Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Sebelum Membeli Selang Air. Bacalah Ini Terlebih Dahulu


Setiap rumah pasti memiliki sumber air dan tampungan air. Dari sumber air tersebut, pasti akan dialirkan menuju kamar mandi, dapur, taman, ataupun yang lain. Untuk membawa air menuju tempat tersebut, kita membutuhkan alat yang bisa mengalirkan air. Alat tersebut dapat berupa pompa air, dan pipa air. Kedua alat tersebut merupakan alat yang bisa mengalirkan air dari sumbernya ke berbagai tempat yang bersifat permanen dan sulit untuk dipindahkan. Ada juga alat untuk mengalirkan air yang bersifat fleksibel dan mudah dipindahkan. Alat tersebut disebut dengan selang air. Selang merupakan alat yang dibuat khusus untuk mengalirkan benda cair dan dibuat dari bahan yang mudah dibawa. Pemanfaatan alat ini sudah hampir semua orang mengetahuinya. Nah untuk mengetahui lebih jauh jenis-jenisnya, simak ulasan berikut.

Jenis-jenis Selang Air Yang Perlu Diketahui

Sebagaimana kita tahu, hampir setiap rumah pasti memiliki selang air. Penggunaan selang memang bermacam-macam. Mulai dari menyiram tanaman, mencuci kendaraan, dan lain-lain. Pada intinya, penggunaan selang dimanfaatkan untuk mengalirkan air dari sumber atau tampungan air menuju tempat yang sulit untuk dijamah. Pembuatan alat ini menggunakan berbagai macam bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Awalnya selang dibuat hanya dari bahan karet. Akan tetapi, semakin berkembangnya zaman, bertambahnya kebutuhan, serta majunya teknologi. Pembuatan alat ini mulai disesuaikan dengan jenis air yang mengalir, tempat yang akan dituju, serta hal-hal yang lain. Berikut beberapa jenis selang air kalau dilihat dari bahan pembuatannya :

1. Jenis Selang Karet

Karet merupakan bahan yang hampir bisa diaplikasikan dengan alat apapun, termasuk juga selang. Selang dari bahan ini bisa dibilang banyak diminati banyak orang. Hal ini dikarenakan bahannya yang kuat, awet, serta lentur. Akan tetapi, Selang dari bahan ini memiliki bobot yang berat dan harganya yang mahal. Penggunaan selang karet biasanya dimanfaatkan untuk daerah yang iklimnya sangat mudah berubah. Sehingga penggunaan selang dari bahan karet ini lebih efisien daripada bahan lainnya.

2. Jenis Selang PVC

Bisa dibilang selang PVC merupakan selang sejuta umat. Karena hampir disetiap rumah memiliki selang yang berasal dari bahan  ini. Bahan PVC merupakan bahan yang hampir sama dengan karet, akan tetapi lebih ringan dan harganya lebih murah. Selang PVC ini ada yang memiliki jenis transparan, ada juga yang berwarna. Salah satu kelebihan dari selang PVC adalah mudah dirapihkan dan ringan dibawa. Selang ini bisa dirapihkan cukup dengan digulung saja.

3. Jenis Selang Stainlis Steel

Selang yang dibuat dari bahan ini merupakan jenis yang paling kuat dibandingkan dengan selang dengan bahan yang lain. Selang dari bahan ini sering digunakan untuk mengalirkan air yang memiliki tekanan tinggi. Hal ini dikarenakan selang ini dibuat dari bahan yang sangat kuat. Meskipun sangat kuat, bahan stainlis steel merupakan bahan yang elastis dan sangat ringan. Pemanfaatan selang jenis ini bisa kita jumpai di tempat-tempat pencucian kendaraan ataupun milik para pemadam kebakaran. Selang ini memiliki warna perak dan tidak akan berkarat meskipun dialiri air dalam jangka waktu yang lama. Selang ini biasanya juga digunakan untuk mengalirkan air panas atau hangat dari water heater. Kekurangan dari selang jenis ini adalah apabila terkena  benturan dan penyok, maka harus diganti dengan yang baru.

4. Selang Vinyl

Hampir sama dengan selang dari bahan PVC, selang ini merupakan jenis selang yang paling murah harganya. Selang ini juga sangat sering digunakan pada setiap rumah. Harganya yang murah serta ringan membuat selang jenis ini menjadi pilihan sebagian besar orang. Meskipun tidak sekuat bahan karet, selang ini bisa dibilang cukup kuat dan awet untuk penggunaan yang tidak terlalu sering. Ketahanlamaan selang dari bahan vinyl ini bergantung pada perawatan serta penggunaannya.

Itulah berbagai macam jenis selang air dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuatnya. Memiliki selang merupakan kebutuhan yang bisa dibilang wajib bagi setiap rumah. Hal ini dikarenakan setiap rumah pasti membutuhkan alat untuk bisa mengalirkan air secara fleksibel dan mudah digunakan. Untuk itu, Anda perlu teliti ketika akan membeli selang air. 

4 Cara Memilih Selang Air 

Dalam hal memilih selang, Anda tidak serta merta memilih yang menarik kemudian langsung membelinya bukan? Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk dipertimbangkan. Karena kalau Anda hanya asal memilih saja, bisa saja selang yang Anda beli tidak terlalu berguna dan mudah rusak. Oleh sebab itu, berikut cara memilih selang sesuai dengan kebutuhan:

1. Perhatikan Kebutuhan Anda

Setelah Anda tahu jenis-jenis selang air, Anda pastinya sudah tahu fungsi khusus dari selang-selang tersebut. Hal pertama yang dilakukan untuk memilih selang adalah memperhatikan kebutuhan Anda. Pastikan juga seberapa panjang ukuran selang yang dibutuhkan. Hal yang terpenting adalah memiliki uang yang cukup untuk membeli selang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Perhatikan Ukuran Selang

Seperti sebelumnya, pastikan dahulu seberapa panjang selang yang Anda butuhkan. Ukurlah terlebih dahulu panjang yang dibutuhkan dari sumber air menuju tempat yang Anda inginkan. Perhatikan juga ukuran lubang selang. Ukuran lubang selang memiliki bermacam-macam ukuran, yaitu seperempat inci, lima per delapan inci, sampai 1 atau 3 inci. Pastikan juga ukuran lubang sesuai dengan ukuran pipa atau kran yang Anda miliki. 

3. Perhatiakan Bahan Yang Digunakan

Berdasarkan bahannya, selang dibagi menjadi empat macam. Pastikan dahulu bahan apa yang Anda pilih. Bahan PVC serta vinyl biasanya dipilih untuk kebutuhan sederhana dan sangat sering digunakan. Bahan karet biasanya digunakan untuk kebutuhan yang membutuhkan kefleksibelitasan dan untuk menjamah medan yang sulit. Sedangkan untuk bahan stainlis steel biasanya digunakan untuk mengalirkan air dengan jarak yang tidak terlalu panjang. 

4. Penambahan Aksesoris Yang Cocok

Sering kita temui selang air yang tidak sesuai dengan ukuran pipa atau kran yang kita punya. Untul menyiasati itu, ada alat yang bisa membuat selang bisa tersambung dengan pipa atau kran meskipun ukurannya tidak sesuai. Belilah adapter penyambung selang dengan pipa atau kran. Belilah juga alat panambah tekanan air pada selang apabila tekanan air yang dikeluarkan selang dirasa kurang tinggi. Anda juga bisa membuat atau membeli alat penggulung selang. Alat ini akan membuat selang Anda lebih rapih, lebih tahan lama, serta mudah untuk digunakan.

Demikianlan informasi mengenai selang air mulai dari jenis-jenisnya, sampai dengan  tips untuk memilihnya. Selang biasanya dijual di toko-toko bangunan ataupun toko alat rumah tangga. Anda juga bisa membeli selang di toko online. Harga dari selang biasanya bervariasi bergantung ukuran, panjang, serta bahan yang digunakan. Belilah selang yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Memiliki selang sendiri akan mempermudah Anda ketika membutuhkannya. Jangan lupa sebelum menyimpan selang, kosongkan air yang berada didalam selang terlebih dahulu apabila Anda tidak terlalu sering menggunakannya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait