Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Mau Jadi Kontraktor? Simak Dulu Tips Dari OnList Berikut!


Pernah dengar istilah kontraktor? Sebagian dari Anda pasti pernah. Kontraktor adalah pekerjaan yang berfokus pada dunia pembangunan. Pekerjaan kontraktor meliputi perancangan bangunan, kualitas bangunan, dan hasil bangunan. Untuk Indonesia sendiri, perkerjaan sebagai kontraktor memang sedang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara berkembang dan sedang melakukan pembangunan besar-besaran. Pekerjaan kontraktor biasanya berisikan orang-orang yang lulus dari jurusan arsitektur ataupun teknik sipil. Hal ini dikarenakan memang kedua jurusan tersebut yang cocok dengan pekerjaan ini. Meskipun saat ini sudah ada banyak kontraktor. Akan tetapi tidak memungkiri kalau pekerjaan ini tidak membuka pintu bagi para pemula. Indonesia tetap membutuhkan kontraktor untuk memperlancar pembangunan. Bagaimana cara menjadi kontraktor? Simaklah tips dari OnList di bawah ini. 

Tips Dari OnList Untuk Menjadi Kontraktor

Menjadi kontraktor memang tidak menjadi cita-cita semua orang. Selain butuh keterampilan dan pengalaman, menjadi kontraktor juga membutuhkan jaringan yang luas. Bekerja sebagai kontraktor memang memiliki nilai lebih tersendiri. Selain pekerjaan yang tidak terlalu memberatkan, gaji yang dihasilkan dari pekerjaan ini juga lumayan banyak. Tidak heran kalau pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang banyak peminatnya. Bagi Anda yang ingin menjadi kontraktor, simaklah tips dari OnList dibawah ini. Berikut tipsnya :

1. Pahami Lingkup Pekerjaannya

Tips dari OnList untuk menjadi kontraktor yang pertama adalah memahami lingkup pekerjaannya. Pahami pengertiannya, cara kerjanya, yang dikerjakan, dan hal yang lain. Hal ini akan sangat membantu Anda ketika nanti menjadi kontraktor pemula. Semakin Anda paham dengan apa yang akan Anda kerjakan, semakin mudah pula pekerjaan yang dilakukan.

2. Mencari Pengalaman

Carilah pengalaman dalam bidang kontraktor. Anda dapat melakukannya dengan cara melakukan magang di perusahaan kontraktor. Ambil semua ilmu yang ada dalam perusahaan tersebut. Bangun hubungan yang baik dengan perusahaan tempat Anda magang.

3. Perluas Jaringan

Aktiflah dalam membangun jaringan dengan pihak manapun. Pekerjaan kontraktor memang membutuhkan jaringan serta relasi yang luas dan kuat. Hal ini dikarenakan perkerjaan ini juga membutuhkan rasa saling percaya. Selalu bangun relasi baik antara Anda dengan rekan Anda, baik itu subkontraktor ataupun kontraktor.

4. Menentukan Bidang

Pekerjaan kontraktor bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang memiliki banyak bidang. Fokuslah pada satu bidang dahulu ketika Anda memulai pekerjaan sebagai kontraktor. Apabila Anda merasa ahli dalam bidang perumahan, fokuslah pada bisnis kontraktor perumahan dahulu. Anda dapat mencoba bidang lain bila Anda sudah merasa berhasil di bidang yang Anda fokuskan.

5. Mulai Membuka Usaha Sendiri

Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup. Mulailah menjalankan usaha kontraktor Anda sendiri. Mulailah dengan mengurus administrasi yang diperlukan. Dapatkan izin mendirikan usaha dari pemerintah setempat. Dikarenakan memulai pekerjaan kontraktor memerlukan modal yang cukup banyak. Ajukan peminjaman untuk modal usaha Anda. Mulai lakukan promosi usaha yang Anda dirikan. Jangan lupa untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan Anda. Selalu lakukan yang terbaik untuk mitra kepercayaan Anda.

Itulah beberapa tips dari OnList mengenai cara untuk menjadi kontraktor. Bukalah platform https://onlist.id/ untuk tips dan saran yang lain. Platform tersebut merupakan platform online properti Indonesia yang dikelola anak bangsa sendiri. Banyak informasi, tips, dan saran mengenai dunia properti. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi kontraktor, Anda bisa bergabung di OnList lewat akun devoloper. Anda hanya perlu masuk akun developer dan ikuti proses yang ada. Selamat mencoba!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait