Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Mau Beli Rumah Lelang? Apa Sih Yang Harus Diperhatikan


Beberapa orang lebih memilih untuk membeli rumah hasil lelang, sebab beli rumah lelang dirasa lebih menguntungkan. Terlebih mengingat harga properti yang semakin kesini semakin naik. Hal ini jadi moment yang menguntungkan bagi beberapa orang untuk mendapatkan properti dengan harga terjangkau. Beberapa orang yang hendak membeli rumah hasil lelang perlu memperhatikan beberapa hal. Pasalnya selain memiliki keuntungan, membeli rumah lelang juga punya kekurangan. Untuk memaksimalkan perolehan rumah lelang yang Anda beli, perhatikan ulasan berikut ini.

Beberapa Hal Yang Mesti Diperhatikan Ketika Beli Rumah Lelang Dari Bank

Untuk mendapatkan rumah hasil lelang, Anda bisa memperolehnya lewat mekanisme lelang rumah yang biasa diadakan oleh beberapa bank. Khusus untuk bank negeri milik pemerintah yang biasa menggelar acara lelang rumah adalah Mandiri, BTN, dan BNI. Anda bisa mencari jadwal lelang dengan sering-sering mengecek info ke kantor cabang bank di wilayah Anda. Atau bisa juga lewat situs resmi bank. Karena rumah lelang merupakan rumah sitaan bank dari debitur yang tidak mampu melunasi hutangnya, maka ada baiknya Anda perlu berhati-hati. Untuk itu, kami bagikan beberapa informasi mengenai beberapa hal yang mesti diperhatikan saat membeli rumah lelangan. 

1. Pastikan Soal Kesepakatan Pajak

Untuk masalah kesepakatan pajak dari pihak penjual dan pembeli dapat dilakukan di awal, termasuk ketika melakukan pembelian lewat bank. Fungsinya supaya tidak terjadi permasalahan yang dapat membuat salah satu pihak merugi. Sebab rumah lelangan tersebut merupakan rumah sitaan oleh bank yang mana pemilik rumah sedang dalam kondisi kekurangan keuangan. Oleh sebab itu pastikan bagaimana perjanjian pajak antara kedua pihak bisa disepakati dengan tepat dan tak memberatkan salah satu pihak. 

2. Beli Rumah Lelang Dengan Kondisi Layak

Rumah yang hendak dilelang tidak semuanya berada pada kondisi yang bagus dan nyaman. Sebab, para debitur memberikan jaminan rumah dengan kondisi kelayakan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cek atau survei terlebih dahulu lokasi maupun kondisi rumah yang hendak Anda beli. Tidak ada salahnya Anda datang ke lokasi dan melihat-lihat serta mempertimbangkan sebelum Anda membeli rumah lelang tersebut. Selain melakukan pengecekan secara fisik terhadap kondisi rumah, Anda perlu memeriksa apakah rumah sedang ditempati pemilik atau saudaranya. Pasalnya seringkali pemilik tidak rela melelangkan rumahnya untuk diambil bank. Beberapa dari mereka ada yang dipaksa mengosongkan. Jika tak ingin ribet dengan hal tersebut, cek kondisi rumah terkait hal itu juga. 

3. Pastikan Kondisi Tagihan Seperti Listrik Ataupun Air

Selain memastikan keadaan rumah, pastikan juga soal kondisi tagihan lainnya seperti listrik, air, hingga televisi berlangganan. Hal tersebut berkaitan dengan beban tagihan Anda ketika membeli rumah hasil lelang jika tak ada kesepakatan di awal. Bisa jadi beban tersebut menjadi tanggungan Anda padahal rumah belum dimiliki. Beban lain yang kerap perlu disikapi dengan bijak adalah memahami bahwa rumah tersebut sebelumnya dimiliki orang lain. Pasalnya jika pemilik sebelumnya memiliki banyak hutang atau dikejar oleh debt collector tentunya alamat rumah tersebut akan sering dijadikan sasaran. Anda perlu bijak dalam menyikapi hal tersebut. 

4. Pastikan Rumah Lelang Yang Anda Beli Memiliki Dokumen Lengkap

Hal terpenting dalam membeli rumah adalah pada dokumennya. Pastikan rumah yang Anda beli memiliki kelengkapan dokumen yang original. Hal ini berkaitan dengan kelangsungan kepemilikan rumah ke depannya. Karena dokumen rumah menjadi bukti yang sah kepemilikan rumah yang hendak Anda beli.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika beli rumah lelang dari bank. Bagi Anda yang hendak membeli rumah lelang dengan aman dan terpercaya bisa mengunjungi situs https://onlist.id/; situs ini akan membantu proses beli rumah lebih aman dan terpercaya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait