Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Menjadi Menantu Idaman Dengan Beli Rumah Sebelum Menikah, Begini Caranya!


“Mau tinggal dimana setelah menikah?” Satu kalimat pertanyaan yang bisa membuat hati Anda gusar jika tidak dipersiapkan matang-matang sebelum menikah. Selain itu, memiliki rumah sebelum menikah juga bisa menjadi tolak ukur bagi beberapa orang tua di Indonesia untuk mengecek kesiapan dan tanggung jawab Anda sebagai calon menantu. Apalagi Jika Anda seorang laki-laki yang akan meminang perempuan.

Memang terkesan sangat materialistis, tetapi sebagai seorang laki-laki memiliki rumah sebelum menikah akan menjadi nilai plus di mata calon mertua. Karena mereka akan merasa lega karena anaknya dapat membangun biduk rumah tangganya secara mandiri jika sang calon menantu telah memiliki rumah. Lantas, bagaimana caranya agar dapat memiliki rumah sebelum menikah?
Berikut trik ampuh membeli rumah sebelum menikah, Buktikan Sendiri!

1. Sejak Mulai Terima Gaji, Anggarkan Tabungan Khusus Untuk Rumah

Saat sudah mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan, maka usahakan untuk menyisihkan sebagian gaji Anda untuk tabungan membeli rumah. Pengaturan ini harus diupayakan sejak awal agar Anda dapat terbiasa dan bisa segera memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah. Gaji yang Anda terima jangan hanya digunakan untuk bersenang-senang saja, melainkan Anda juga perlu memikirkan bagaimana kebutuhan Anda di masa depan. Seseorang yang masih lajang dengan gaji besar pun belum tentu memiliki tabungan rumah jika tidak bisa mengatur keuangannya.

2. Target Tabungan Dan Investasi Harus Konsisten

Pada saat seseorang mulai menabung, maka harus menetapkan rencana besaran tabungan yang diinginkan di masa mendatang. Jumlah tabungan yang akan diperoleh di masa depan bisa menjadi pemicu Anda dalam bekerja. Cara mencapainya yaitu dengan menghitung berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulan sehingga Anda dapat mencapai jumlah yang diharapkan. Durasi menabung juga harus diperhitungkan agar seseorang bisa mendapatkan jumlah uang yang cukup saat akan membeli rumah.

3. Atur Porsi Gaji Atau Gunakan Deposito Berjangka

Pada saat menerima gaji, maka alokasikan sebagian dari gaji Anda untuk tabungan rumah. Anda dapat menggunakan sebagian dari gaji tersebut untuk uang muka rumah yang akan dibeli. Pada saat uang muka telah dibayar maka cicilan yang biasanya diberikan oleh bank sebesar 30% dari gaji. Seseorang yang bisa semakin cepat menabung maka dapat segera memperoleh uang yang cukup pula untuk membayar uang muka rumah. Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menabung, diantaranya adalah menggunakan deposito. Penggunaan produk bank yang satu ini bisa membuat orang yang menabung tersebut hanya bisa mengambil tabungannya hanya pada waktu tertentu saja. 

4. Selalu Pantau Harga Properti

Perkembangan properti yang sangat cepat menyebabkan Anda harus selalu melakukan pemantauan mulai. Survei melalui media sosial memang sangat sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan. Seseorang yang ingin membeli rumah baik itu kredit atau tunai sebaiknya juga memantau secara langsung bagaimana keadaan rumahnya. Hal ini sangat penting bagi calon pemilik rumah agar dapat mengetahui bagaimana keadaan sekitarnya.

5. Membeli Rumah Secara Kredit Dengan KPR

Ada berbagai cara untuk membeli rumah, dapat secara tunai atau pun kredit. Bagi orang yang ingin membeli dengan cara kredit, maka saat ini sudah banyak sekali fasilitas KPR. Pembelian dengan cara KPR biasanya akan mempermudah seseorang dalam membeli rumah. Uang muka, angsuran, hingga bunga antara satu dengan yang lain pastinya berbeda-beda. Anda sebaiknya mencari KPR yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda sehingga dapat menentukan rumah yang sesuai.

6. Lihat Pameran Rumah KPR Atau Tawaran Program Bank

Ada berbagai macam tawaran menarik yang akan di tawarkan untuk Anda dari menghandiri pameran rumah atau tawaran program bank. Anda dapat membandingkan promo KPR antara bank satu dan lainnya bisa dicermati dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Manfaatkan Program Pemerintah Berupa KPR Bersubsidi

Rumah bersubsidi akan membuat harga rumah menjadi lebih murah, dan kesempatan ini sebaiknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Anda harus rajin dalam mencari informasi-informasi berkaitan dengan KPR bersubsidi ini. 

8. Menabung Emas Dan Asuransi Untuk Uang Muka

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh orang lajang dalam usaha menabung agar dapat segera mengumpulkan uang muka pembelian rumah. Tabungan emas merupakan salah satu solusi untuk segera bisa memperoleh uang dalam jumlah banyak tanpa terkena inflasi.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait