Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Simak Rekomendasi Berikut Sebelum Membeli Kompor Listrik


Berbicara mengenai dapur, pastinya belum lengkap tanpa kehadiran alat masak utama alias kompor. Kompor gas merupakan salah satu jenis kompor yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun seiring perkembangan zaman, kompor listrik juga mulai perlahan menggeser eksistensi kompor gas. Salah satu sebabnya adalah kompor gas dapat menyebabkan terjadinya ledakan jika terdapat kelalaian saat menggunakan dan menyimpan tabung gas elpiji. Berbeda dengan kompor listrik yang jauh lebih praktis karena hanya pasang steker pada stop kontak.
Kompor listrik menjadi solusi bagi Anda yang takut menggunakan kompor gas elpiji. Selain lebih praktis, kompor listrik juga lebih aman dan bebas polusi. Proses memasak pun jadi lebih mudah, praktis dan cepat. Kompor listrik juga menawarkan desain yang lebih cantik dan elegan ketimbang kompor gas. Banyaknya jenis kompor listrik ini mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kali ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan menggunakan kompor listrik.

Apa Itu Kompor Listrik?

Kompor listrik adalah peralatan yang berfungsi untuk memanaskan sesuatu atau untuk memasak makanan dengan sumber tenaga listrik. Terdapat tiga jenis kompor listrik, yaitu

  1. Kompor Listrik Konvensional
    Kompor ini menggunakan listrik sebagai sumber panas yang dialirkan melalui kabel nichrome menuju gulungan besi di atas kompor yang membuat permukaan kompor jadi panas. 
  2. Kompor Induksi
    Kompor listrik jenis ini menggunakan elektromagnet untuk menghasilkan panas. Di bagian bawah area memasak kompor, ada lilitan logam. Saat kompor dinyalakan, arus bolak-balik akan mengalir melalui lilitan dan memproduksi medan magnet yang tidak terlihat. Apabila di atas area memasak diletakkan peralatan yang terbuat dari besi atau stainless steel yang bersifat magnetik, medan magnet yang diproduksi oleh lilitan tersebut akan menginduksikan arus listrik ke peralatan masak sehingga jadi panas dan bisa mematangkan masakan. 
  3. Kompor Infrared
    Berbeda dengan dua tipe sebelumnya, kompor listrik jenis ini menggunakan lampu halogen dalam logam anti-korosi. Lampu halogen tersebut dikelilingi oleh radiasi kumparan untuk menghasilkan panas yang merata. Panas tersebut ditransfer ke peralatan masak di atas kompor melalui infrared secara langsung. 

Keuntungan Menggunakan Kompor Listrik

  1. Praktis Dan Aman
    Kompor listrik merupakan barang elektronik praktis karena Anda tidak perlu repot membeli dan mengganti tabung gas. Selain itu kompor listrik juga lebih aman karena minim risiko yang bisa membahayakan Anda dan keluarga. Jika api dari kompor gas berisiko menyambar benda-benda sekitarnya, saat menggunakan kompor listrik justru hal ini tidak akan terjadi. Risiko yang dimiliki kompor listrik jauh lebih kecil ketimbang kompor gas.
  2. Lebih Mudah Dibersihkan
    Membersihkan kompor kadang menjadi tantangan tersendiri, mengingat hal ini akan menyita waktu yang cukup lama. Mulai dari mencopot bagian-bagian kompor sampai dengan membersihkan bagian-bagian secara telaten dan teliti. Lain halnya dengan tungku listrik, anda cukup membersihkan bagian-bagian penting dengan kain bersih. Tidak sampai lima menit, kompor yang menghantarkan panas dari arus listrik ini kembali bersih seketika.
  3. Tidak Meninggalkan Asap
    Asap merupakan sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna dan hal ini sering ditemukan pada kompor konvensional. Namun, Anda tidak akan menemukan asap di kompor ini karena ramah lingkungan.
  4. Desain Lebih Menarik Dan Modern
    Salah satu keunggulan kompor listrik dari kompor gas adalah bentuknya yang lebih menarik. Kebanyakan kompor listrik memiliki permukaan datar dari bahan kaca. Kompor listrik membuat dapur jadi lebih lebih mewah dengan desainnya yang modern.
  5. Mudah Mengatur Suhu
    Kelebihan lain dari kompor listrik adalah adanya pengatur suhu. Bagi anda yang sedang belajar memasak pasti sangat terbantu dengan kelebihan ini. Dengan menggunakan kompor listrik, anda bisa menentukan suhu panas sesuai kebutuhan atau panduang memasak. Jadi tidak perlu khawatir dengan suhu api yang sulit diprediksi saat memasak.
  6. Kompor Listrik Hemat Energi
    Panas dari energi listrik kompor listrik memungkinkan masakan untuk matang lebih cepat. Sehingga, memungkinkan anda untuk mengurangi jumlah pemakaian energi. Kalau dipikirkan baik-baik, anda akan tahu bahwa kompor listrik lebih banyak menghemat energi dan biaya untuk membayar listrik.
  7. Tidak Ada Kebocoran Seperti Kompor Gas
    Seringkali mendengar kasus kebakaran yang diakibatkan kebocoran kompor gas. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh faktor kelalaian, sehingga mereka takut akan menggunakan kompor gas di rumah. Oleh sebab itu, kompor listrik menjadi pilihan yang paling aman.
  8. Panas Merata Dari Kompor Listrik
    Panas yang dihasilkan dari kompor listrik merupakan hasil dari energi elektromagnetik. Dibandingkan dengan kompor pada umumnya, kompor listrik ini menjamin panas yang merata pada seluruh bagian masakan. Menghasilkan masakan yang lezat dan nikmat dan hangat sampai ke dalam.

Kekurangan Menggunakan Kompor Listrik

  1. Harga Kompor Yang Mahal
    Kompor listrik umumnya jauh lebih mahal ketimbang kompor gas biasa. Semakin banyak tungkunya, semakin tinggi pula harganya. Maka itu, sebelum membeli kompor listrik, juga harus mempertimbangkan seberapa banyak membutuhkan tungku.
  2. Menggunakan Daya Listrik Besar
    Kompor listrik memerlukan bantuan tenaga listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 300-2000 watt. Tentunya Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar tagihan listrik jika setiap hari menggunakannya.
  3. Menggunakan Alat Masak Khusus
    Pada kompor ini, suhu panasnya dihasilkan dari reaksi elektromagnetik, maka Anda memerlukan peralatan khusus yang dapat bereaksi dengan magnet. Memasak dengan menggunakan kompor ini hanya bisa dilakukan jika Anda menggunakan alat yang terbuat dari material tertentu, seperti stainless steel, besi, dan baja.

Cara Merawat Kompor Listrik

  • Jangan Sampai Masakan Tumpah!
    Nah, hal ini nampaknya harus benar-benar diperhatikan. Ketika masak, apalagi dalam porsi yang cukup banyak. Seringkali tak bisa menghindari masakan yang tumpah ke permukaan kompor. Anda harus menjaga agar masakan tidak tumpah ke permukaan kompor. Tumpahan masakan akan membuat: Kotor dan kusam Kompor menjadi rusak
  • Kompor Listrik Harus Dibersihkan Secara Rutin
    Anda harus melakukan pembersihkan secara menyeluruh setidaknya 1 – 2 minggu sekali. Namun lakukan juga pembersihan sederhana setiap selesai menggunakan kompor elektrik ini. Perlu diperhatikan: Pembersihan kompor harus menggunakan bahan pembersih khusus kaca atau keramik. Ini wajib dilakukan agar permukaan kompor tidak tergores. Sebelum membersihkannya, anda juga harus memastikan kalau kompor tidak terhubung dengan listrik. Pastikan kompor sudah benar-benar kering ketika akan digunakan kembali.
  • Hilangkan Noda Membandel Pada Kompor Listrik
    Jangan sampai noda membandel didiamkan begitu saja dan semakin mengerak. Noda yang mengerak nantinya akan semakin sulit dibersihkan. Semakin menumpuk, maka akan semakin merusak kompor tersebut. Segera lakukan ini untuk membersihkan noda membandel yang ada: Harus menggunakan scraper dengan sangat hati-hati. Jangan sampai permukaan kompor menjadi lecet karena akan berpengaruh pada suhu panas yang akan dihasilkan.

Rekomendasi Kompor Listrik 

  • Modena
    1 tungku – Pi1315 : Rp1.185.000
    2 tungku – Bc 1321 : Rp2.880.000
    3 tungku – Hybrid Hob BK 1731 : Rp9.240.000
  • Oxone
    1 tungku – Ox655S : Rp520.000
    2 tungku – Ox655D : Rp794.000
  • Idealife
    1 tungku – IL 201 : Rp564.000
    2 tungku – IL 402 : Rp679.000
  • Electrolux
    1 tungku – Etd29kc : Rp1.350.000
    4 tungku – Ehed63cs : Rp12.750.000
  • Midea
    1 tungku – Ic 1610 : Rp768.000
    2 tungku – Ic 2356 : Rp2.464.900

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait