Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Macam Desain Interior Kekinian, Mana Yang Cocok untuk Rumah Anda?


Desain interior memang selalu menarik untuk disimak. Menata rumah, apartemen, atau bahkan kos dengan interior yang sesuai keinginan Anda akan menambahkan kebahagiaan tersendiri dan membuat Anda menjadi lebih betah di rumah. Belum lagi jika Anda hobi berfoto, spot-spot di rumah Anda bisa jadi instagramable tanpa harus pergi keluar untuk menghasilkan jepretan dengan background estetik. Buat Anda yang penasaran apa saja gaya desain interior kekinian, ada beberapa referensi interior yang bisa Anda ikuti nih!

1. Gaya Modern

Desain modern adalah istilah dalam dunia desain yang merujuk kepada rumah dengan desain bersih, pemilihan warna sederhana, penggunaan material mencakup logam, kaca, dan baja, dan biasanya disertai dengan garis-garis bersih. Desain modern mengutamakan kesan simple di setiap elemen, termasuk furniture. Kata “ramping” biasa digunakan untuk mendeskripsikan gaya modern ini. Karena mengutamakan kesederhanaan, biasanya penggunaan aksesori dalam desain ini minim.

2. Gaya Kontemporer

Modern dan kontemporer adalah dua gaya desain interior yang sering digunakan secara bersamaan. Namun, terdapat perbedaan utama antara kedua gaya desain ini. Desain gaya kontemporer lebih cair dan fleksibel dibanding gaya modern yang lebih kaku. Contohnya, Anda masih bisa menemukan aksen garis lengkung pada gaya desain kontemporer yang tidak akan ditemukan di gaya desain modern.

3. Gaya Minimalis

Konsep minimalis adalah gaya desain modern yang sangat disederhanakan. Gaya desain ini menggunakan pilihan warna netral yang menimbulkan kesan lapang, perabot sederhana dan ramping, serta sedikit aksesori sangat sederhana demi menghindari kesan berlebihan atau flamboyan. Kesan utama yang menjadi tujuan dari penerapan gaya desain ini adalah kesederhanaan, fungsionalitas, dan keteraturan.

4. Gaya Industrial

Sesuai namanya, gaya industri terinspirasi dari gudang atau loteng kota. Bangunan dibangun dengan gaya industrial sering kali terkesan tidak selesai. Hal ini terlihat dari batu bata yang dibiarkan begitu saja, atau saluran pipa pun dibiarkan terbuka. Salah satu hunian ikonik yang dibangun dengan gaya desain industri biasanya merupakan loteng bekas bangunan industri dan telah direnovasi. Ciri khas bangunan dengan gaya desain ini adalah memiliki langit-langit tinggi, kayu tua, dan lampu gantung dari logam dengan furnitur fungsional yang sedikit. Mungkin ada satu atau dua karya seni abstrak atau fotografi untuk memperkaya warna dalam ruangan yang didominasi oleh skema warna netral, berasal dari bahan utama kayu dan logam.

5. Gaya Mid-Century Modern

Gaya mid century modern adalah gaya desain pertengahan 1900-an, terutama tahun 1950-an dan 60-an. Ada nostalgia retro yang hadir dalam desain mid century modern, dan juga beberapa elemen minimalis. Fungsionalitas yang “tidak ribet” adalah elemen utama desain mid century modern. Gaya desain ini didominasi oleh bentuk natural atau organik, seperti bentuk oval menyerupai telur, desain kontemporer yang mudah digunakan, dan fabrikasi sederhana. Gaya ini melengkapi interior ruangan apapun dengan mudah dan juga membantu untuk transisi mulus dari interior ruangan ke eksterior ruangan.

6. Gaya Scandinavian

Desain Skandinavia menekankan kesederhanaan hidup yang diterapkan di negara-negara Nordic. Pencahayaan alami yang luas, aksesori minim, dan pemilihan furniture yang fungsional menjadi ciri desain Skandinavia. Desain furnitur Skandinavia sering terlihat seperti sebuah karya seni, meskipun sederhana. Anda pun bisa merasakan fungsionalitas di furnitur yang dipahat dengan motif garis yang menarik. Karakteristik umum lainnya termasuk penggunaan putih sebagai warna yang dominan dan penggabungan elemen-elemen alami seperti kayu, plastik, dan aluminium berenamel, baja, dan papan lantai yang lebar. Terdapat aksen berupa warna berasal dari penggunaan karya seni, aksesori yang terbuat serat alami atau bulu, serta perabot tunggal.

7. Gaya Tradisional

Gaya desain tradisional melibatkan detail bernuansa klasik, perabotan mewah, dan aksesori yang berlimpah. Gaya ini berasal dari Eropa. Rumah-rumah tradisional sering menampilkan warna gelap, kayu jadi, penggunaan warna yang kaya, berbagai tekstur dan garis lengkung. Perabotan, hiasan, kain yang digunakan memiliki detail rumit, seperti beludru, sutera, dan brokat serta mencakup berbagai pola dan tekstur. Ada kesan yang dalam dan dimensi yang penuh lapis dalam sebagian besar desain tradisionalnya.

8. Gaya Transisional

Gaya transisional adalah gaya yang sangat populer karena menggabungkan gaya tradisional dan modern secara seimbang. Keseimbangan itulah yang membuat desain ini begitu menarik dan tidak terduga. Gaya transisional dapat menggabungkan bahan-bahan modern, seperti baja dan kaca yang kemudian menyatukannya dengan perabotan mewah. Desain transisional menggunakan pilihan warna yang relatif netral, menciptakan ruang dengan kesan menenangkan serta rileks bergaya, ramping, namun tetap hangat dan mengundang.

9. Gaya French Country

Warna-warna yang hangat dan bersahaja merupakan ciri khas gaya french country, dengan sentuhan perabotan kayu hias. Gaya ini terinspirasi dari rumah pertanian yang sering dilengkapi hiasan porselen, linen, serta bed cover tebal. Dengan warna-warna kemerahan, kekuningan, keemasan yang hangat dan lembut, serta bahan-bahan alami seperti batu dan bata, desain french country menawarkan kehangatan sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

10. Gaya Bohemian

Bohemian adalah gaya populer untuk desain rumah. Gaya ini mencerminkan gaya hidup tanpa beban dengan sedikit aturan yang terpenting adalah keinginan hati Anda. Rumah-rumah Bohemian biasanya dihiasi oleh perabotan vintage dan pajangan berupa lampu, permadani, dan koleksi barang-barang antik. Bantal lantai di tengah ruang duduk yang nyaman sering ditemukan di rumah bergaya bohemian. Ini sering dipadupadankan dengan lampu chandelier yang mewah, karpet sedikit usang, dan kursi tua. Gaya ini mengutamakan kebebasan dan free spirit.

11. Gaya Rustic

Desain rustic terinspirasi dari alam, sering menggunakan elemen alam seperti kayu dan batu yang dapat memberikan kesan hangat. Desain ini biasanya menggunakan langit-langit berkubah berhiaskan balok kayu atau lantai kayu, kemudian memadukan kesan tradisional dengan perabot dan aksesori yang lebih modern.

12. Gaya Shabby Chic

Shabby chic adalah gaya yang terinspirasi dari estetika vintage, tetapi dibandingkan dengan gaya Bohemia dan lainnya, cenderung lebih feminin, lembut, dan halus. Perabot shabby chic sering kali terlihat usang dengan permukaan cat cenderung memiliki sentuhan akhir bergaya antik. Warna-warna yang digunakan dalam gaya desain shabby chic biasanya meliputi putih, krem, dan pastel. Aura feminin biasanya ditunjukkan lewat lampu ruangan dan hiasan dinding dengan motif bunga-bunga.

13. Gaya Hollywood Glam

Hollywood glam adalah gaya desain yang mengesankan kemewahan. Gaya desain ini adalah gaya desain yang dramatis, sempurna untuk pemilik rumah dengan kepribadian berani. Gaya desain ini menggabungkan beberapa fitur desain Victoria, termasuk perabot yang terbuat dari beludru, jumbai, dan pemajangan barang antik. Warna-warna yang digunakan juga sangatlah berani, misalnya ungu, merah, atau turquoise.

14. Gaya Coastal / Hamptons

Gaya coastal (sering disebut sebagai gaya Hamptons) berasal dari area tepi pantai Amerika yang ikonik. Gaya ini biasanya menggunakan warna terang dengan nuansa netral yang cool, dipadukan dengan biru dan hijau. Perabot yang digunakan biasanya berwarna putih atau krem, dan dekorasi atau aksesori ruangan mengandung unsur kayu atau sesuatu diilhami oleh laut. Elemen menarik lainnya yang dapat ditemukan pada gaya desain interior ini adalah pola bergaris-garis biru dan putih yang ikonik. Anda pasti sering melihatnya di bantal, penggunaan jendela berukuran besar, sofa putih mewah, dan kayu yang dicat putih. Tujuan utama gaya desain ini adalah adalah untuk menciptakan lingkungan yang santai dan nyaman terinspirasi dari pantai dan laut.

Anda sedang mencari rumah idaman? Kini telah hadir aplikasi untuk jual, beli, sewa rumah dan properti terlengkap di Indonesia, https://onlist.id/ telah hadir untuk memberikan solusi yang nyaman dan mudah hanya dengan genggaman tangan. Find Your Dream House with OnList!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait