Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Rumah Joglo Modern, Rumah Tradisional Dengan Mengusung Konsep Hunian Masa Kini


Bangunan rumah adalah cerminan karakter dari penghuninya. Sebagian orang menginginkan konsep modern untuk huniannya, namun tak sedikit juga yang masih ingin mempertahankan konsep tradisional. Jika Anda penyuka bangunan tropis tradisional dan ingin mempertahankan konsep tradisional namun tidak ingin tertinggal zaman, Anda bisa menggabungkan kedua konsep tersebut. Salah satunya, Anda dapat mengusung konsep Rumah Joglo modern dengan menjadikan rumah Joglo yang terkenal sebagai rumah tradisional dengan desain masa kini. Meskipun merupakan rumah adat yang sudah lampau dan tradisional, ternyata rumah khas Jawa ini masih tetap digandrungi untuk dijadikan hunian atau bangunan komersial. Lantas, seperti apa bangunanannya?

1. Adaptasi Salah Satu Fitur

Rumah Joglo adalah rumah adat Jawa. Dalam layout aslinya, rumah tipe ini terdiri dari beberapa bagian, masing-masing memiliki fungsi dan filosofi Jawa yang kompleks. Pembangunan dalam bentuk orisinalnya memerlukan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu perlu membuat adaptasi rumah joglo dengan mengusung desain rumah joglo modern yang lebih simpel namun tetap kental dengan karakter joglonya. Jika rumah joglo klasik setidaknya memiliki 7 fitur terpisah. Rumah Joglo modern saat ini umumnya hanya mengambil salah satu fiturnya, yaitu bagian pendapa. Fungsi asli pendapa ini adalah tempat untuk menerima tamu resmi dengan ketiga sisi terbuka . Tempat ini juga sebagai ruang multiguna, misalnya sebagai ruang pertemuan, pagelaran seni, dan lainnya. Dalam konsep masa kini, pendapa Rumah Joglo dapat ditambahkan fitur modern, seperti menambahkan dinding pada keempat sisinya. Sebagai contoh, dinding bata ekspos akan menambah keanggunannya. Sementara dinding kayu akan memberinya kesan alami. Di lain pihak dinding kaca membuatnya muda dan kontemporer. Anda dapat memadukan lantai marmer atau batu alam dengan pendapa Anda.

2. Adaptasi 3 Bangunan Utama

Desain Rumah Joglo modern juga umum mengadaptasi tiga bangunan utama joglo, yaitu pendapa, pringgitan dan emperan, serta dalem. Pringgitan dan emperan adalah ruang transisi antara pendapa dan dalem. Dalam acara-acara tertentu pringgitan digunakan untuk mementaskan wayang. Pringgitan memiliki atap limasan. Emperan merupakan teras. Sementara itu, dalem adalah rumah utama. Seperti pendapa, dalem juga dapat beratap joglo, ada pula yang berbentuk limasan. Berbeda dari joglo yang sisi-sisinya terbuka, dalem memiliki dinding kayu. Dari pintu masuk hingga bagian dalamnya, bagi joglo kelas atas, bagian ini penuh dengan ukiran rumit yang indah. Untuk model Rumah Joglo modern klasik, ketiga fitur seperti pendapa, emperan-pringgitan, serta dalem umumnya sudah sangat mewakili orisinalitas suatu joglo. Untuk memberi sentuhan masa kini, Anda dapat menambahkan fasilitas modern pada sisi interiornya. Senthong yang merupakan salah satu bagian dari dalem dapat difungsikan sebagai ruang tidur atau pun dapur modern. Sementara itu, di bagian luar, di bagian belakang atau samping dalem, kolam renang pribadi dan area bermain dapat menegaskan kesan modern rumah joglo.

3. Menggunakan Material Modern

Rumah Joglo modern hadir dengan menggunakan bahan semen dan desain yang lebih kekinian. Namun, tetap menggunakan konsep dan desain penempatan genteng seperti Rumah Joglo tradisional. Jadi genteng Rumah Joglo bisa menjadi salah satu simbol  unik dan tidak tergantikan. Karena desain penataan genteng Rumah Joglo sangat berbeda dengan rumah adat lainnya. Rumah modern dengan menggunakan desain genteng Rumah Joglo menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih ketika Anda hendak membangun rumah idaman. Rumah modern yang tetap menjunjung konsep adat ini diharapkan akan menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap rumah adatnya. Sehingga rumah adat tetap menjadi salah satu warisan budaya yang tetap lestari dan dapat dengan mudah ditemukan. Bagi Anda yang tertarik dengan konsep Rumah Joglo modern ini, Anda dapat menjadikannya sebagai inspirasi dan sumber utama dalam merealisasikan rumah adat impian.

4. Sentuhan Cat Warna Putih

Gaya oriental dari rumah joglo tradisional mengusung dominasi warna cokelat. Namun, Anda dapat menambahkan sentuhan lain yaitu dengan mengecat dinding dan atap Rumah Joglo dengan warna putih. Dengan demikian, kesan unik akan dirasakan sewaktu pertama kali melihat Rumah Joglo modern. Anda juga dapat mengecat bingkai jendela dan daun pintu berwarna hijau tosca sehingga memberikan kesan nyentrik dan dinamis. Rumah Joglo modern dengan nuansa putih ini juga dapat dilengkapi dengan kolam renang dan model taman minimalis. Anda dapat mendekorasi dinding pembatas area menggunakan material dinding roster warna putih sehingga sangat mencuri perhatian.

5. Desain Atap Terbuka

Model atap Rumah Joglo sangatlah khas. Namun, Anda dapat memodifikasinya menjadi desain atap terbuka, seperti penggunaan kaca fiber pada atap yang dipadukan dengan material kayu. Selain itu, desain Rumah Joglo modern ini pun sangat menarik karena telah mendapatkan berbagai sentuhan kekinian seperti penggunaan roster beton, keberadaan taman minimalis, serta area atap terbuka yang tampak sangat manis saat dilihat dari bagian luar.

6. Mengusung Konsep Minimalis

Model Rumah Joglo modern minimalis yang satu ini memiliki atap yang sepenuhnya mengusung gaya tradisional. Namun, bagian tubuh Rumah Joglo modern ini mengadopsi gaya minimalis melalui penggunaan material kayu yang nyaris tidak dilengkapi ornamen rumit sehingga tampilannya sangat sederhana dan menawan. Rumah Joglo modern ini juga dilengkapi dengan banyak bukaan kaca berukuran besar pada bagian pintu atau jendela untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya alami yang masuk sehingga penghuni rumah pun dapat hidup lebih sehat. Jika tidak ingin privasi Anda terganggu, Anda bisa tambahkan tirai atau gorden pada bagian jendela atau pintu kaca tersebut. Bagian belakang Rumah Joglo modern ini juga turut dilengkapi kolam renang unik dengan bentuk huruf L dan area taman belakang yang juga mengadopsi konsep minimalis. 

Nah, untuk Anda yang sudah memiliki Rumah Joglo, jangan lupa untuk selalu rajin merawat dan membersihkannya. Karena Rumah Joglo juga harus dirawat setiap saat, agar keberadaannya memberikan kenyamanan untuk Anda semua. Enam inspirasi Rumah Joglo modern di atas bisa Anda adopsi untuk menciptakan hunian modern yang unik tanpa meninggalkan kearifan lokal. Buat Anda yang ingin memadukan kesan tradisional dan modern pada rumah, tak ada salahnya untuk mengadopsi salah satu desain rumah joglo modern di atas. Anda dapat membangun konsep Rumah Joglo tersebut dari awal atau Anda dapat merenovasi rumah, semua tergantung budget Anda. Jika Anda belum memiliki tanah ataupun rumah, namun Anda sangat ingin sekali mengadopsi konsep Rumah Joglo modern tersebut, Anda tidak perlu risau, karena sekarang telah hadir https://onlist.id/, solusi untuk menemukan The One and Only Home untuk Anda yang sedang mencari hunian impian. Telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda mencari hunian berdasarkan lokasi, tipe dan luas rumah, serta fasilitas hunian, mudah bukan?. Jadi tunggu apalagi nih, segera wujudkan hunian impian Anda dan konsep Rumah Joglo modern bersama OnList!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait