Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Lebih Hemat Mana, Ya? Beli Rumah Sendiri Atau Bangun Rumah Dengan Spesifikasi Yang Sama


Memiliki rumah sendiri adalah impian dari setiap orang. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan tempat tinggal akan selalu ada pada setiap  diri manusia. Selain itu, memiliki rumah sendiri mempunyai nilai memuaskan tersendiri. Saat ini, yang menjadi masalah bagi Anda yang ingin memiliki rumah adalah antara beli rumah sendiri atau bangun rumah. Kedua hal tersebut sering menjadi perdebatan di dalam pikiran. Hal ini dikarenakan kita belum tahu lebih hemat mana antara beli rumah sendiri atau bangun rumah dengan spesifikasi yang sama. Untuk dapat menentukan kedua hal tersebut, simaklah beberapa informasi dibawah ini.

Beli Rumah Sendiri Atau Bangun Rumah? Anda Yang Menentukan

Supaya Anda dapat menentukan antara membeli atau membangun rumah, Anda harus tahu keuntungan dan kerugiannya. Berikut keuntungan dan kerugian antara membeli dan membangun rumah :

Keuntungan Membeli Rumah

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari membeli rumah, seperti lebih hemat, praktis, dan lain-lain.  Dengan membeli rumah, Anda tidak perlu repot-repot membuang banyak tenaga dan waktu. Anda dapat langsung menghuni rumah yang Anda beli tanpa harus menunggu jadi. Selain itu, hal ini juga akan lebih menghemat pengeluaran Anda. Meskipun harganya mahal, akan tetapi tidak semahal ketika Anda membangun rumah. Anda juga memiliki kesempatan untuk menginvestasikan uang Anda dan menabung untuk renovasi rumah Anda. Anda tidak perlu memikirkan menipisnya dana yang Anda miliki dan takut tidak ada kelanjutan pembangunan. Dan Anda langsung bisa menempati rumah tersebut tanpa harus memikirkan hal-hal di atas.

Kerugian Membeli Rumah

Salah satu kerugian membeli rumah adalah kualitas bangunan yang tidak menentu karena Anda tidak melihat langsung proses pembangunannya. Akan tetapi kerugian ini dapat ditutupi dengan keuntungan yang didapatkan. Hal yang menjadi masalah mungkin adalah harganya yang tidak menentu. Jika Anda membeli rumah melalui tangan ketiga atau lebih, kemungkinan harganya akan lebih mahal dari biasanya. Untuk itu, belilah rumah langsung dari pemiliknya. Hal ini akan lebih memangkas harga yang diberikan. Selain itu, Anda juga akan belajar lebih mengenai transaksi dalam dunia properti.

Keuntungan Membangun Rumah

Membangun rumah memiliki keuntungannya sendiri. Seperti, dapat mengawasi pembangunan langsung, penghitungan dana lebih terpantau, harga tanah lebih murah, dan lain-lain. Dengan membangun rumah, Anda lebih dapat mengerti tentang kualitas bangunan yang Anda dirikan. Selain itu, harga tanah akan lebih murah dibandingkan dengan membeli tanah beserta bangunannya. Anda juga dapat mencatat dengan cermat dana yang Anda perlukan untuk membangun rumah. Jadi Anda akan tahu kapan akan berhenti atau melanjutkan pembangunan. 

Kerugian Membangun Rumah

Salah satu kekurangan atau kerugian membangun rumah adalah, Anda perlu banyak pengeluaran. Baik itu pikiran, tenaga, waktu, dan uang. Hal ini dikarenakan membangun rumah memerlukan banyak hal yang harus diperhatikan. Anda juga perlu mengawasi pembangunan agar tidak ada kesalahan dalam proses pembangunan. Pengawasan dilakukan juga agar desain yang Anda inginkan hasilnya tidak keliru.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda tahu untuk menentukan beli rumah sendiri atau bangun rumah. Antara beli rumah sendiri atau bangun rumah, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi kalau dilihat dari segi pengeluaran, membangun rumah dirasa lebih mahal dari pada membeli rumah. Hal ini juga bergantung Anda menyikapinya. Keputusan dan pertimbangan selalu ada ditangan Anda. Nah, jika membeli rumah adalah pilihan Anda, maka https://onlist.id/ adalah jawaban yang tepat. Dapatkan rumah impian terbaik dari website andalan Indonesia karya anak bangsa yang satu ini.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait