Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Pentingnya Memperhatikan Jenis Tanah Untuk Pondasi Bangunan


Bagi Anda yang sedang atau akan mendirikan bangunan atau rumah. Perhatikanlah jenis tanah yang Anda gunakan untuk pondasi. Dalam mendirikan sebuah bangunan, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pondasi bangunan. Pondasi menjadi hal yang sangat vital pada bangunan. Hal ini dikarenakan pondasi akan menjadi satu-satunya penopang bangunan Anda. Pondasi adalah bagian dari bangunan yang berfungsi untuk menahan beban pada bangunan. Pembuatan pondasi merupakan hal yang mudah apabila jenis tanah yang ada sesuai. Begitu juga sebaliknya, pembuatan pondasi akan menjadi sangat menyusahkan apabila jenis tanahnya tidak sesuai. Bahkan resiko gagal atau ambruk akan sangat tinggi. Sehingga Anda perlu memperhatikan jenis tanah untuk pondasi.

Jenis Tanah Untuk Pondasi Bangunan

Setiap bangunan memerlukan pondasi yang berbeda. Semakin berat atau besar bangunan yang akan didirikan, semakin dalam pula pondasi yang dibangun. Jenis tanah untuk pondasi juga berpengaruh pada pembuatan pondasi. Jenis tanah pondasi memiliki pengaruh besar dalam pendirian bangunan. Hal ini dikarenakan jenis tanah akan berpengaruh pada penurunan yang terjadi. Selain itu, daya tahan berat pada tanah juga akan berpengaruh pada bangunan diatasnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, penting bagi Anda untuk merancang pondasi berdasarkan jenis tanah yang ada. Berikut adalah  beberapa cara membuat pondasi berdasarkan jenis tanah adalah:

1. Pondasi Untuk Tanah Pasir

Tanah pasir adalah tanah dengan partikel yang berukuran besar. Tanah ini terbentuk dari kerikil dan batuan besar. Permasalahan yang ada pada tanah ini adalah tanah yang kurang stabil. Sehingga rawan terjadi penurunan yang tidak seragam pada pondasi. Jenis tanah ini memerlukan pengujian tanah sebelum didirikan sebuah bangunan. Pengujian tersebut dapat berupa uji soil, uji beban pelat, dan lain-lain. 

2. Pondasi Untuk Tanah Batu

Tanah batu merupakan tanah yang strukturnya paling padat. Sehingga tidak terlalu memerlukan teknik khusus untuk membuat pondasi di atas tanah jenis ini. Namun untuk tanah batu kapur, perlu memperhitungkan stabilitas bangunan. Hal ini dikarenakan sifat batu kapur yang mudah terkikis dan banyak lubang. Hal ini bertujuan agar bangunan tidak mudah ambruk.

3. Pondasi Untuk Tanah Organik 

Jenis tanah ini merupakan tanah yang sangat sulit untuk dipadatkan. Hal ini dikarenakan kandungan air yang sangat tinggi dalam tanah organik. Pembuatan pondasi pada tanah ini memerlukan teknik khusus. Anda dapat menggunakan metode stabilisasi tanah, tiang pondasi, atau pondasi sumuran. Jenis tanah ini biasanya dekat dengan sumber air. Sebagai contoh, Anda dapat melihat rumah panggung di Kalimantan. Rata-rata rumah panggung di Kalimantan didirikan diatas tanah organik.

4. Pondasi Untuk Tanah Lanau

Tanah ini merupakan tanah peralihan antara tanah pasir dan tanah liat. Dalam keadaan tertentu, tanah ini longgar dan kurang padat. Sehingga, penurunan pada bangunan akan terjadi sangat dalam. Dalam pembangunan pondasi, tanah ini perlu dicek dahulu kepadatannya. Jika terlalu gembur, maka tanah ini harus dipadatkan dahulu.

Demikianlah jenis tanah untuk pondasi yang harus Anda ketahui. Dalam pembuatan pondasi, perhatikan pula bahan yang digunakan. Bahan pembuat pondasi haruslah material yang bagus dan kuat. Hal ini bertujuan agar bangunan diatasnya menjadi stabil dan kokoh. Bagi Anda yang ingin lebih tahu mengenai bangunan, Anda dapat mencari informasi di https://onlist.id/. Platform karya bangsa tersebut merupakan platform online properti yang terpercaya. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap dan akurat mengenai bangunan atau konstruksi dalam platform tersebut. 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait