Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Selama Pandemi Gak Bisa Ke Bioskop, Ide Home Theater Ini Cocok untuk Anda Yang Hobi Nonton!


Jika Anda sangat suka menonton film, tidak ada salahnya memiliki home theater sendiri. Dengan begitu, Anda dapat menikmati semua koleksi film dengan kenyamanan rumah. Mungkin Anda berpikir bahwa membangun home theater sendiri akan menghabiskan biaya besar. Tapi dengan beberapa penyesuaian, Anda bisa menyulap salah satu ruangan di rumah menjadi home theater dengan biaya yang terjangkau.

1. Siapkan Satu Ruangan Khusus 

Besar kecil ruangan tergantung dari kebutuhan dan keinginan masing-masing. Ruangan yang digunakan harus satu ruangan yang diperuntukkan khusus untuk Home Theater. Jangan campur ruangan Home Theater dengan ruangan yang lain misal ruang belajar dan lain sebagainya. 

2. Siapkan Tema 

Sebelum mempersiapkan apa saja yang harus digunakan, tentukan terlebih dahulu tema apa yang akan dipilih agar menjadi ruang theater yang nyaman dan menyenangkan. Jika untuk kebutuhan keluarga, bisa gunakan background yang casual dengan dominasi warna kuning, orange, putih, biru, atau bahkan hijau untuk menghasilkan suasana yang ramai dan menyenangkan. Sedangkan untuk kebutuhan atau tema yang lebih romantic, dapat dipadu-padankan kombinasi warna silver-gold, pink, atau warna cerah lainnya. Bisa juga, menggunakan tema dengan karakter-karakter tokoh tertentu misal anime, superhero, Disney, dan lain sebagainya. Tentu saja pemilihan tema ini disesuaikan dengan keinginan masing-masing individu. Pasti satu orang dengan yang lain memiliki selera yang berbeda bukan? Intinya, pilihlah tema yang sesuai dengan kepribadian kamu dan pastinya itu akan membuat siapa saja yang berada di tempat tersebut nyaman dan enggan beralih tempat.

3. Gunakan Peredam Suara 

Setelah menentukan tema apa yang akan digunakan, siapkan dan gunakan peredam suara agar suara yang dihasilkan dari sound tidak tembus keluar ruangan. Untuk membentuk efek sound yang super HD layaknya di gedung bioskop, keberadaan peredam suara ini sangat diperlukan. Gunakan peredam suara yang tidak mengganggu desain wallpaper maupun background, sehingga tidak merusak estetika dari tema yang Anda buat.

4. Siapkan Furniture 

Setelah menggunakan peredam suara pada ruangan tersebut, pilihlah furniture yang sekiranya menambah nilai estetika dan memberikan effort yang menarik pada design Anda. Tetapi, usahakan furniture yang dipakai tidak terlalu berlebihan yang justru akan membuat ruangan nampak sumpek dan penuh. Cukup gunakan meja kecil untuk camilan, kursi/sofa, bantal-bantal kecil, lemari untuk meletakkan koleksi film-film favorit, beberapa ornamen cantik, figura, hiasan dinding dan lain sebagainya. Usahakan jangan terlalu berlebihan dalam pengadaan furniture.

5. Siapkan Proyektor & Screen 

Nah, peralatan satu ini adalah peralatan wajib yang harus ada dalam teater pribadi Anda. Tanpa dua peralatan ini, bioskop mini tidak akan menjadi bioskop seperti yang Anda inginkan layaknya di gedung bioskop ternama. Apalagi kalau bukan proyektor dan screen. Proyektor merupakan suatu alat elektronik yang digunakan untuk menampilkan suatu tampilan seperti gambar, teks, maupun video pada sebuah layar besar. Fungsinya adalah sebagai alat proyeksi yang sempurna untuk kebutuhan presentasi, maupun tampilan hiburan salah satunya kebutuhan home theater ini. Sedangkan screen adalah suatu layar putih besar yang berfungsi sebagai media tangkap hasil proyeksi dari proyektor. Layar inilah yang dapat menjadikan gambar lebih besar dan lebih jelas sehingga dapat menimbulkan kepuasan dalam hal kualitas. Tempatkan screen pada salah satu side ruangan yakni depan menghadap pintu ruangan. Dan tempatkan proyektor pada tempat strategis yang tidak mengganggu aktifitas dan mengganggu pandangan saat menonton. Akan lebih baik lagi jika proyektor diletakkan menggantung atau diletakkan pada dinding ruangan.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait