Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Perencaan Pembangunan IKN Dan Efek Stabilitas Harga Properti Di Sekitarnya


Pemerataan pembangunan di Indonesia merupakan salah satu strategi dari Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). IKN juga dirasa akan membantu kondisi Pulau Jawa atau Jakarta yang mengalami tekanan yang sangat besar terhadap daya dukung lingkungan yang harus dijaga sustainabilitasnya. Pemerataan pembangunan juga sudah dilakukan oleh pemerintah selama ini seperti pembangunan Tol di Sumatera, jalan kereta di Sulawesi, jalan dan jembatan di Papua, pembangunan pelabuhan dan airport di berbagai bagian Indonesia. Ide pemindahan ibu kota negara sudah muncul dari beberapa presiden sebelumnya, seperti yang pernah disampaikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Bapak Soekarno, jadi perencanaan pembangunan IKN ini bukan tanpa adanya sebab. Indonesia Ir. Joko Widodo menyampaikan informasi ibu kota Indonesia yang akan dipindahkan. Lokasi yang dipilih yaitu di luar pulau jawa, lebih tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur. dimana wilayah yang mencakup sebagian besar wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Alasan memilih wilayah ini merupakan hasil kajian yang dilakukan oleh Bappenas yaitu karena kecilnya resiko bencana alam, lokasinya berada di tengah-tengah Indonesia, lokasi dekat kota Balikpapan dan Samarinda yang sudah berkembang, lahan yang telah dimiliki pemerintah, serta penduduk heterogen dari berbagai suku yang memiliki risiko kecil terhadap terjadinya konflik antar suku. Tepat pada bulan Januari tahun 2022, pemerintah mengumumkan ”Nusantara” sebagai nama ibukota baru Republik Indonesia. Kemudian Undang-Undang nomor 3 tentang Ibu Kota Negara (UU-IKN) disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Harga Tanah Sekitar Wilayah IKN 

Dengan adanya pemindahan ibu kota negara ini diharapkan akan memulai pusat perkembangan ekonomi yang baru. Hal ini bisa dilihat sudah sudah banyak pengembang properti yang mengamati perkembangan IKN. Hal tersebut dapat menjadikan peluang keuntungan melihat migrasi yang akan terjadi. Namun karena IKN masih belum selesai pembangunannya, maka pada tahun 2023 ini jawa masih menjadi magnet menarik untuk bisnis properti untuk saat ini di mata pembeli. Hal itu dikarenakan saat ini para konsumen masih tetap memilih untuk membeli properti di perkotaan, bukan properti di pedesaan. Oleh karena itu, pengembang lebih baik untuk menghindari membangun perumahan di pedesaan jika untuk tujuan komersil. Karena faktor pendukung pemilihan properti oleh konsumen antara lain adalah harga hingga aksesibilitas yang memadai seperti kecukupan daerah yang luas, air minum yang layak konsumsi, akses pada sanitasi, sampai dengan ketahanan bangunan sangat penting untuk menjadi penentu pemilihan properti.
Para pelaku usaha industri properti menilai bahwa harga tanah di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur mengalami kenaikan dalam waktu 2 tahun terakhir ini. Harga tanah di wilayah Balikpapan, Samarinda, dan wilayah atau lahan sekitar IKN sudah bergerak di zona harganya dan pasti terdapat kenaikan harga. Wilayah Kalimantan Timur sudah mempunyai pertumbuhan usaha yang positif, terdapat banyak industri yang dikembangkan dari berbagai sektor sebelum adanya IKN. Terdapat perusahaan dari berbagai industri yang memang ditawarkan atau punya rencana membeli lahan, dan ada juga masyarakat yang mengambil kesempatan. Para pelaku usaha juga turut membuat harga tanah di kawasan tersebut terus mengalami pertumbuhan. Pemerintah Daerah di Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, maupun Kutai Kartanegara juga telah mengambil inisiatif untuk menyambut pembangunan IKN baru. Hal tersebut karena posisi daerah-daerah tersebut yang dinilai akan menjadi seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sehingga akan terdampak dan berpeluang untuk mengembangkan kawasan kota. Kedepannya IKN ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Asean.
Diketahui bahwa harga tanah di Balikpapan Timur saat ini berada pada Rp3 juta/m2. Para penjual tanah menawarkan lahan seluas 5,9 ha untuk digunakan sebagai properti komersial yaitu business center, kantor, atau ruko. Tanah yang dijual sudah memiliki hak guna bangunan atau dikenal sebagai sertifikat SHGB.  Di Balikpapan Tengah terdapat total tanah yang akan ditawarkan seluas 2,6 ha dengan harga tanah yang diperkirakan mencapai angka Rp5 juta/m2. Lahan ini cocok dipakai untuk kawasan residensial dan telah memiliki SHM (sertifikat hak milik). Lalu di Samarinda terdapat tanah yang ditawarkan mulai dari 0,2 ha hingga 3,7ha dengan harga tanah masih lebih variatif dengan harga Rp1,7 juta/m2 sampai dengan Rp5,5 juta/m2. Bisnis pengembang perumahan di Kabupaten Penajam Paser Utara akan semakin banyak dikarenakan akan adanya Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Provinsi Kalimantan Timur ini. Harga tanah di wilayah tersebut bisa naik hingga 3 kali lipat. Harga tanah dekat jalan poros kini dibrandol dengan harga Rp150.000 sampai Rp300.000/m2.

Kelebihan Tinggal Di Daerah Yang Dekat Dengan Ibukota Baru

Pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke lokasi lain di luar Jawa dinilai akan banyak memiliki keuntungan. Hal tersebut dikarenakan suasana ibukota Jakarta yang sudah sangat sesak dan minim lahan terbuka hijau  serta sering terjadi kemacetan dimana-mana. Para pekerja khususnya pegawai negeri sipil (PNS) pada instansi pemerintah pusat kebanyakan tinggal jauh dari kantornya. Rumah para PNS mayoritas berada di kota sekitar Jakarta seperti Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang, sedangkan mereka berkantor di sekitar Jakarta Pusat. Sedangkan dengan rencana pemindahan ibukota baru ke luar pulau jawa akan membuat para pegawai juga memiliki keuntungan tersendiri, seperti kualitas hidup yang lebih baik. Hal tersebut dikarekan hunian yang akan dibangun untuk para PNS tidak akan jauh dari instansi pemerintah tempatnya bekerja. Para pekerja akan menempuh perjalanan kerja yang lumayan singkat, karena akses jauh lebih mudah dari kantor ke rumah atau sebaliknya dengan jarak pendek sekitar 15 menit hingga 20 menit sehingga para PNS juga akan mempunyai quality of life lebih banyak. Desain kota yang baru ini direncanakan dengan sebaik mungkin, sehingga menghasilkan kota dengan konsep smart, green, and beautiful dan akan didesain dari awal sesuai dengan kebutuhan dasar dari penduduknya. Sehingga untuk kedepannya semua warga yang tinggal di ibukota baru bisa tinggal di kota yang sangat nyaman. Pemindahan ibu kota juga akan memberikan efek positif seperti menciptakan dorongan investasi yang lebih luas terhadap wilayah lain dan akan meningkatkan keluaran beberapa sektor non-tradisional terutama sektor Jasa.
Pemindahan ibukota negara pasti memiliki banyak sudut pandang dari berbagai kalangan. Namun apabila keputusan dari presiden republik Indonesia tersebut dapat menjadikan Indonesia lebih baik dan menjadi negara yang maju maka hal tersebut akan lebih baik dilakukan. Demikian beberapa informasi yang dapat dijadikan referensi untuk membeli tanah yang bagus di sekitar wilayah ibukota baru. Kunjungi laman www.onlist.id untuk mendapatkan beberapa referensi jual tanah, rumah, apartemen dan jenis property lainnya baik itu baru maupun bekas yang terpercaya.
 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait