Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Punya Barang Banyak Tapi Ruangan Sempit? Ini Dia Tipsnya Agar Rumah Anda Terlihat Lebih Rapi


Bagi Anda yang memiliki luas rumah terbatas, pasti membutuhkan banyak sekali penghematan ruang. Seringkali penambahan lemari untuk media penyimpanan barang seperti buku, majalah atau dokumen kerja yang cukup banyak, membuat rumah menjadi sempit dan tidak leluasa. Oleh karena itu diperlukan berbagai cara kreatif agar rumah yang sempit bisa tetap terlihat luas dan tidak membatasi pergerakan Anda dalam rumah.

Berikut ini tips untuk Anda untuk menyimpang barang di ruang terbatas:

1. Gunakan Gantungan Berkantong 

Pemanfaatan pintu dengan memberikan sekat gantungan akan sangat praktis. Kategorikan penggunaan gantungan berkantong untuk jenis barang tertentu sesuai dengan lokasi penggunaannya agar memudahkan Anda saat membutuhkan dan mengembalikan.

2. Manfaatkan Kolong Kasur Untuk Penyimpanan

Seringkali kolong kasur dibiarkan kosong hingga berdebu. Padahal, area kolong kasur bisa dijadikan tempat menyimpan banyak barang di ruang terbatas. Jika memungkinkan untuk memiliki jenis kasur yang sudah memiliki rak di bagian bawahnya maka akan lebih baik. Namun, kalau memang ingin mempertahankan kasur yang sudah ada, Anda bisa gunakan kotak penyimpanan yang sesuai dengan ketinggian kolong dan mudah untuk ditarik dan dimasukkan.

3. Alat Masak Digantung

Pemanfaatan area dinding bisa sangat membantu Anda untuk menyimpan banyak barang di ruang terbatas. Peralatan dapur biasanya cukup banyak, berukuran besar, dan tidak bisa dilipat sehingga memakan ruang yang cukup banyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan gantungan untuk menggantung beberapa jenis peralatan masak, seperti spatula, pengocok telur, sendok sayur, penggorengan, dan sebagainya.

4. Simpan Dokumen Di Box

Surat-surat berharga atau catatan penting seringkali menjadi hal yang membuat ruangan terlihat tidak rapi walaupun sudah dibersihkan berkali-kali. Walaupun hanya kertas, tapi sangat mengganggu estetika ruangan apabila tidak disimpan secara baik. Yang perlu Anda lakukan adalah gunakan box untuk menyimpan kertas-kertas tersebut. Selain merapikan tumpukan kertas, cara ini juga akan memudahkan Anda dalam mencari lembaran kertas tersebut. Cara ini akan cukup membantu dalam hal menyimpan banyak barang di ruang terbatas.

5. Furnitur Multifungsi

Di zaman saat ini, inovasi berkembang dengan sangat cepat. Seolah tidak ada batasan dalam mengembangkan kreativitas. Berbagai furnitur saat ini juga cukup inovatif dalam mengatasi permasalahan masyarakat modern yang ingin menyimpan banyak barang di ruang terbatas. Pilih furnitur yang bisa multifungsi. Tidak hanya bisa sebagai tempat duduk tapi juga sebagai tempat penyimpanan barang.

6. Pilih Penyekat Ruang 

Jika Anda perlu memberikan pembatas pada ruangan tertentu, pilih pembatas ruang yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa barang ataupun rak. Hal ini dapat membantu dalam menyimpan banyak barang di ruang terbatas. Pemanfaatan area yang jarang dijadikan pilihan untuk menyimpan barang bisa membantu Anda dalam menata barang agar ruang yang ada menjadi lebih lega dan terasa luas. Penggunaan furnitur secara vertikal juga akan lebih menghemat penggunaan ruang.

Semoga cara ini membantu Anda untuk menata ulang ruang di rumah agar lebih lega ya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait