Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Perbarui Suasana Hunian Anda Dengan Kombinasi Warna Cat Biru Dan Cream


Ketika mendengar kata ‘renovasi rumah’ mungkin hal pertama yang terlintas pada pikiran anda adalah biaya yang besar dan merepotkan. Namun, mengubah tampilan rumah Anda tidak selalu menghabiskan banyak biaya. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan warna yang berbeda pada dinding hunian Anda. Warna cat dinding pada ruangan-ruangan di rumah Anda memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suasana rumah secara menyeluruh. Dengan mengubah warna cat dinding, Anda dapat menciptakan suasana baru dan berbeda, sehingga menghindarkan Anda dari kejenuhan.
Memilih cat rumah tentu tidak boleh asal-asalan. Banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari konsep yang diusung sampai unsur estetika yang dihasilkan warna itu sendiri. Ada banyak pilihan warna yang bisa jadi referensi buat anda yang ingin mempercantik rumah. Mulai dari warna-warna gelap untuk suasana yang elegan dan misterius, atau warna yang cerah dan soft untuk suasana yang lebih lembut, ceria, dan menenangkan.
Perpaduan warna cat rumah juga dibutuhkan kalau anda bosan dengan satu tone warna saja. Perpaduan warna ini dapat menciptakan variasi yang membuat hunian anda terlihat makin cantik. Dalam pemilihan warna cat rumah, anda juga harus pandai bermain kombinasi warna. Kombinasi warna cat rumah ini bisa anda lakukan dengan 2 atau 3 warna sekaligus asalkan masih enak dipandang mata.
Lantas bagaimana cara memadupadankan warna cat dinding yang baik? serta perpaduan warna cat dinding apa saja yang bagus? Oleh karena itu, dalam artikel berikut, akan dibahas tips mengkombinasikan warna cat serta referensi perpaduan warna cat dinding yang dapat anda gunakan.

1. Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Baik

Untuk memastikan kombinasi warna yang Anda pilih cocok dengan gaya rumah, selera, dan estetika. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda mengkombinasikan warna cat yang tepat.

  • Batasi Pilihan Warna
    Mungkin sulit untuk mempersempit pilihan kombinasi warna cat rumah, tetapi jangan membanjiri satu ruangan dengan terlalu banyak warna. Setidaknya gunakan tiga warna untuk dikombinasikan. 
  • Padukan Berdasarkan Palet Warna
    Pilih warna cat rumah sesuai dengan selera Anda dan padukan warna tersebut dengan skema warna yang tepat untuk menghasilkan palet yang menawan. Misalnya warna biru lebih bagus dipadukan dengan putih, krem, hitam, pink, dsb.
  • Campur Warna Hangat Dan Sejuk
    Saat memilih banyak kombinasi warna cat rumah, anda tidak harus memilih hanya warna sejuk atau hanya warna hangat. Memadukan warna-warna hangat dan sejuk bersama-sama dapat menciptakan kontras yang menyenangkan dan membantu menyeimbangkan ruangan.
  • Uji Kombinasi Warna
    Sebelum mulai mengecat dinding, belilah sampel kecil dari semua kombinasi warna cat rumah yang dipilih. Warnai sebuah karton besar dan letakkan di ruangan bersebelahan untuk melihat tampilannya di ruangan tersebut sebagai kombinasi warna cat rumah.
  • Gunakan Aturan 60-30-10
    Gunakan rasio 60-30-10 dalam membagi komponen warna. Gunakan warna dominan sebanyak 60% untuk dinding, warna kedua sebanyak 30% misalnya untuk sofa atau meja, dan warna ketiga 10% sebagai dekorasi atau aksen.
  • Perhatikan Pencahayaan
    Tampilan kombinasi warna cat rumah sering kali bergantung pada pencahayaan di dalam ruangan. Warna-warna itu mungkin tampak berbeda saat sinar matahari bergeser dan menggunakan cahaya tambahan. Misalnya, pencahayaan pijar menekankan nada hangat dan kuning. Pencahayaan fluorescent dapat menambahkan nada biru ke warna ruangan

2. Kesalahan Yang Sering Terjadi Ketika Mengecat Rumah

  • Perpaduan Warna Cat Yang Kurang Tepat
    Dalam memilih warna cat baru, seringkali melupakan tentang warna cat dinding di ruangan lain atau warna perabot yang saat ini sudah ada di rumah. Perpaduan warna dinding dan warna perabot yang kurang tepat dapat mengurangi estetika rumah Anda, yang tentunya akan berdampak negatif terhadap kenyamanan.Selain perpaduan cat dinding dan warna perabot, perpaduan warna satu ruangan dengan ruangan lain juga harus diperhatikan.
  • Tidak Membersihkan Permukaan Dinding
    Salah satu langkah penting dalam proses pengecatan dinding adalah memastikan permukaannya bersih dari debu dan noda. Adanya debu dan noda akan menghambat pemerataan cat, yang tentunya akan mengurangi kualitas dan estetika warna cat dinding. Membersihkan permukaan dinding adalah salah satu langkah utama yang wajib diterapkan jika Anda ingin mengecat dinding rumah sendiri. 
  • Tidak Mencari Tahu Tekstur Cat 
    Ketika mengecat ketahui terlebih dahulu tekstur dari cat yang digunakan. Apakah itu mengkilap atau matte. Hal ini ternyata sangat mempengaruhi kebersihan pada cat dinding rumah. Cat dinding yang bertekstur mengkilap akan mudah dibersihkan saat terkena kotoran atau debu. Sedangkan cat dinding bertekstur matte perlu trik khusus saat dibersihkan. Jika melakukan kesalahan maka cat dinding akan rusak dan mengelupas.

3. Macam-Macam Kombinasi Cat Rumah

Jika anda merasa kebingungan dalam memadukan warna cat, berikut beberapa referensi yang dapat anda gunakan:

  • Biru Aqua Dan Krem

    Kombinasi biru aqua dan krem dapat memberikan suasana sejuk dan segar di rumah. Kombinasi tersebut mengingatkan orang-orang di dalam ruangan tentang pantai, dengan warna aqua yang memantulkan laut dan krem pudar yang mewakili pasir.
  • Navy Blue Dan Putih
    Dengan nuansa warna biru tua dan aksen putih, kombinasi warna cat rumah ini merupakan kombinasi warna cat dinding interior yang paling minimalis. Kombinasi warna ini menambahkan banyak perspektif ke rumah dan membuat interior terlihat bersih dan elegan.
  • Dusty Pink Dan Abu-Abu Kalem
    Kombinasi warna antara dusty pink dan abu-abu ini menjadi salah satu warna favorit kaum wanita. Kesan klasik, lembut dan nyaman bisa anda dapatkan dari dari contoh yang satu ini, terutama untuk ruangan yang sifatnya privasi seperti kamar tidur.
  • Aquarium Blue Dan Grape
    Kombinasi warna unik pada dinding interior ini menanamkan energi yang hidup dan menyenangkan. Warna-warna ini dapat memberikan suasana ceria dan antusias yang dapat mengubah sifat ruangan yang membosankan. Selain itu, kombinasi warna cat rumah ini bahkan menerangi ruang tanpa cahaya di rumah. 
  • Hijau Mint Dan Abu-Abu Pucat
    Hijau mint dan abu-abu pucat sangat cocok jika dikombinasikan. Kesan segar akan langsung terasa di ruangan dengan dua warna tersebut. Supaya ruangan anda terlihat semakin fresh berikan warna perabotan dengan warna putih.
  • Warna Coklat Dan Krem
    Cat warna coklat yang dipadukan dengan warna krim dapat memberikan tampilan yang elegan dan hangat pada rumah. Kombinasi warna ini meningkatkan nilai estetika dan sangat cocok diterapkan pada rumah-rumah bergaya minimalis.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait