Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Merasa Terganggu, Ini Dia Cara Ampuh Usir Hewan Pengganggu Di Rumah


Siapa yang tidak kesal dengan keberadaan hewan pengganggu yang tiba-tiba muncul dan mengganggu kenyamanan rumah? Hama atau hewan pengganggu tidak hanya berada di sawah saja. Tidak jarang hama-hama seperti tikus, kecoa, rayap, dan semut singgah di rumah Anda. Tak hanya menyebarkan kotoran di bagian-bagian rumah, hewan pengganggu kerap dianggap sebagai ancaman karena bisa membawa penyakit. Oleh sebab itu, jangan biarkan mereka berlama-lama.
Rumah yang bersih dari serangga dan hewan pengganggu merupakan keinginan setiap penghuni rumah. Namun, membersihkan serangga, hama atau hewan pengganggu lainnya di tempat tinggal menggunakan bahan kimia tentu berisiko. Bahan kimia memang dapat membunuh mereka dengan cepat, tetapi tak aman untuk tubuh manusia. Sehingga lebih baik menggunakan sesuatu yang alami dan aman seperti bahan-bahan yang ada di dapur. Berikut ini cara mengusir hewan pengganggu yang praktis dan simpel.

  1. Usir Hewan Kelabang Dengan Merica
    Cara mengusir hewan pengganggu seperti kelabang cukup dengan merica saja. Efek panas akan terasa oleh kelabang saat bersentuhan dengan merica. Taburkan bubuk merica pada jebakan yang sudah disiapkan. Cara lainnya bisa anda langsung taburkan pada tubuh kelabang ketika anda melihatnya.
  2. Usir Cicak Dengan Bawang Putih
    Ada dua cara saat menggunakan bawang putih untuk mengusir cicak yaitu menaruh bawang putih di sejumlah daerah yang dilewati cicak. Selain itu, anda juga bisa membuat jus bawang putih yang dimasukkan ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke sejumlah tempat. Bau bawang putih yang tajam dan kuat membuat cicak enggan datang ke tempat tersebut.
  3. Usir Cicak Dengan Cangkang Telur
    Cicak sangat membenci bau amis yang keluar dari cangkang telur. Anda bisa mengumpulkan serpihan cangkang-cangkang telur lalu masukkan ke dalam kantong plastik yang sudah berlubang. Kemudian letakkan di sudut rumah agar cicak ogah berkunjung ke rumah anda.
  4. Usir Cicak Dengan Bawang Bombay
    Cara menggunakan bawang bombay sama dengan ketika memakai bawang putih, menaruh bawang bombay atau membuat jus bawang bombay. Bau sulfur dari bawang bombay yang menyengat membuat cicak tidak betah berada di dalam rumah.
  5. Usir Tungau Hanya Dengan Aroma Durian
    Meskipun hewan satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil, ada baiknya anda tidak menganggap sepele dengan kehadirannya. Sebab bila menggigit, hewan kecil ini bisa menimbulkan bentol besar dan rasa pedih yang luar biasa. Cara mengusir serangga kecil seperti tungau cukup mudah. Letakkan kulit durian atau daun pandan di sekeliling tempat yang dihinggapi tungau. Aroma kedua bahan ini bisa menyebabkan tungau mati.
  6. Cabai Bubuk Dan Lada Bantu Usir Kecoa Di Rumah
    Cara membasmi kecoa dengan memakai cabai bubuk dan lada ini ternyata juga sama dengan bahan sebelumnya. Anda bisa menaburkan bubuk cabai dan lada pada sejumlah tempat yang biasanya dilewati oleh kecoa.
  7. Bunga Lavender Bantu Usir Lalat Di Rumah
    Selain terkenal dengan manfaatnya untuk mengusir nyamuk, ternyata lalat juga bisa pergi gara-gara aroma lavender. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, terutama di sudut yang sering didatangi oleh lalat.
  8. Usir Kecoa Dengan Soda Kue 
    Buat perangkap dengan mencampurkan makanan manis dengan soda kue, kecoa yang ada di rumah akan mendekat. Soda kue merupakan material yang ampuh untuk membasmi kecoa, campurkan makanan manis misalnya kue dengan soda kue.
  9. Daun Serai Efektif Mengusir Nyamuk
    Cara mengusir hewan dari kamar mandi yang satu ini cukup dengan menaruh tanaman serai. Tanaman serai atau citronella merupakan jenis tanaman berbentuk rumput yang dapat tumbuh hingga ketinggian 5-6 meter. Daun serai diklaim sangat ampuh untuk mengusir hewan nyamuk. Tanaman serai bisa ini bisa ditanam di dalam pot lalu simpan di sekitar teras ataupun halaman belakang rumah. 
  10. Tikus Bisa Pergi Hanya Karena Bubuk Kopi
    Harum bubuk kopi sangat disukai para pencintanya. Namun, bagi tikus bubuk kopi memiliki aroma yang tajam sehingga area ini pasti dihindari mereka. Taburkan bubuk kopi di sudut-sudut rumah yang sering dilalui tikus. Dijamin rumah anda bebas dari hewan pengganggu yang satu ini!

Tips Rumah Bebas Hewan Pengganggu

  • Menjaga Kebersihan Rumah
    Sudut rumah yang kotor dan menimbulkan bau tak sedap yang dapat menarik perhatian para hama. Sisa makanan yang tercecer dan lantai kotor juga dapat mengundang datangnya serangga pengganggu seperti lalat dan semut. Rumah yang berantakan dapat menjadi sarang kecoa. Sehingga pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tempat tinggal agar hama dan serangga tidak berkunjung ke rumah.
    Lakukan pembersihan rumah secara rutin dengan cara menyapu, mengepel, mengelap perabotan yang berdebu, dan menghisap debu di area lantai. Pastikan juga selalu membersihkan benda-benda dan sisa-sisa sampah di rumah. Selalu tutup makanan Anda atau masukkan kedalam tudung saji agar hama tidak hinggap di makanan.
  • Menyemprotkan Cairan Penangkal Hama Perabotan Berbahan Kayu
    Rumah bebas hama seperti rayap tidak dapat dilakukan hanya dengan membersihkan rumah. Walaupun kusen, atap, dan perabotan rumah dari bahan kayu telah dibersihkan, namun tetap berpotensi untuk dimakan rayap dan membuat koloninya. Perlu adanya cara menangkal serangan rayap secara ampuh.
    Anda dapat mengaplikasikan cairan penangkal rayap seperti tiner, minyak tanah, kapur sirih, atau insektisida. Masukkan cairan penangkal ke dalam botol spray. Setelah itu langsung semprotkan cairan penangkal rayap secara rutin pada atap rumah, kusen-kusen, dan perabotan rumah dari bahan kayu. Dengan demikian, peralatan rumah berbahan kayu tidak akan menjadi habitat rayap.
  • Simpan Sayuran Dan Buah Segar Dengan Baik
    Makanan yang terbuka dan dihinggapi hama mengandung bakteri yang berpotensi mengganggu gangguan pencernaan jika dimakan. Apalagi makanan jenis buah dan sayur-sayuran segar adalah bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika disimpan terlalu lama di dapur, buah dan sayur juga dapat mengundang hama dan serangga. Sehingga rumah bebas hama sulit diwujudkan.
    Sebaiknya, simpan buah dan sayur segar di tempat yang aman dan terhindar dari jangkauan hama. Tempat terbaik untuk menyimpannya adalah lemari es. Bisa juga disimpan dalam wadah yang ditutup rapat. Segera buang apabila buah dan sayur sudah tidak segar, agar tidak membusuk yang bisa menjadi penyebab muncul hama.
  • Pasang Tanaman Yang Memiliki Bau Wewangian Menyengat Di Dalam Rumah
    Beberapa jenis hama sangat tidak menyukai aroma atau wangi-wangian menyengat. Aroma wangi menyengat dapat diperoleh dari tanaman atau bunga. Tanaman sejenis Citronella, Lavender, Basil, Geranium dan Serai Wangi dinilai ampuh mengusir hama dari rumah Anda. Anda bisa memasang tanaman tersebut pada berbagai ruangan di rumah seperti jendela, ruang tengah, dan sebagainya.
  • Hindari Menyimpan Sampah Basah
    Tips rumah bebas hama yang terakhir dengan melakukan pengelolaan sampah secara baik. Jangan mencampurkan sampah basah dan sampah kering satu tempat. Usahakan tidak menyimpan sampah basah di dalam rumah. Hama seperti ulat, lalat, dan kecoa sangat menyukai tempat yang lembab seperti sampah basah.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait