Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Pemanfaatan Rooftop Untuk Taman Minimalis


Membayangkan memiliki sebuah taman hijau yang subur dan elok tentu sangat menggugah hati. Apalagi jika rumah tersebut berada di tengah kota megapolitan seperti Jakarta. Akan tetapi angan –angan mengagumkan tersebut rasanya tidak mungkin jika Anda memiliki lahan sempit di halaman rumah. Namun, bagi Anda yang mempunyai atap cor, Anda bisa mempunyai taman atap nan hijau dengan menggunakan ide kreatif sehingga atap tersebut dapat difungsikan sebagai taman minimalis yang bernuansa modern.
Keterbatasan lahan bukan menjadi alasan karena pemanfaatan rooftop dapat digunakan sebagai sebuah taman yang nyaman bagi penghuni rumah. Keberadaannya juga membuat rumah menjadi ramah terhadap lingkungan karena ada area hijau. Dengan adanya taman pada rooftop ini juga sangat bermanfaat untuk beberapa hal terutama sebagai tempat berkumpul keluarga dan area produktif untuk menanam tanaman hias atau lainnya.

Pemanfaatan Rooftop Untuk Taman Minimalis Yang Berguna Bagi Penghuni Rumah

Rooftop atau sebuah ruang terbuka yang terletak di atap rumah memang sering dibiarkan saja dan terbengkalai tidak terawat. Padahal jika Anda mempunyai kreatifitas, tempat ini dapat diubah menjadi lebih bermanfaat dan menarik. Beberapa rumah modern yang ada di tengah kita sekarang ini sudah memiliki rooftop yang dimanfaatkan sebagai tempat multi fungsi. Terutama taman minimalis untuk beberapa hal. Anda ingin tahu? Berikut pemanfaatan rooftop sebagai taman dan manfaatnya untuk penghuni rumah.

1. Mengurangi panas Akibat Sinar Matahari Yang Mengenai Bangunan

Berada di daerah katulistiwa memiliki tingkat pencahayaan matahari cukup tinggi apalagi jika berada di kota besar. Kita tahu bahwa rumah membutuhkan kecukupan cahaya matahari agar tidak lembab. Akan tetapi jika sinar tersebut terlalu banyak maka suhu rumah menjadi panas. Dengan keberadaan taman di rooftop bisa bermanfaat untuk mendinginkan suhu ruangan dibawahnya sehingga lebih teduh.  

2. Pemanfaatan Rooftop Untuk Menambah Area Lahan Terbuka Hijau Di Rumah

Tinggal diperkotaan belum tentu dapat memiliki halaman yang luas. Untuk mengatasi hal ini pemilik harus memiliki kreativitas; salah satunya yaitu memanfaatkan rooftop sebagai tambahan area lahan terbuka hijau untuk taman minimalis yang asri.

3. Memperluas Area Tempat Duduk Outdoor

Pemanfaatan rooftop sebagai taman minimalis bisa bertambah indah jika dilengkapi dengan adanya gazebo. Selain indah, hal ini juga bermanfaat sebagai area tempat duduk outdoor untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati tanaman nan hijau dan bermacam-macam bunga. Memang untuk pengaturannya tergantung dari luas roof, dana dan kebutuhan pemilik rumah. Namun sebanding dengan keindahan yang diberikan. Karena Anda bisa mengajak teman atau minimal keluarga untuk menghabiskan waktu di taman tersebut. Terlebih saat malam hari sambil menikmati keindahan langit dan pemandangan disekitarnya

4. Tambahan Lahan Produktif Bagi Penghuni Rumah

Memanfaatkan rooftop sebagai taman minimalis tidak hanya untuk menanam tanaman hias saja. Akan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai lahan produktif bagi pemiliknya. Keindahan taman yang tertata dengan rapi akan lebih terkesan lebih berguna jika di dalamnya ditambah dengan tanaman buah, sayur, bambu, dan lain sebagainya. Meskipun peletakkannya berdampingan dengan taman namun tidak merubah esensi dari taman minimalis tersebut.

Keterangan di atas merupakan beberapa pemanfaatan rooftop sebagai area hijau untuk taman minimalis dan bermanfaat sebagai tempat yang nyaman bagi pemilik rumah. Anda tertarik memiliki taman minimalis di rooftop? Segera hubungi https://onlist.id/; sebuah platform terbaik dan terpercaya  di Indonesia yang mampu memberi pelayanan terkait dengan properti dan pemanfaatannya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait