Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Perhatikan Tips Membeli Rumah Bekas, Murah Dan Masih Bagus


Dalam membeli rumah bekas itu susah-susah gampang. Membeli rumah bekas tentu lebih murah, namun bisa jadi lebih mahal. Karena barang properti semakin kesini semakin naik. Namun, banyak hal yang bisa Anda peroleh dengan membeli rumah bekas loh. Sebelum membahas manfaatnya, ada beberapa strategi khusus agar tidak salah dalam memilih untuk membeli rumah bekas. Yuk simak tips membeli rumah bekas yang masih bagus dan tentunya dengan harga terjangkau. 

Tips Membeli Rumah Bekas Murah Dan Masih Bagus

Untuk beli rumah bekas, jika Anda tepat maka bisa jadi lebih menguntungkan dari pada membeli rumah yang masih baru. Mayoritas, rumah bekas ini dipilih karena memang budget si pembeli minim. Namun, tak ada salahnya jika membeli rumah bekas untuk bisa menjadikannya sebagai tempat singgah. 
Dalam menentukan pilihan rumah mana yang akan Anda beli, selain dari segi hoki Anda juga harus teliti. Banyak hal yang mesti Anda pertimbangkan sebab Anda tidak punya banyak pilihan. Alias rumah yang Anda tempati ya sudah jadi tersebut. Tidak bisa sesuai dengan desain yang Anda harapkan. Tapi tenang, Anda tetap bisa merenovasinya di lain waktu. Agar nantinya Anda tidak menyesali pilihan tersebut, maka simak ulasan berikut ini terkait tips membeli rumah bekas murah dan masih bagus.

1. Tips Membeli Rumah Bekas Yang Pertama Adalah Melihat Langsung Lokasi

Membeli rumah tidak semudah membeli barang online seperti baju, atau yang lainnya. Karena harganya cukup mahal dan tidak semua orang mampu, maka Anda harus berhati-hati sekali agar tidak menyesalinya di akhir. Tips membeli rumah bekas yang pertama adalah dengan melihat lokasi secara langsung. Disitu Anda bisa melihat dan mengecek seperti apa detail rumah yang hendak di beli. Apakah sesuai dengan budged dan kriteria yang Anda harapkan atau tidak.
Karena era digital sudah menjadi tren, bahkan beli rumah juga bisa dilakukan lewat internet. Nah banyak situs yang melayani jual beli rumah yang tentunya lebih memudahkan Anda. Tipsnya kalau beli lewat online Anda juga harus tetap mengecek lokasi. Biasanya si perantara akan mengarahkan atau membuatkan janji antara Anda dengan pihak penjual. Sehingga kalian bisa saling bertemu. 

2. Pilih Perantara Yang Tepat

Kadang membeli rumah memang tidak langsung ke penjualnya, ada perantara atau brokernya. Broker tersebut bisa dari perorangan juga bisa dari perusahaan yang memang bergerak di bidang properti tersebut. Namun menurut kami lebih baik Anda memilih perantara dari suatu lembaga yang sudah jelas. Kalau perusahaan tentu sudah profesional dan resiko penipuan minim, apalagi perusahaan tersebut sudah dikenal banyak orang.
Namun, tetap saja Anda bisa menggunakan perantara lewat perorangan. Asalkan orang tersebut adalah tepat. Atau mungkin orang tersebut sudah Anda kenal baik dan memang pekerjaannya di bidang properti. Jadi, pastikan saja siapapun perantaranya adalah yang tepat. Ini juga akan mengurangi resiko kecewa di akhir. 

3. Periksa Kondisi Fisik Rumah

Tips membeli rumah bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi fisik. Karena rumah adalah tempat kita berlindung, jadi pastikan kondisi fisik rumah bekas Anda layak dan kokoh untuk Anda huni. Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian-bagian rumah. Alangkah lebih baik dengan menggunakan chekclist terkait apa saja yang perlu Anda cek. Karena ya tidak bisa dilakukan sekilas saja. Karena pandangan bisa saja menipu. 
Seperti kondisi struktur rumah, kondisi dinding, kualitas lantai, jendela, pintu, atap, listrik, air, kondisi drainase dan sebagainya. Semua itu harus Anda cek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, apakah masih layak atau tidak. Periksa juga kondisi ruangan-ruangan apakah layak dan sesuai dengan harapan Anda. Nah, jika Anda kurang memahami halal seperti yang disebut tersebut, maka bisa mengajak pakar saat survei. Misalnya mengajak kontraktor atau orang yang lebih memahami terkait hal tersebut yang Anda kenal baik.

4. Cek Lokasi Di Sekitar Rumah Yang Anda Beli

Nah, hal ini penting sekali terlebih bagi Anda yang hendak membeli rumah tidak hanya sebagai hunian. Misalnya Anda ingin membuka bisnis di rumah tersebut atau ingin menginvestasikan rumah itu untuk jangka panjang. Agar semakin menguntungkan, prospek lingkungan sekitar juga harus Anda pahami. Misal beli rumah bekas di wilayah yang memang merupakan wilayah berpotensi. Seperti dekat dengan pusat kota, atau tempat lalu lalang orang. Seperti dekat rumah sakit, bandara, stasiun, hingga dekat dengan tempat wisata. Bisa juga dekat dengan pusat bisnis dan pusat pendidikan. Ini akan lebih menguntungkan. Namun pastikan juga saat membelinya dana yang Anda targetkan cukup. Sebab biasanya rumah yang punya potensi seperti ini harganya sedikit lebih mahal dari lainnya.

5. Cek Dokumen Kelengkapan Rumah

Salah satu bukti kepemilikan rumah yang sah adalah dari dokumen kelengkapannya. Pastikan untuk melakukan pengecekan pada dokumen-dokumen rumah tersebut. Apakah benar-benar rumah milik si penjual atau bukan. Apakah rumah tersebut rumah warisan dan sudah pas pemiliknya atau belum. Untuk melakukan hal ini Anda bisa memasrahkannya ke seseorang yang berkompeten di bidang ini. Biasanya perusahaan perantara atau broker akan memberikan pelayanan hingga ke bagian ini. Jadi, jika tidak ingin bekerja dua kali, Anda bisa menggunakan layanan jasa perusahaan di bidang properti yang bisa melayani perantara jual beli rumah. Hal ini sangat penting sekali, jangan sampai terjadi masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari nanti. 

6. Cek Harga

Lakukan pengecekan harga rumah tersebut. Apakah rumah dengan harga sekian termasuk tepat atau malah terlalu mahal. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mengecek di beberapa lokasi rumah sekitar. Berapa harga tanah kira-kira dan hunian di daerah itu. Ini bisa jadi pertimbangan untuk Anda agar tidak salah pilih dalam membeli rumah bekas. Meski demikian harga properti terus mengalami kenaikan semakin berjalannya waktu. Jadi selain sebagai hunian yang Anda tempati pastikan properti yang Anda miliki juga bernilai bahkan untuk ke depannya. 

7. Pilih Notaris Terpercaya

Tips membeli rumah bekas yang terakhir menurut kami adalah dengan memilih notaris yang terpercaya. Hal ini bisa Anda lakukan saat Anda membeli rumah langsung ke pemilik tanpa perantara perusahaan. Atau lewat broker perorangan juga bisa Anda mencari notaris profesional. Ini adalah kunci Anda dalam keberhasilan memiliki rumah tersebut. Jika notaris yang Anda pilih tidak tepat maka bisa saja banyak masalah yang timbul nantinya. Oleh sebab itu, usahakan memilih notaris yang pas. 

Demikianlah beberapa tips membeli rumah bekas dari kami. Jika Anda menginginkan membeli rumah dengan aman dan nyaman bisa mencoba membelinya lewat situs https://onlist.id/. Situs aman dan terpercaya yang melayani jual beli properti dan sewa menyewa di berbagai wilayah Indonesia.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait