Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Pilih Lantai Kayu Atau Lantai Parket? Mana Yang Lebih Untung?


Lantai merupakan elemen penting dalam sebuah hunian. Umumnya masyarakat di Indonesia menggunakan keramik sebagai pilihan utama karena lebih mudah diperoleh dan ragam jenisnya sangat variatif. Ada juga lantai kayu dan lantai parket. Keduanya memiliki daya tarik dan kelebihannya sendiri. Kayu mampu memberikan kesan hangat, sekaligus suasana elegan pada interior rumah Anda. Tak heran jika semakin banyak orang memilih lantai jenis ini untuk diaplikasikan pada hunian mereka. Bagi Anda yang memilih kayu untuk lantai rumah, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu jenisnya. Lantai kayu dan lantai parket merupakan lantai yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Keduanya merupakan kumpulan kepingan kayu yang mempunyai profil di sisi-sisinya yang saling mengunci satu sama lain, dan saat diaplikasikan diperkuat menggunakan paku tembak. Kayu yang dimaksud bisa berupa kayu original atau kepingan kayu yang sudah di press sedemikian rupa dan diaplikasikan di atas lantai konkret, bisa diterapkan di interior maupun eksterior. Lantai jenis ini umumnya banyak disarankan para pelaku desain interior kepada para pemilik rumah karena mampu menciptakan kesan mewah dalam ruangan yang biasanya diterapkan di vila, hotel, residential atau bahkan beberapa di perkantoran.

Apa Itu Lantai Kayu?

Lantai kayu memang sangat diminati seperti halnya lantai parket. Lantai kayu merupakan kepingan kayu yang dipress menjadi kepingan lantai konkret. Pemasangan lantai kayu sedikit lebih rumit. Lantai kayu merupakan kepingan kayu utuh yang dipasang satu sama lain menggunakan sekrup.

Apa Itu Lantai Parket?

Sedikit berbeda dengan lantai kayu, lantai parket merupakan kepingan kayu yang dipress tetapi memiliki profil di semua sisinya untuk saling terkunci, dan saat diaplikasikan juga menggunakan paku tembak sebagai penguat tambahan. Terdapat dua jenis lantai parket, yaitu lantai parket solid dan parket laminate.

Perbedaan Lantai Kayu Dan Parket

Sebelum memutuskan sesuatu, pastinya Anda perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu dengan mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan lantai kayu dan parket yang akan digunakan. Berikut ini beberapa perbedaannya: 

1. Pada Segi Pembuatan

Meskipun lantai kayu dan lantai parket sama-sama terbuat dari kayu. Sebetulnya keduanya memiliki perbedaan dari segi pembuatannya. Lantai kayu terbuat dari kepingan kayu yang telah melalui proses pengepresan yang dibentuk dengan ukuran tertentu. Sedangkan lantai parket dibuat dari kepingan kayu yang melewati proses pengepresan dan didesain memiliki profil pada di bagian sisinya.

2. Proses Instalasi

Lantai kayu berbentuk kepingan kayu utuh di mana proses pemasangannya dengan disusun satu sama lain dan menggunakan sekrup sebagai penguncinya. Sedangkan lantai parket memiliki desain profil di bagian sisinya yang berguna untuk mengunci satu sama lain agar susunannya tidak goyah akan diperkuat dengan menggunakan paku tembak.

3. Memiliki Jenis-Jenis Yang Berbeda

Baik lantai kayu maupun parket juga punya jenis yang berbeda-beda. Lantai kayu memiliki tiga jenis yaitu finishing hardwood floor, unfinished hardwood floor, dan kayu laminate. Sedangkan lantai parket memiliki dua jenis yaitu lantai parket solid dan lantai parket engineered. 

Kelebihan Lantai Kayu Dan Parket

Lantai kayu memiliki kelebihan mudah dijumpai di toko-toko bangunan, proses pemasangan yang lebih mudah, dan memiliki bahan yang lebih tebal dan tahan lama. Sedangkan lantai parket jenis solid memiliki kelebihan lebih keras dan kokoh, dapat dipoles berulang-ulang dan untuk jenis engineered memiliki kelebihan harga yang lebih murah, tidak mudah memuai dan menyusut.

Kekurangan Lantai Kayu Dan Parket

Lantai kayu memiliki kekurangan yang cenderung dibanderol lebih mahal dibandingkan lantai jenis parket, mudah memuai jika terkena suhu yang terlalu panas, harus dilapisi dengan cat supaya permukaannya lebih halus agar tidak membahayakan penghuni rumah. Sedangkan untuk lantai parket solid memiliki kekurangan tidak dapat digunakan pada tempat atau ruangan lembap seperti pada gudang, ruang bawah tanah dan lain-lain. Selain itu juga mudah rusak jika terkena air terlalu lama. Pada lantai parket engineered memiliki kekurangan tidak dapat dibongkar ulang, kurang tahan lama dan mudah terkelupas, dan juga tidak dapat digunakan pada tempat-tempat bersuhu lembap.

Perawatan Lantai Kayu Dan Lantai Parket

Untuk menjaga lantai kayu dan lantai parket terjaga dengan baik dan tahan lama, ada beberapa cara sekaligus tips untuk merawatnya, diantaranya:

1. Menjaga Kelembapan Lantai

Meski memiliki ketahanan terhadap air bukan berarti lantai kayu maupun parket kebal terhadap air. Ada baiknya melakukan tindakan pencegahan. Bila terkena air, segera keringkan. Air yang meresap ke dalam lantai berpotensi menjadikannya bengkak atau rusak.

2. Minim Zat Kimiawi, Ramah Lingkungan

Untuk mencegah kerusakan pada coating atau lapisan terluar dari lantai, gunakan bahan pengepel ramah lingkungan. Ini semata-mata dilakukan untuk menghindari efek dari penggunaan bahan kimia dengan kandungan tertentu yang perlahan namun pasti dapat merusak lapisan kayu.

3. Proteksi Perabot

Sementara untuk meminimalisir kerusakan atau cacat akibat goresan ataupun beban furniture tertentu di atas lantai, seperti meja kursi, almari, dll, berikan alas khusus untuk melindunginya.

4. Mengangkat Bukan Menyeret

Pindahkan barang-barang berat seperti almari, tempat tidur, buffet, dll dengan cara diangkat bukan diseret untuk menghindari baret atau cacat pada lantai akibat goresan.  Atau beri alas sewaktu hendak memindahkannya.

5. Mesin Ccrubber

Meski masih terdengar jarang di Indonesia, namun salah satu cara untuk merawat lantai kayu dan parket Anda adalah dengan menggunakan mesin ini. Cara kerja mesin akan menyemprotkan cairan, kemudian akan muncul sikat-sikat halus yang langsung membersihkan permukaan lantai kayu ataupun lantai parket.

6. Coating Baru

Bila lapisan luar lantai kayu/parket Anda tampak telah memudar, Anda bisa memperbaharui atau mengganti warnanya dengan yang baru. Caranya dengan menggunakan mesin khusus yang akan berfungsi menghilangkan lapisan luar kemudian mengganti dan memasang coating baru. Tentu ini akan sangat membantu Anda yang ingin menghadirkan suasana baru di rumah.

Estimasi Harga

Meski mungkin Anda merasa mampu untuk melakukan instalasi lantai sendiri, akan lebih baik menggunakan jasa yang ahli di bidangnya. Anda bukan hanya mendapatkan hasil yang baik namun juga bisa berkonsultasi perihal material, teknis atau bahkan hal lainnya terkait instalasi lantai kayu. Sementara itu, biaya supply dan instalasi lantai parket berbahan kayu solid sangat variatif tergantung jenis kayu dan juga tingkat kesulitan pemasangan.  Estimasi harga di pasaran mulai dari 500 – 700 ribu rupiah per meter persegi. Untuk harga tersebut biasanya kayu yang digunakan adalah jenis meranti, damar laut atau jati. Sedangkan untuk kayu berbahan sintetis atau laminated harganya jauh lebih ekonomis berkisar 200 – 300 ribu per meter persegi. Mana Yang Lebih Andai Sukai, Lantai Kayu Atau Lantai Parket?

Anda sedang mencari rumah? Memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda mendapatkan rumah idaman Anda, https://onlist.id hadir dengan cara mudah hanya dengan genggaman tangan. Cari rumah idaman bersama keluarga? Ya di OnList aja!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait