Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Keuntungan Memiliki Rumah Sendiri


Kebutuhan pokok dalam hidup adalah mempunyai tempat tinggal, kita memerlukan rumah hunian karena rumah adalah tempat kita beristirahat setelah lelahnya melakukan aktivitas. Membeli rumah adalah keputusan yang besar dan harus dipersiapkan dengan matang, butuh waktu yang panjang untuk memikirkan pertimbangannya, sampai akhirnya memutuskan untuk bertransaksi.

Salah satu faktor pertimbangan sebelum membeli rumah ialah faktor dana yang belum tercukupi. Segala cara agar cepat mendapatkan rumah sendiri adalah dengan cara mencicil dengan periode waktu yang sangat panjang. Saat ini tersedia sangat banyak solusi bagi anda yang ingin membeli rumah namun masih terpaku akan financial, seperti memanfaatkan fasilitas kredit rumah melalui KPR, menggunakan developer yang dapat membantu anda untuk membayar uang muka (DP) terlebih dahulu dan banyak fasilitas lainnya yang dapat memudahkan anda dalam membeli rumah dengan cara mencicil.

Sebelum anda menentukan pilihan fasilitas mana yang akan anda ambil, jangan lupa memperhatikan berapa persen bunga yang akan kamu tanggung. Alangkah baiknya anda memilih bunga yang rendah agar anda tidak keberatan dan proses cicilan berjalan dengan lancar.

Namun terlepas dari itu memiliki rumah sendiri memiliki keuntungan :

  1. Lebih Nyaman
    Tinggal dirumah sendiri jauh lebih nyaman, apapun yang ingin anda lakukan seperti mendekor, bahkan merenovasi itu sudah menjadi hak anda. Anda juga dapat tinggal selama apapun anda mau, karena anda tidak memiliki limit waktu karena kepemilikan rumah sudah menjadi milik anda pribadi. Lain halnya dengan mengontrak, anda seperti sedang menumpang dirumah orang lain, dan dihantui dengan biaya sewa perbulan atau pertahunya.

    Berbeda bukan? Tentu saja berbeda. Oleh karena itu, rumah sendiri lebih baik. Walaupun memang kita harus memiliki biaya yang besar untuk di awal, namun pembayaran tidak akan terasa seiring berjalannya waktu. Setelah itu anda dapat menikmati rumah anda sendiri dengan damai dan tentram. Jika anda mendambakan untuk mendekor rumah impian anda, dengan membeli rumah adalah satu-satunya cara untuk mewujudkan impian tersebut.
     
  2. Sebagai Investasi yang Menjanjikan
    Banyak orang yang sudah menjadikan properti hunian sebagai investasi, karena investasi unit rumahan memiliki keuntungan yang menanjikan untuk anda. Bagaimana tidak ? Anda tidak perlu khawatir dengan keuntungannya, karena setiap tahunnya harga rumah akan meningkat. Harga jual akan cenderung lebih mahal, dan anda akan memperoleh keuntungan berkali-kali lipat dari modal anda sebelumnya saat anda membeli hunian tersebut. Terlebih lagi, keuntungan yang anda dapatkan, bisa anda gunakan lagi untuk membeli rumah yang baru ataupun menambah aset investasi properti lainnya. Tak dapat dipungkiri, banyak orang yang tergiur akan investasi properti ini.

    Dalam perhitunganya, menyewakan properti lebih menguntungkan dibandingkan dengan menjualnya, karena pemilik rumah akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus seperti kenaikan harga properti dan pendapatan uang sewa yang anda terima. Kebanyakan permintaan properti perumahan dari para pendatang dari luar kota yang ingin bertempat tinggal tak jauh dari kantor, sekolah, mall dan lain sebagainya.
     
  3. Sebagai Prestise
    Memiliki rumah hunian pribadi adalah suatu kebanggan bagi setiap orang, apalagi dengan jerih payah sendiri. Saat ini, banyak orang khususnya orang yang masih terpaut usia mudah yang sudah memiliki rumah sendiri sebagai aset nya dimasa depan nanti. Memang tak dapat dipungkiri, memiliki rumah sendiri dapat menaikan martabat anda dimata orang-orang. Tinggal diruamh sendiri, anda dapat melakukan apa yang anda inginkan tanpa rasa ragu. Mulai dari mengecat, mendekor, dan merenov itu semua sudah menjadi hak anda.
     
  4. Dibisniskan Kembali dan Diwariskan
    Keuntungan selanjutnya adalah memiliki rumah hunian sendiri memberi peluang anda untuk melakukan bisnis seperti dikontrakan atau dijadikan sebuah kos. Dan juga rumah yang anda miliki saat ini dapat anda jadikan aset untuk anak dan cucu anda dimasa mendatang yang biasa disebut dengan warisan. Keberhasilan financial anda akan berdampak kepada anak-anak anda nantinya, sebuah penelitian menyatakan bahwa orang tua yang memiliki penghasilan tinggi maka tingkat kemungkinan anak anda juga akan memiliki rumah sendiri dimasa depan, dimana hasil tanah atau rumah yang diwariskan turun ke anak-anaknya kelak. Kemungkinan besar properti seperti rumah adalah sesuatu yang dapat diwariskan kepada anak-anak mereka.
     
  5. Mendorong untuk Rajin Menabung
    Menabung adalah cara agar apa yang ada impikan dapat terwujud, seperti memiliki rumah hunian pribadi. Agar konsisten saat menabung, anda membutuhkan kedisiplinan yang ketat agat dapat mencapai target anda dengan cepat. Dapat diketahui bahwa jika seseorang yang sudah memiliki rumah sendiri, orang tersebut akan bertanggung jawab akan pendapatan dan kebutuhan finansialnya. Karena dengan menghemat pengeluaran, anda dapat dengan mudah membayar cicilan KPR perbulannya.

Sangat menguntungkan bukan? Banyak keuntungan lainnya yang akan anda rasakan jika anda sudah memiliki rumah hunian sendiri. Punya rumah sendiri akan memakmurkan dibandingkan terus menerus menghuni rumah yang dimiliki orang lain. Walaupun terpaku oleh kondisi financial anda yang belum mencukupi, namun anda harus tetap memikirkan bagaimana caranya agar anda memiliki rumah sendiri dari sekarang. Terlebih bagi anda adalah pasangan muda yang baru saja menikah, dengan tinggal dirumah sendiri akan meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab anda. Jangan lupa dengan keuntungan berupa investasi yang akan anda raih untuk masa depan anda dan keturunan anda.

Bagi anda yang ingin memiliki hunian impian anda, anda dapat mengakses https://onlist.id/ untuk kenyamanan dan keamanan anda saat memilih rumah impian anda.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait