Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Manfaatkan Loteng Rumah Anda Untuk Dijadikan Ruangan Yang Anda Butuhkan


Apa itu loteng rumah? Loteng rumah adalah ruangan yang ada di atas lantai langit-langit rumah, namun masih dibawah atap. Bisa juga dikatakan bahwa loteng ini merupakan ruang tambahan di bawah atap. Biasanya loteng hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang (gudang) yang kurang terawat. Sehingga membuat ruangan tersebut menjadi kotor dan berdebu, bahkan tidak jarang menjadi sarang tikus.

Kebanyakan bentuk dari loteng rumah ini menyerupai segitiga, hal tersebut disebabkan oleh bentuk atap rumah yang meruncing ke atas. Jika Anda ingin memanfaatkan loteng rumah menjadi tambahan ruangan yang cantik, maka Anda perlu memastikan bahwa struktur plafon yang digunakan sebagai alas loteng sudah cukup kuat untuk diinjak. Karena nantinya Anda akan menggunakan loteng untuk berbagai aktivitas.
Jika Anda ingin mencoba untuk membuat loteng di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuatnya jadi lebih nyaman. Berikut di antaranya:

  1. Material Lantai
    Perlu dicermati bahwa  langit-langit rumah akan menjadi lantai loteng. Oleh sebab itu, jika sebelumnya langit-langit rumah Anda terbuat dari bahan yang ringan (misalnya triplek atau gypsum), Anda perlu menggantinya dengan bahan yang lebih kuat.  Hanya saja, karena dinding dan pondasi awal rumah tidak dibuat untuk menampung ruang tambahan, maka disarankan untuk tidak menggunakan material lantai yang terlalu berat. Anda bisa menggunakan material vinyl atau kayu.
  2. Tinggi Ruangan Yang Ada Di Loteng
    Jika sebelumnya Anda tidak begitu memerhatikan jarak antara langit-langit dan genteng, dalam membuat ruang loteng hal ini patut menjadi acuan. Umumnya, jarak langit-langit hingga genteng sektiar 1 meter (m), usahakan dibuat menjadi 2 m – 3 m agar penghuni tidak menunduk saat berjalan di loteng. Tak dapat dipungkiri bahwa perubahan tinggi dan penambahan ruang juga mengubah standar pondasi, untuk itu, jangan terlalu membebankan ruang loteng dengan banyak furnitur. Penggunaan built in furniture sangat disarankan untuk membuat desain ruangan Anda jadi multi fungsi.
  3. Akses Untuk Menuju Loteng
    Buat akses menuju loteng dengan jalur yang sesuai. Misalnya jika loteng diperuntukkan sebagai kamar anak, gunakan anak tangga yang kecil, dengan material yang tidak terlalu licin, namun dibuat agak lebih lebar demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anak tangga yang kecil (tidak terlalu tinggi) akan membuat  anak nyaman saat menuju loteng (pas dengan langkahnya sehingga terhindar dari kesandung). Begitupun penggunaan material yang tidak licin, misalnya kayu, tujuannya agar anak tidak terpeleset. Sementara tangga yang dibuat agak lebar akan membuat akses loteng jadi lebih nyaman (tidak sempit).
  4. Ventilasi dan Sirkulasi Udara 
    Tak dapat dimungkiri bahwa posisi loteng yang berada pada bangunan teratas membuat suhunya jadi lebih panas. Untuk itu, ventilasi yang baik juga perlu diperhatikan guna membuat ruangan lebih nyaman.  Triknya, Anda bisa menambahkan AC, jendela, serta memasang insulator di bawah genteng. Guna pembuatan jendela, disarankan agar tidak menghadap sinar matahari langsung untuk menghindari panas.  Sementara insulator, bisa dibuat dengan memakai plyurethane, aluminium foil serta glass wool. Jangan lupa untuk menambahkan skylight agar loteng Anda tetap terang saat siang hari. Untuk mendesain loteng agar bisa dimanfaatkan sebagai ruangan yang lebih fungsional, maka Anda memerlukan seorang ahli. Anda bisa meminta bantuan dari jasa desain rumah untuk merenovasi loteng menjadi ruangan yang cantik dan estetik. Dengan begitu Anda bisa mengubah ruangan yang tadinya kotor dan lembab menjadi ruangan yang cantik dan fungsional.
  5. Furniture Yang Digunakan
    Gunakan furniture yang tidak berlebihan dikarenakan loteng adalah tempat yang lebih kecil dibanding ruangan lainnya. Jangan terlalu banyak menaruh furniture agar ruangan loteng tidak terkesan sesak dan pengap. 

Ini adalah beberapa insiprasi ruangan yang bisa ditempatkan di loteng:

  1. Kamar Tidur
    Ruangan di bawah atap rumah ini bisa Anda manfaatkan menjadi kamar loteng minimalis yang cantik. Anda bisa mendesain loteng menjadi kamar tidur sesuai dengan keinginan Anda. Sama seperti kamar pada umumnya, Anda bisa menambahkan beberapa jendela di loteng tersebut agar cahaya dapat masuk ke ruangan. Anda bisa menambahkan berbagai dekorasi menarik lainnya supaya kamar menjadi terlihat lebih nyaman. Meskipun dulunya bekas gudang dan tidak terawat, namun nyatanya loteng bisa di alih fungsikan menjadi tambahan ruangan yang cantik seperti kamar tidur.
  2. Home Theater Dan Mini Bar
    Anda juga bisa memanfaatkan loteng rumah menjadi home theater. Jika Anda ingin menikmati nonton film bersama keluarga menjadi lebih berkesan, maka bisa membuat home theater sendiri di rumah. Supaya tidak mengganggu ketenangan tetangga sekitar, Anda bisa mendesain ulang loteng rumah menjadi home theater sesuai dengan keinginan Anda. Dan anda juga bisa membuat minibar untuk menemani saat anda menonton film. 
  3. Ruang Keluarga
    Untuk menghabiskan waktu bersama keluarga setelah seharian beraktivitas bisa Anda lakukan di ruang keluarga. Anda bisa menciptakan suasana hangat dan nyaman untuk mengobrol di ruang keluarga ini. Loteng bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai ruang keluarga yang nyaman. Bersantai di ruang keluarga ini bisa Anda jadikan pilihan apabila ingin menghilangkan penat. Anda bisa mendesain ruangan ini senyaman mungkin dan sesuai dengan keinginan Anda. Letakkan beberapa furniture penunjang seperti sofa, meja, dan dekorasi dinding yang lainnya. Anda dan keluarga bisa bersantai lebih leluasa di ruang keluarga ini tanpa takut terganggu aktivitas dari tetangga lainnya. Karena posisi loteng di atas, jadi bisa lebih terminimalisir dari suara bising yang mungkin masuk ke dalam rumah.
  4. Ruang Kerja
    Bagi Anda yang workaholic, tentu saja memiliki ruang kerja di rumah dapat mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa menjadi lebih fokus apabila mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan di ruang kerja ini. Anda bisa memanfaatkan loteng rumah sebagai solusi untuk menciptakan ruang kerja dengan suasana yang tenang dan mendukung. Jika tidak memiliki ruang khusus untuk kerja, terkadang Anda merasa terganggu dengan aktivitas dari anggota keluarga yang lainnya. Jadi lebih baik memiliki ruangan kerja sendiri yang tempatnya jauh dari kerumunan. Maka loteng rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.
  5. Ruang Baca
    Pada kenyataannya, loteng juga bisa dijadikan sebagi ruang baca yang nyaman. Anda bisa menciptakan perpustakaan mini di rumah dengan menggunakan loteng. Desain ruang baca tersebut senyaman mungkin, Anda bisa menambahkan kursi, meja, bahkan beberapa lampu. Bahkan Anda juga bisa mendesainnya seperti perpustakaan-perpustakaan besar. Ketika Anda ingin membaca buku dan menikmati waktu bersantai, Anda bisa menggunakan ruang baca ini. Suasana yang jauh dari kebisingan akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman membaca buku.
  6. Ruang Bermain Anak
    Supaya rumah tidak berantakan karena mainan anak yang bertebaran dimana-mana, ada baiknya Anda membuatkan ruangan khusus untuk anak Anda bermain. Anda bisa memanfaatkan loteng rumah sebagai ruang bermain anak yang menyenangkan. Karena letaknya di atas, maka pastikan Anda memberikan tambahan keamanan agar anak tetap aman saat bermain. Desainlah ruangan ini sesuai dengan kesukaan si kecil. Anda bisa menambahkan beberapa rak untuk meletakkan berbagai mainan yang anak Anda miliki. Sediakan juga meja dan kursi mini untuk anak Anda belajar.
  7. Walk In Closet
    Loteng rumah juga bisa Anda manfaatkan sebagai walk in closet. Jadi Anda tidak perlu bingung-bingung lagi untuk menyimpan pakaian dan berbagai aksesoris yang Anda miliki. Desainlah walk in closet sesuai dengan yang Anda inginkan, buatlah desain yang simple namun tetap terlihat elegan. Meskipun di loteng, walk in closet ini bisa tetap terlihat memukau.
  8. Tempat Hewan Peliharaan
    Anda bisa membuat loteng rumah untuk tempat hewan peliharaan. Contohnya kucing, anjing, ikan hias, burung, dan lain-lain. Ada bisa menaruh wall climbing untum tempat bermain kucing. Anda juga bisa menaruh tempat tidur kucing, berbagai mainan kucing, tempat makan dan minum, dan pastinya tak lupa tempat buang air besar dan huang air kecilbuntuk kucing. 
  9. Tempat Untuk Menyalurkan Hobi
    Misalnya anda suka melukis anda bisa menggunakan loteng rumah anda menjadi gallery lukis, anda juga bisa membuat tempat karaole di loteng, dan tentunya untuk mengasah bakat-bakat yang anda miliki.
  10. Gudang
    Anda bisa menjadikan loteng rumah anda menjadi gudang. Tapi mungkin dengan berbagai syarat. Seperti tidak boleh menaruh perabotan rumah tangga yang terlalu berat. Menghindari berbagai kecelakaan yang ada. 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait