Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Solusi Tetap Berkebun Meski Lahan Di Rumah Kurang Memadai


Berkebun merupakan salah satu jenis hobi dari sekian banyak yang digemari oleh orang-orang. Berkebun dapat dilakukan sebagai salah satu alternatif supaya lebih dekat dengan alam. Selain itu berkebun ternyata juga memiliki dampak untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Beberapa manfaat yang akan didapatkan dalam kegiatan berkebun yaitu sebagai berikut :

  1. Berkebun merupakan salah satu aktivitas fisik karena kegiatan tersebut terdiri dari aktivitas menyiangi, menggali, dan menyapu. Aktivitas tersebut itu dapat dikatakan seperti gerakan pada olahraga yang baik untuk perkembangan. Berkebun sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko berkurangnya daya ingat seiring bertambahnya usia. Berkebun juga digunakan sebagai terapi bagi penderita demensia. 
  2. Penelitian yang dilakukan di Belanda mampu membuktikan bahwa kegiatan berkebun dapat melawan stres dan mengembaikan suasana hati dengan baik dibandingkan dengan kegiatan luar ruangan yang lainnya. Dengan melakukan kegiatan berkebun yang menyenangkan dapat membantu agar terlepas dari gejala-gejala depresi.
  3. Olahraga ringan yang tidak menguras banyak energi bagi beberapa orang dengan usia yang sudah lanjut sangat penting dilakukan. Pada saat berkebun akan ada gerakan-gerakan ringan yang membutuhkan kekuatan otot dan melatih tubuh sehingga dapat membuat tubuh aktif dan aliran darah yang teratur. Gerakan-gerakan ringan yang dilakukan saat berkebun yaitu gerakan jongkok, berjalan,menggali tanah, dan menyiram tanaman. 

Selain berfungsi untuk menghias rumah supaya terlihat lebih hidup, tanaman juga dapat membuat suasana hati dan fikiran menjadi lebih tenang dan segar. Beberapa tren tanaman yang cocok untuk ditaman di rumah seperti berikut ini : 

  1. Tanaman Berdaun
    Tanaman yang memang selalu menjadi primadona sebagai pilihan untuk dekorasi rumah adalah tanaman berdaun. Tanaman berdaun memiliki banyak jenis, salah satu jenis yang sering ditemui di interior rumah yaitu tanaman berdaun besar. Seiring dengan berkembangnya tren interior bertema atau nuansa alami, popularitas tanaman dengan daun besar juga mulai meningkat.
  2. Tanaman Warna-Warni
    Banyak orang yang mulai menyukai tanaman warna-warni. Selain fisiknya yang cantik, tanaman warna-warni juga mampu membuat ruangan terlihat lebih sejuk, hidup dan ceria. Apabila ingin menghias dan tertarik membuat ruangan bernuansa tropis, beberapa  tanaman dengan jenis warna-warni bisa diletakkan di ruangan dengan ukuran yang berbeda.
  3. Tanaman Hijau Kekuningan
    Tanaman untuk desain interior yang berwarna hijau kekuningan juga masih menjadi favorit banyak orang. Tanaman ini bisa diletakkan di tempat yang tepat, sehingga akan mendapatkan ruangan yang terlihat lebih cerah. Tempatkan tanaman hijau kekuningan tersebut di dalam pot yang berwarna gelap supaya warnanya jadi lebih menonjol.
  4. Tanaman Dinding
    Penempatan tanaman yang unik akan lebih disenangi di tahun 2023 ini. Selama ini meletakkan tanaman di atas meja dan rak mungkin sudah sangat terlihat biasa saja. Akan tetapi salah satu tren penempatan tanaman yang cukup populer adalah tanaman yang ditempel di dinding. Selain mempercantik rumah, tanaman dinding ini juga tidak memakan banyak tempat sehingga terdapat pula kesan estetikanya.
  5. Tanaman Pemurni Udara
    Belakangan ini masalah lingkungan yang terjadi seperti perubahan cuaca yang ekstrim menjadi perhatian setiap orang, sehingga kebanyakan orang menginginkan rumah yang bersih dan ramah lingkungan. Sementara itu beberapa tumbuhan yang menggunakan fotosintesis menyerap karbondioksida. Beberapa tanaman yang unggul dalam menyerap karbon dioksida antara lain yaitu tanaman ular dan sukulen. Terdapat juga spesies tertentu yang lebih memurnikan udara daripada yang lain seperti golden pothos dapat membersihkan udara dengan menyerap polutan seperti formaldehyde, xylene, dan toluene. 

Selain tanaman hias yang berfungsi sebagai pemanis dan penyegar bagi rumah dan interiornya, tananam yang dapat dikonsumsi juga dapat dijadikan pilihan untuk dapat berkebun di rumah. Cobalah untuk menanam tanaman yang berguna untuk sehari hari tersebut supaya mendapat manfaat yang ganda. Banyak yang menghiasi halaman rumah dengan tanaman hias seperti bunga. Menanam tanaman yang dapat berguna untuk sehari hari seperti tanaman bumbu dapur dan rempah-rempah, cabai, tomat, serai, daun pandan, kunyit, lengkuas, bayam, dan kacang panjang. Peletakan tamanan juga harus dipertimbangkan, aturlah posisi menanamnya sehingga tanaman tersebut tidak mengganggu aktivitas rumah lainnya. Untuk tanaman yang memiliki duri seperti tanaman nanas, buah naga bisa ditanam di area yang sedikit jauh dari etalase rumah, lalu untuk tamanam yang tumbuh batangnya tidak terlalu tinggi dapat diletakkan di teras rumah. Sehingga keluarga dan tamu yang berkunjung akan aman dan tidak risih dengan tanaman tersebut.
Untuk perawatan tanaman yang dapat berguna untuk sehari hari seperti cabai, terong, dan tomat ini dapat dibilang gampang-gampang susah dibanding menanam tanaman hias seperti bunga. Contohnya seperti ketika menanam tanaman cabai dapat dilakukan dari menyemai biji cabai terlebih dahulu lalu menunggu sampai biji tersebut berubah menjadi bibit cabai yang kecil. Setelah itu bibit kecil tersebut dapat dipindahkan ke polybag atau wadah bekas yang dapat digunakan sebagai pot tanaman. Ketika bibit cabai tersebut mulai tumbuh menjadi lebih besar maka dapat dipindah ke tanah atau kebun di samping rumah. Namun apabila tidak memiliki lahan yang luas, tanaman cabai juga masih bisa tumbuh di pot atau polybag yang besar. Pemindahan tanaman cabai ke kebun atau lahan yang luas supaya tanaman cabai dapat memperoleh unsur hara dan sinar matahari lebih efektif sehingga mempengaruhi pertumbuhan tanaman cabai yang ditanam. Selalu perhatikan juga hama yang dapat merusak tanaman tersebut.

Tempat strategis di rumah yang dapat dijadikan untuk meletakkan tanaman hidup apabila tidak terdapat lahan atau area yang luas di rumah. Berikut merupakan beberapa tempat yang disarankan :

  1. Balkon
    Balkon atau serambi merupakan teras lantai atas yang terdapat pada bangunan bertingkat. Peletakan balkon bisa pada sisi depan, samping, maupun belakang pada lantai atas rumah tinggal. Dengan model balkon rumah yang sesuai, tampilan rumah akan jadi lebih cantik. Itulah fungsi balkon sebagai dekorasi pelengkap pada hunian. Namun pada dasarnya tidak semua rumah memiliki sisi bangunan yang satu ini. Karena memang balkon adalah ruang yang sifatnya opsional.  Akan tetapi tidak ada salahnya menambahkan beranda atas untuk bersantai dengan keluarga. Selain berfungsi sebagai ruang untuk bersantai, balkon juga dapat dimanfaatkan sebagai kebun kecil untuk menambah kesan hijau pada rumah hunian.
  2. Teras 
    Teras adalah ruang yang setengah terbuka biasanya menjadi batas pintu masuk dan halaman rumah dari sebuah bangunan. Letak teras yang berada di depan rumah, menjadikan teras tersebut sebagai ruangan yang memberi kesan pertama pada pemilik rumah. Beberapa orang ada yang menjadikan teras sebagai pelengkap sehingga kehadirannya dilupakan dan dianggap tidak penting, akan tetapi jika diperhatikan teras terdapat juga desain yang memiliki fungsi lebih dari sekedar pelengkap bangunan saja. Pada umumnya fungsi teras di Indonesia lebih mirip seperti ruang untuk menyambut tamu yang datang. Untuk memberikan kesan yang baik, teras dapat dipercantik dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya dengan menempatkan kursi dengan gaya minimallis dan natural, dan memasang taplak meja serta meletakkan pot bunga cantik dengan bunga hidup. Pot-pot dengan ukuran yang sedang juga bisa ditempatkan di sudut teras sehingga menghidupkan kesan yang natural.
  3. Atap 
    Penutup suatu bangunan yang berfungsi untuk melindungi apapun yang ada di dalamnya dari panas, hujan, angin, dan fenomena alam lainnya. Selain berfungsi sebagai pelindung atap juga dapat menaikkan nilai estetika dari bangunan. Atap rumah yang masih dak dapat dialihfungsikan sebagai area berkebun di rumah. Menaman di atap rumah dapat dimulai dengan menanam tanaman yang disukai baik itu tanaman hias, buah atau sayuran. Dengan menggunakan polybag, wadah bekas pakai atau pot dapat membuat tanaman tertata dengan rapi. Serta peletakan yang tepat sehingga dapat memaksimalkan cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tananam.

Demikian tadi beberapa informasi yang dapat dijadikan referensi untuk memulai kegiatan positif yaitu berkebun di rumah. Kunjungi laman www.onlist.id untuk mendapatkan beberapa referensi jual beli property lainnya.
 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait