Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Saham Properti Atau Saham Invest Lebih Untung Mana


Sobat OnList harus teliti. Kalimat ini merupakan sebuah pertanyaan yang bagus karena membandingkan dua variable berbeda antara properti dan investasi. Pada dasarnya kedua hal tersebut merupakan tabungan jangka panjang yang tidak berbentuk uang. Namun hasilnya dipercaya dapat melebihi tabungan konvensional berupa uang. Bahkan ketika ada inflasi saham menjadi sebuah benteng penahan yang baik agar tidak jatuh kepada kerugian yang lebih besar. Saham properti sendiri dapat diartikan sebuah simpanan pada sebuah perusahaan atau jasa yang bergerak di bidang properti seperti bangunan atau tempat usaha. Sedangkan invest dapat diartikan sebuah simpanan non-money dengan memilih perusahaan yang bergerak pada jasa penyimpanan. Meski terkesan sama, namun saham properti atau saham invest memang memiliki tingkat keuntungan berbeda sesuai waktu dan peluang yang ada, sehingga perlu ketelitian untuk memilih diantara kedua saham tersebut.

Saham Properti Atau Saham Invest Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Saham sendiri merupakan sebuah tabungan yang melibatkan investor dengan pihak perusahaan yang kinerjanya ada di bursa efek dan ketentuannya diatur oleh pihak pemerintah. Sedangkan bentuknya bisa berupa investasi maupun properti. Antara kedua hal tersebut tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Tergantung dari mana sudut pandang seorang investor. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa ulasan berikut terkait keuntungan maupun kekurangan dari properti dan investasi.

1. Kelebihan Saham Investasi

Menggunakan saham investasi sama halnya Anda membangun sebuah perusahaan tanpa harus menjalankannya. Dengan cara menabung atau berinvestasi dalam jumlah tertentu berarti telah memiliki sebagian dari sebuah perusahaan. Kelebihan ini sekarang lebih mudah karena dapat dilihat secara online. Karena basis sistem yang dibangun lebih mengutamakan arus tabungan pada perusahaan pilihan sehingga ketika harga tinggi keuntungannya juga ikut naik.

2. Kekurangan Saham Investasi

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri seorang investor harus lebih teliti untuk menganalisa pasar modal. Hal ini dilakukan untuk semua aspek waktu baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apabila analisis yang digunakan salah maka jangan kaget karena tingkat kerugiannya tinggi dan begitu pula sebaliknya. Intinya pemain harus selalu mengikuti perkembangan efek secara rutin.

3. Kelebihan Saham Properti

Jika diminta membandingkan antara saham properti atau saham invest, sebenarnya lebih menuju kepada saham properti karena wujud saham tersebut lebih nyata. Investor dapat melihat langsung properti yang mereka miliki. Selain itu pihak perusahaan secara jelas menggambarkan seluruh aset yang dimiliki lengkap dengan harga saham. Juga properti juga tidak akan mengalami penurunan harga meski dalam kondisi inflasi sekalipun. Sehingga selalu menguntungkan siapa saja yang memiliki saham di dalamnya meski hanya beberapa persen saja.

4. Kekurangan Saham Properti

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri yaitu terletak pada harga saham tersebut. Jika Anda lebih memilih saham properti maka cenderung lebih mahal dan ada tarif minimal. Artinya disesuaikan dengan harga yang sedang berlaku saat itu. Kekurangan lainnya ada pada barangnya. Kita tahu bahwa properti seperti tanah atau bangunan bersifat un-likuid. Sehingga Anda tidak bisa langsung, menjualnya ketika butuh uang. Anda hanya bisa menyewakannya untuk fungsi tertentu saja.

Nah, ketika ada pertanyaan terkait saham properti atau saham invest; mana yang lebih menguntungkan? Jawabannya tentu dikembalikan pada kondisi finansial Anda saat ini. Keduanya sama-sama memiliki tingkat resiko tertentu. Supaya pilihan Anda tepat, selalu konsultasikan langsung dengan ahlinya ya!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait