Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Model Pagar Rumah Setengah Tembok Yang Bikin Rumah Anda Menjadi Minimalis


A. Pagar Setengah Tembok

Pagar minimalis merupakan salah satu elemen penting dalam eksterior rumah. kita pergi ke rumah seseorang, maka yang terlihat pertama kali adalah pagar rumahnya.Berbeda dengan di negara-negara Eropa dan Amerika yang rumahnya jarang menggunakan pagar, rumah-rumah di Indonesia justru kebanyakan memiliki pagar.
Pagar setengah tembok sering kita jumpai di sekitar kita, terutama di Indonesia. Banyak orang – orang di Indonesia yang memilih rumahnya dengan menggunakan pagar setengah tembok. Hal itu dikarenakan berbagai faktor yang ada sehingga memicu orang Indonesia cenderung memakai pagar setengah tembok. Contoh faktornya antara lain

  1. Menyesuaikan iklim di sekitar
    Beberapa orang – orang di Indonesia memiliki rumah di daerah yang beriklim panas, dengan begitu mereka memilih pagar setengah tembok agar udara dapat masuk di dalam rumah sehingga, suhu di dalam rumah tidak pengap. 
  2. Letak rumah 
    Biasanya rumah – rumah yang ada di Indonesia terutama yang berada di daerah kampung memiliki pagar setengah tembok, hal ini dikarenakan agar mengandung kesan yang ramah. 
  3. Menyesuaikan desain rumah
    Selain karena iklim dan letak rumahnya. Desain rumah juga bisa menjadi faktor orang tersebut memilih pagar berdesain setengah tembok. Mungkin jika dilihat dari depan maka desain rumah yang dimiliki nya menjadi terlihat jika memakai pagar setengah tembok.
  4. Ketinggian rumah
    Rumah yang tidak terlalu tinggi biasanya memakai desain pagar setengah tembok. Hal itu dikarenakan agar rumah terlihat tidak sempit, dan sirkulasi udara masuk dengan sempurna.

B. Manfaat Pagar

  1. Sebagai pembatas
    Manfaat pagar minimalis yang pertama adalah sebagai pembatas. Pagar diperlukan sebagai administrasi pertanahan supaya di kemudian hari tidak terjadi sengketa tanah. Jadi bisa dikatakan kalau pagar rumahmu adalah batasan sejauh mana lahan tanah yang Moms miliki. Dengan adanya pagar minimalis, maka batasan akan lebih mudah dilihat. Pagar rumah untuk pembatas tak harus tinggi menjulang karena fungsinya untuk menandai sebuah area lahan, maka Moms bisa membuatnya yang sedang saja.
  2. Sebagai perlindungan
    Pagar juga difungsikan sebagai perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama dari tindakan kejahatan. Dengan adanya pagar minimalis yang dipasang di depan rumah, maka tindakan kriminalitas bisa diminimalisasi. Kita bisa melihat daerah perumahan dengan tingkat kriminalitas tinggi biasanya ditandai dengan pagar rumah yang tinggi dan berbentuk runcing pada bagian ujungnya. Ditambah lagi, rumah Moms juga bisa terhindar dari masuknya binatang liar ke dalam halaman rumah.
  3. Sebagai penghalang pandangan
    Manfaat lain dari pagar adalah sebagai penghalang pandangan. Pada umumnya, pagar minimalis dibuat dengan bahan lembaran vinyl pvc atau dari batu bata, papan kayu, hingga rangka besi yang jika kita melihat dari luar, maka bagian dalam rumah akan susah terlihat. Dengan begitu privasi orang yang ada di dalam rumah bisa tetap terjaga karena tidak bisa langsung terlihat dari dalam rumah. Orang-orang yang ingin memiliki privasi tinggi cenderung membuat pagarnya rapat sehingga tidak ada celah yang bisa diintip dari luar pagar
  4. Sebagai estetika
    Manfaat terakhir dari pagar minimalis adalah sebagai estetika oleh karena itu keberadaannya sangatlah penting untuk membuat tampilan keseluruhan rumah menjadi lebih apik. Meski desain rumah sudah bagus, tetapi kalau pagarnya terlihat jelek, maka akan merusak pemandangan dari keseluruhan rumah tersebut jika dilihat dari luar. Tak jarang ada orang yang sengaja memesan pagar dengan desain khusus yang unik supaya tampilan rumahnya jadi berbeda dari rumah-rumah lainnya.

C. Kelebihan Dan Kekurangan Pagar Setengah Tembok

Kelebihan:

  1. Rumah terasa lebih luas
    Karena jika dilihat dari depan akan terlihat bangunan rumah sehingga itu yang membuat terlihat luas.
  2. Siklus udara lancar
    Jika bangunan rumah tidak terlalu tinggi dan memiliki pagar setengah itulah jawabannya agar siklus udara berjalan dengan lancar, apalagi jika di daerah padat penduduk.
  3. Pembuatan pagar tidak memakan waktu lama
    Sebenarnya ini tergantung dengan bahan yang digunakan untuk membuat pagar. Tetapi terlepas dari material apa yang digunakan jika pagar rumah tidak tinggi maka pengerjaannya lebih cepat jika dibanding dengan pagar yang tinggi. 
  4. Ketahanan pagar lebih kuat dibanding pagar yang tinggi
    Ini juga tergantung materi dan teknik apa yang digunakan untuk membuat pagar. Jika memiliki pagar tinggi dengan material yang bagus tetapi teknik pengerjaan yang kurang teliti maka, ketahannya tidak terlalu baik.

Kekurangan:

  1. Keamanan rumah terancam
    Jika memiliki pagar rumah yang rendah jika ada maling kemungkinan besar maling tersebut dengan mudah melewati agar. 

D. Contoh Pagar Setengah Tembok

  1. Pagar Besi Klasik yang Memberi Kesan Keamanan

    Pagar ini dibuat dengan  memperhatikan unsur keamanan rumah. Terlihat pagar-pagar dengan besi vertikal yang bagian atasnya dibuat lancip dan di desain dengan model klasik yang menarik.
  2. Pagar Minimalis dengan Model Menarik
    Anda bisa menerapkan model pagar ini untuk rumah minimalis agar terlihat menarik. Pagar didesain dengan bentuk yang agak berbeda dari bentuk pagar kebanyakan, pagar ini berbentuk jaring-jaring persegi yang tidak begitu beraturan. Pagar minimalis ini menampilkan kesan keindahan dan tampak kokoh.
  3. Pagar Besi Modern Minimalis

    Pagar besi ini terlihat simpel dengan kean minimalis warna hitam. Pagar dibuat dengan bentuk horizontal dan memiliki keamanan yang baik. Tampilan pagar terlihat elegan.
  4. Pagar dengan Sedikit Ornamen di Atasnya
    Model pagar yang merupakan gerbang utama rumah ini terlihat menarik dengan desain besi-besi horisontal yang tertata lebih rapat dan tak terlalu panjang pada bagian bawahnya. Sedangkan atasnya tersusun oleh besi-besi yang agak renggang dan bagian paling atas terdapat besi yang dibentuk sebagai ornamen pemanis.
  5. Pagar Besi Vertikal Setengah Tembok
    Pagar beri ini dibuat garis-garis vertikal dengan besi yang agak tebal. Di pasang di atas tembok yang tidak terlalu tinggi dan dihubungkan oleh pilar-pilar tebal. Tampilan warna dan desain pagar yang selaras dengan model rumah.
  6. Pagar Besi Putih yang Populer
    Desain pagar dibuat dengan besi yang berlapis cat warna putih dan memiliki bentuk yang unik. Besi-besi cukup tinggi dan bagian atasnya lancip tentu memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Model pagar dibuat menarik dengan hiasan bentuk bunga dan ornamen-ornamen kecil lainnya.
  7. Pagar Hollow Galvanis Sederhana
    Pagar rumah minimalis ini cukup sederhana, besi dipasang secara vertikal dengan jarak agak renggang. Bagian atas dan bawahnya rata ditutup oleh besi horizontal. Model pagar ini terlihat serasi dengan desain rumah.
  8. Beautiful Fence dengan Tampilan Bunga-bunga di Depanya
    Pagar ini memiliki model yang indah, model pagar dengan besi yang berbentuk vertikal dan bagian atasnya diberi hiasan besi melengkung. Piar-pilar kecil yang unik juga menghubungkan antar pagar. Semakin cantik dengan adanya deretan bunga-bunga warna putih dan ungu di depan pagar.
  9. Pagar Besi Stainless Steel dengan Model Mozaik
    Pagar yang menggunakan besi jenis besi putih ini terlihat menawan. Bagian bawahnya didesain dengan besi-besi kecil yang dibentuk sedemikian rupa dan senada dengan bagian atasnya , bedanya bagian atasnya dibuat melengkung. Sedangkan bagian tengahnya dibuat tertutup dengan model mozaik yang cantik.
  10. Pagar Besi dengan Ornamen Tanaman Merambat
    Tak ada salahnya membuat pagar besi dengan model ini. Pagar ini dibuat dari besi yang agak kecil tapi tinggi serta terlihat sangat kuat. Bagian atasnya dibuat melengkung dengan hiasan besi dengan model tanaman merambat. Bagian pagarnya pun diselingi oleh hiasan besi tanaman rambat, sehingga pagar terlihat cantik.
  11. Pagar Besi Putih yang Simple dan Elegan
    Pagar besi ini berbentuk sederhana berwarna putih dan disusun secara vertikal dengan pilar-pilar kecil. Bagian atasnya diberi besi dengan model berbeda yang berwarna kuning sehingga memberikan kesan keamanan. Model besi tampak selaras dengan rumah yang terlihat cantik.
  12. Pagar Besi dengan Hiasan Unik
    Pagar ini berbentuk segiempat sederhana tapi yang menarik adalah bagian tengahnya. Bagian tengahnya dibuat sedemikian ruma sehingga menampilkan hiasan yang unik. Ada hiasan berbentuk kotak hitam, garis-garis seperti sirip ikan dan kotak-kotak mozaik vertikal.
  13. Pagar Besi dengan Baja Kuning
    Pagar rumah minimalis ini terlihat kokoh dan memiliki bentuk yang menarik. Di bagian atas dan bawahnya pada sisi kanan-kirinya disusun besi secara vertika dengan model terbuka. Sedangkan tengahnya terdapat susunan baja kuning horizontal.
  14. Pagar Besi Cokelat dengan Ornamen Bunga
    Pagar ini memiliki warna yang menarik dan desain yang unik.Bagian bawahnya dibuat agak tertutup dengan potongan besi yang lebih lebar. Sedangkan atasnya besi kecil disusun vertikal dengan hiasan bunga merambat. Tampilan pagar yang kokoh dan cantik.
  15. Pagar Besi Geser-Lipat dengan Model Khas
    Pagar besi ini cukup tinggi dan memiliki model yang sangat khas. Terdapat ornamen-ornamen besi yang dibentuk sedemikian rupa di bagian bawah, sisi kanan-kiri dan atas. Bagian paling atas juga memiliki bentuk yang unik,terdapat pula ornament besar yang berbentuk bulat di bagian pintu utamanya. Pagar ini bisa dibuka dengan cara digeser ke kanan dan ke kiri.
  16. Pagar Besi dengan Tembok Dark Brown dan Pilar Batu Alam
    Pagar ini dibuat dengan besi yang tersusun secara vertikal dengan bagian atasnya lancip, tentu memberi kesan rasa ama. Bagian bawahnya tampak unik dengan dinding berwarna dark brown dan pilar-pilarnya berlapis batu alam yang unik.
  17. Perpaduan Pagar Besi Tertutup dan Tembok Bata
    Perpaduan pagar tembok bata dan besi tertutup yang memberi kesan ketenangan dan keamanan. Pagar dibuat tertutup dengan besi kokoh dan terdapat hiasan yang cantik.
  18. Pagar Besi dengan Full Ornamen di Bagian Pintu Masuk
    Pagar ini terlihat menarik dengan bagian tengahnya memiliki desain ornamen yang cantik. Sisi kanan kirinya berbentuk sederhana dengan besi vertikal yang rapi. Warna hitamnya menampilkan kesan minimalis yang elegan.
  19. Pagar Besi Kokoh dengan Model Tema Flora
    Pagar besi ini memiliki bentuk yang unik, mengambil tema flora tumbuhan merambat, bagian atas pagar dibuat melengkung sedemikian rupa. Pada bagian tengahnya pagar berjajar secara vertikal dengan bentuk yang menarik. Pagar besi tersebut terlihat kokoh, elegan dan memberi kesan keamanan.
  20. Pagar Besi Minimalis Terbaru
    Model pagar besi yang tak biasa dan terlihat elegan.Pada bagian bawah dan atas besi berjajar secara horizontal dan tengahnya didesain sedemikian rupa sehingga membentuk seperti bayangan tanaman yang lebat.Model pagar besi ini sangat cocok untuk mempercantik tampilan rumah minimalis Anda.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait