Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Lapisan-lapisan Tanah Serta Manfaatnya


Tahukah Anda,  tanah yang kita injak dan tempati saat ini ternyata mempunyai beberapa lapisan. Tanah adalah salah satu unsur alami yang berada dipermukaan bumi. Keberadaan tanah sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, baik itu tumbuhan, hewan, ataupun manusia. Tanah yang kita injak saat ini memiliki beberapa lapisan. Setiap lapisan mempunyai fungsi dan manfaatnya masing-masing. Lapisan tanah merupakan susunan dari berbagai jenis tanah yang juga memiliki fungsinya masing-masing. Mengetahui beberapa unsur dan lapisan yang dimiliki tanah akan sangat bermanfaat bagi penambahan wawasan Anda. Selain itu, mengetahui hal tersebut juga bisa dijadikan perhitungan Anda ketika ingin mendirikan bangunan di atas tanah. Sebelum mengetahui mengenai fungsi dari lapisan tanah, simak dahulu beberapa lapisan yang ada didalam tanah yang kita injak ini.

Lapisan Tanah : Macam-macam Struktur Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lapisan tanah merupakan susunan dari berbagai macam jenis tanah. Secara umum, bumi yang kita tempati saat ini memiliki struktur tanah yang mirip. Akan tetapi, ada juga beberapa daerah yang memiliki struktur tanah yang berbeda. Contohnya seperti di daratan Antartika, struktur tanah disana berbeda dengan struktur tanah dibelahan bumi manapun. Hal ini dikarenakan hampir seluruh daratan disana tertutup oleh es. Secara umum, struktur tanah terbagi menjadi empat, yaitu :

1. Lapisan Atas

Lapisan atas merupakan lapisan yang memiliki ketebalan sekitar 30 cm. Lapisan ini biasanya disebut dengan istilah top soil. Lapisan atas merupakan lapisan yang terbentuk dari batuan-batuan yang terkikis oleh proses alami. Batuan yang langsung terkena efek cuaca akan terurai secara alami dan akan menjadi sepihan kecil. Serpihan ini yang biasa kita sebut top soil. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling subur dikarenakan banyak terdapat unsur organik didalamnya. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling bagus untuk dijadikan sebagai lahan untuk ditanami tumbuhan.

2. Lapisan Tengah

Lapisan tengah sering kita sebut juga dengan tanah liat. Lapisan ini berada dibawah lapisan top soil dengan ketebalan sekitar 50 cm sampai 1 meter. Lapisan ini terbentuk dari pelapukan beberapa batuan dan terendap karena terbawa aliran air dari atas yang kemudian tercampur. Ciri utama dari lapisan ini adalah warnanya lebih cerah dari pada lapisan diatasnya. Lapisan ini lebih padat dari pada lapisan diatasnya. Lapisan tengah ini biasanya difungsikan sebagai bahan bangunan dikarenakan sifatnya yang mudah dibentuk dan sulit menyerap air. Lapisan ini juga biasanya dibuat sebagai bahan baku dari kerajian tanah.

3. Lapisan Bawah

Lapisan ini merupakan lapisan yang terbentuk dari endapan lapisan-lapisan yang berada diatasnya. Lapisan ini juga sedikit tercampur dengan unsur dari lapisan induk dan mulai terpengaruh proses pembentukan tanah dari dalam. Sering juga masih ditemukan bebatuan yang belum melapuk dalam lapisan ini. Lapisan ini merupakan lapisan yang sulit dijamah atau ditembus oleh akar-akar tumbuhan.

4. Lapisan Induk

Lapisan ini merupakan lapisan paling bawah yang membentuk struktur tanah. Lapisan ini terbentuk dari batuan-batuan padat. Jenis lapisan induk ini berbeda pada setiap daerahnya. Dari jenis batu  yang membentuk tanah inilah kita tahu bahwa kesuburan  tanah setiap daerah berbeda-beda. Pada lapiran induk, di dalamnya berisi bebatuan yang tidak kuat atau mudah pecah, namun pada lapiran ini sangat sulit ditembus oleh akar tumbuhan dan air. Batuan yang berada dalam lapisan ini biasanya berwarna abu-abu hingga kemerahan. Anda bisa melihat lapisan ini pada dinding-dinding tebing yang berada dipegunungan.

Keempat lapisan tanah tersebut merupakan lapisan-lapisan yang secara umum ada didalam tanah. Tidak jarang juga ada daerah yang tidak memiliki lapisan yang lengkap. Biasanya tidak memiliki lapisan atas dan tengah. Contohnya seperti tanah yang berada dipuncak gunung. Jika diperluas, lapisan tanah tidak hanya terbagi menjadi empat. Melihat dari ciri-ciri, susunan, dan profil tanah yang ada, lapisan ini terbagi beberapa macam yang disebut sebagai horizon tanah. Horizon ini terdiri dari tanah paling atas sampai tanah paling bawah. Pembagiaannya ada enam lapisan, yaitu : horizon O, horizon E, horizon B, horizon C, dan horizon R. Setiap horizon juga dibagi dalam beberapa kategori bergantung unsur yang membentuk horizon tersebut. 

Manfaat Lapisan Tanah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam setiap lapisnya tanah memiliki fungsinya masing-masing. Dari fungsi-fungsi tersebut kita akan tahu apa yang bisa kita perbuat dengan tanah tersebut. Manfaat dari lapisan tanah adalah :

1. Manfaat Lapisan Atas

Lapisan ini merupakan lapisan yang bisa kita lihat dan bisa kita rasakan langsung manfaatnya. Lapisan ini merupakan lapisan yang memiliki banyak unsur hara. Lapisan ini bisa ditumbuhi semua tumbuhan bergantung iklim yang berada diatasnya. Kandungan lapisan ini terdiri dari mineral, bahan organik, air, dan udara. Hal inilah yang membuat tanah lapisan atas ini disebut sebagai tanah organik. Pada Lapisan ini, sering ditemui cacing yang membantu kesuburan dalam tanah. Lapisan ini juga digunakan untuk tempat menancapnya tumbuhan dengan akar serabut. Sehingga tumbuhan yang berada dilapisan ini mudah untuk dicabut. 

2. Manfaat Lapisan Tengah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lapisan tengah merupakan lapisan yang terdiri dari tanah liat. Manfaat dari lapisan ini adalah unsur tanah yang mudah dibentuk dengan tangan. Sering kita temukan kalau lapisan ini dijadikan sebagai bahan pembuat bata dan kerajianan tanah liat. Sifat yang kuat jika terbakar membuat tanah lapisan tengah sangat cocok dijadikan hal tersebut. Lapisan tanah ini merupakan lapisan yang digunakan oleh tumbuhan berakar tunggang untuk mencari makanan. 

3. Manfaat Lapisan Bawah Dan Lapisan Induk

Seringkali kita berprasangka bahwa kedua lapisan ini sangat kecil manfaatnya. Padahal kedua lapisan ini sangat penting. Kedua lapisan ini merupakan penopang lapisan diatasnya. Sehingga, tanpa kedua lapisan ini, tanah diatasnya tidak adan ada. Selain itu, unsur-unsur serta jenis batuan yang berada pada kedua lapisan ini sangat berpengaruh dengan lapisan diatasnya. Selain itu, manfaat dari kedua lapisan ini juga dapat dirasakan pada pondasi serta bagian bawah bangunan. Kedua lapisan ini sering kali dijadikan sebagai penutup bagian yang kurang pada bagian bawah bangunan. Pada daerah pegunungan, kedua lapisan ini berperan sangat penting untuk penopang tebing agar tidak terjadi longsor. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai lapisan tanah serta berbagai manfaatnya. Menjaga keutuhan unsur tanah merupakan hal yang harus kita lakukan untuk kesuburan tanah yang ada. Gunakanlah pupuk organik dalam mengurus tanaman Anda untuk menjaga kesuburan dan menjaga unsur hara dalam tanah. Hal ini dikarenakan pupuk organik cocok dengan tanah dan mudah diurai oleh tanah. Berbeda dengan pupuk anorganik atau pupuk kimia. Meskipun pupuk kimia bisa mempercepat pertumbuhan tanaman, pupuk kimia akan membuat kondisi tanah mudah kering dan mengurangi unsur hara yang ada. Selain itu, mendaur ulang sampah anorganik juga bisa menjaga kesuburan tanah. Hal ini dikarenakan sampah anorganik sangat sulit diurai oleh tanah.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait