Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Sebelum Menentukan Warna Dinding Rumah Anda Sebaiknya Tahu Makna Setiap Warna


Cat adalah produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen maupun tidak berwarna. Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek, antara lain untuk menghasilkan karya seni, salutan industri, bantuan pengemudi, atau pelindung.
Sebagai pelapis dekoratif, cat dapat digunakan untuk memperindah atau mengubah penampilan suatu permukaan. Sedangkan sebagai pelapis protektir, cat dapat digunakan untuk memberikan perlindungan dari sinar ultra violet, goresan, jamur, dan faktor-faktor pelapuk lainnya.
Sebelum itu anda harus memperhatikan dan memahami berbagai macam warna yang ingin anda coba untuk di aplikasikan ke dinding rumah anda. Agar rumah anda tampak setema dan rapi. Ini adalah makna dari berbagai macam warna yang mungkin anda cari : 

Makna Warna Untuk Sebuah Rumah

  1. Warna merah mengartikan keberanian dan semangat
    Untuk urusan cat rumah, warna merah bisa dikatakan sebagai warna yang sering dihindari karena warnanya yang terlalu kontras. Tapi jangan salah, warna ini justru cocok untuk menghiasi area tertentu seperti taman, ruang belajar, maupun halaman belakang rumah. Warnanya yang terang mengisyaratkan keberanian dan penuh semangat. Jadi setiap kali memasuki ruangan berwarna merah, muncul rasa antusias tinggi yang membuat penghuninya semangat untuk mengerjaan sesuatu saat berada di ruangan ini.
  2. Warna orange menciptakan suasana penuh energi
    Mungkin warna cat rumah oren jarang diaplikasikan karena dianggap mencolok. Namun, dengan pemilihan desain ruangan, furnitur, dan dekorasi yang tepat, warna cat rumah oren ini mampu menghidupkan ruangan dan memberikan kesan unik tersendiri. Selain itu, warna cat rumah oren juga membawa suasana hangat dan semangat di dalam rumah sehingga kamu akan lebih energik.
  3. Warna kuning mengartikan keceriaan dan kebahagiaan
    Kuning merupakan warna yang kurang diminati untuk cat rumah, apalagi bila aplikasi catnya secara menyeluruh. Warnanya yang terang dinilai norak dan menyakiti indra penglihatan. Padahal kalau perpaduan warnanya tepat, warna kuning dapat memperindah tampilan luar dan dalam rumah. Mengingat kontras warna kuning itu terbagi-bagi jenisnya, lebih baik pilih yang kontrasnya paling rendah, yaitu kuning muda. Warna ini menggambarkan semangat baru dan suasana penuh kecerian, sangat pas bila diaplikasikan pada ruang favorit keluarga
  4. Warna hijau menciptakan susana sejuk
    Warna hijau juga bisa jadi referensi untuk cat dinding rumah. Warnanya tidak terlalu menyolok, tidak pula terlalu pucat, jadi pas untuk mendapatkan kesan alami layaknya tumbuh-tumbuhan di alam terbuka. Selain dinding, warna hijau juga bisa didapat dari tanaman hias yang dipajang di ruang tamu. Sentuhan warna hijau membuat rumah terkesan sangat alami. Jadi sewaktu melihatnya, mata, hati, dan pikiran terasa lebih adem. Sentuhan warna yang sangat pas sebagai dope dikala pulang kerja karena akan mengubah mood menjadi lebih baik.
  5. Warna biru menciptakan suasana tenang
    Warna lembut seperti biru juga patut dipertimbangkan, terutama bila kamu ingin rumah yang penuh ketenangan. Sentuhan warna biru membuat siapapun betah untuk berlama-lama tinggal di dalam rumah. Sebab hanya dengan melihat warnanya saja, penghuninya langsung tunduk. Warna biru sangat cocok disematkan untuk dinding kamar anak atau ruangan bermainnya. Tambahkan pula warna lain seperti pink, kuning atau orange mudah untuk dapatkan kesan full colour, tapi tidak menyakiti pandangan mata anak.
  6. Warna ungu menciptakan suasana positif
    Beberapa orang menganggap kalau ungu adalah salah satu warna yang norak dan terkesan tua. Padahal kalau diaplikasikan pada rumah, hasilnya cukup memuaskan. Ibarat kebun lavender yang lagi berbunga, seperti itulah suasana rumahmu ketika mendapat sentuhan berwarna ungu. Pilihlah warna ungu muda, lalu aplikasikan pada dinding di bagian tertentu saja. Tambahkan pula beberapa pernak pernik berwarna ungu untuk menyamakan kontras warna di dalam ruangan. Misalnya keset kaki, vas bunga, atau sofa.
  7. Warna pink menciptakan suasana cinta
    Sejak dulu, warna pink dijadikan sebagai lambang penuh cinta. Tak heran kalau beberapa orang menambahkan sentuhan warna pink untuk interior rumah, seperti bantal kursi, lukisan, alas kaki, lampu atau vas bunga. Rumah dengan model bangunan yang tidak terlalu luas sangat pas mendapat sentuhan warna pink. Agar semakin menarik, sebaiknya padukan dengan warna-warna kalem yang tidak terlalu menyilaukan mata. Sebut saja warna biru, abu misty, putih, dan kuning muda.
  8. Warna putih mengartikan kebersihan
    Warna yang sangat pas untuk tipikal orang pembersih. Jika ingin diaplikasikan, sebaiknya di bagian interior rumah saja karena bila di luar dapat merusak nilai estetika rumah. Apalagi warna ini sangat gampang kotor, bahkan terkena debu saja sudah meninggalkan bercak hitam. Aplikasi warna putih cocok untuk semua tipe rumah. Namun, akhir-akhir ini rumah bergaya minimalis banyak memakai warna ini sebagai cat dinding yang dipadukan dengan warna abu-abu dan sedikit sentuhan warna hitam.
  9. Warna pastel mengartikan kesederhanaan
    Warna pastel ini sering kaali digunakan untuk tema rumah yang sederhana tetapi modern. Agar terlihat tidak mencolok dan tidak ada terkesan dominan. Warna paster cocok untuk kamu yang ingin memimiliki tema rumah yang sederhana modern.
  10. Warna coklat mengartikan kedamaian
    Cokelat merupakan salah satu warna favorit yang biasa ditemukan pada bangunan lama, tapi tidak sedikit yang memoles warna ini pada rumahnya. Sentuhan warna cokelat otomatis mengisyaratkan kedamaian dan kedamaian, yang membuat penghuni merasa save saat berada di dalam rumah. Rumah dengan gaya Skandinavia sangat cocok disandingkan dengan warna cokelat. Rumah akan terlihat sangat homey, apalagi dengan tambahan drawer dengan warna yang sama dan tanaman hias untuk menambah efek modern.
  11. Warna abu – abu mengartikan keminimalisan
    Warna cat rumah sederhana berupa abu-abu tidak harus selalu tampil monoton atau membosankan. Pilih finishing glossy atau ada kesan kilat yang bisa berinteraksi dengan pijar lampu dan jatuhnya bayangan di dinding. Suasana kamar akan bisa berfluktuasi sepanjang hari dengan warna cat rumah sederhana keren ini. Dan cat warna abu – abu ini jika dilihat akan terkesan sederhana tapi mewah. Cat rumah warna abu dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin menerapkan gaya klasik sekaligus minimalis di dalam hunian. 
  12. Warna hitam mengartikan kedominanan
    Hitam berkonotasi dengan kecanggihan, kekuasaan, keanggunan, modernitas, dan misterius. Warna hitam juga membuat ruangan itu menjadi dominan. Mungkin ccocok untuk ruang musik atau ruang khusus menonton film.

Nah, sekarang anda sudah tahu tentang makna berbagai macam warna, selanjutnya ada bisa menentukan warna apa yang cocok dengan anda dan rumah anda. Dan juga jika anda membeli furniture pastikan warna dan model furniture setema dengan cat rumah anda.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait