnya. Ini adalah salah satu faktor pemborosan biaya.

4. Lantai Terbuka

Menjaga rencana tetap sederhana dan terbuka telah menyelesaikan beberapa hal. Pertama, sedikit dinding sama dengan material yang kurang. Selain itu, hubungan visual antar ruang meningkatkan akselerasi, membuatnya terasa lebih besar. Ini berarti semua penghuni bisa berada di dalam satu lantai, tetapi tetap terhubung.

5. Penataan Ruang Teratur

Ingin rumah sederhana kamu tetap terlihat menarik dan cantik? Prioritaskan pada desain ruangan dengan flow yang baik. Caranya adalah dengan penataan yang teratur antara satu furniture dengan yang lainnya. Pada penataan ruang ini, terlihat nuansa yang diciptakan adalah dominasi geometris. Sofa berbentuk kotak, jendela kotak, serta karpet dengan motif geometris. Dengan penataan yang seperti ini, ruang akan terlihat keharmonisannya. Rumah sederhana juga harus selalu dibersihkan secara rutin, jadi sisihkan sedikit waktu untuk mempertahankan keindahan rumah sederhana Anda. Dengan menciptakan kebiasaan penataan yang rapi termasuk pada pencahayaan lampu, Anda bisa punya rumah sederhana yang tetap cantik menarik setiap saat.

6. Tekstur Desain Ruang

Menghindari kesan membosankan pada rumah sederhana sebenarnya tidak sulit. Banyak yang khawatir karena kesederhanaan dari paduan warna seperti putih dan abu- abu akan terasa sangat dingin dan terlalu umum. Untuk mengatasi masalah ini pada rumah sederhana, Anda cukup bermain pada tekstur yang ada di setiap elemen ruangan. Contoh pada kamar tidur adalah permainan tekstur pada sprei tempat tidur yang berkerut, permukaan lantai yang licin, dan pemilihan wallpaper dinding dengan tekstur yang sedikit kasar. Pada sisi dinding bagian kiri dan kanan, permukaan dinding bisa ditambah hiasan dinding untuk sentuhan tekstur yang berbeda.

7. Memanfaatkan Storage Dengan Baik

Rumah sederhana tetap butuh penyimpanan yang memadai. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencari kabinet yang cantik, menarik dan stylish. Karena sifatnya yang berupa perabot lepas, Anda punya kebebasan untuk memilih sesuai selera sepanjang penempatan kabinet di rumah sederhana Anda nantinya tidak akan terlalu bertabrakan dengan tema keseluruhan. Di area penyimpanan ini, Anda bisa meletakkan semua barang. Rak display pun bisa digunakan sebagai area menaruh aneka hiasan dan tanaman dalam ruang seperti sukulen.

8. Penerangan Ruangan Yang Tepat

Penerangan yang tepat akan memberikan efek ruangan yang lebih luas dan cerah, baik dari instalasi lampu atau posisi jendela rumah sederhana. Mood penghuni rumah sederhana juga akan seketika terasa lebih rileks dan santai dengan penataan pencahayaan yang direncanakan dengan baik. Salah satu tips adalah dengan memilih lampu ruangan dengan desain yang modern. Selain itu, gunakan juga konsep penerangan lampu secara berlapis, baik dengan lampu gantung di plafon, penambahan lampu meja, hingga dekorasi lampu dinding yang bisa menambah kecerahan ruangan dengan baik untuk aktivitas di rumah sederhana Anda.

Anda sedang mencari rumah idaman? Kini telah hadir aplikasi untuk jual, beli, sewa rumah dan properti terlengkap di Indonesia, https://onlist.id/ telah hadir untuk memberikan solusi yang nyaman dan mudah hanya dengan genggaman tangan. Find Your Dream House with OnList!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait