Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ketahui Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya Dan Apa Saja Manfaat Lidah Buaya


Apa Itu Tanaman Lidah Buaya?

Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya aloe vera merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak ditemui di wilayah Indonesia. Tanaman satu ini dipercaya memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Manfaat lidah buaya tersebut banyak digunakan untuk pengobatan serta perawatan kulit manusia.
Lidah buaya (Aloe vera) termasuk tanaman Xerofit. Xerofit adalah tumbuhan yang mampu hidup di ekosistem yang kering. Di batang lidah buaya memiliki jaringan spons yang berfungsi untuk menyimpan air.
Tanaman dengan tekstur tepi bergerigi tersebut memiliki tiga lapisan yang mana lapisan pertama fungsinya sebagai pelindung dan juga tempat sintesis dari karbohidrat dan protein. Lapisan kedua yang juga disebut lateks merupakan lapisan getah kuning yang pahit. Pada lapisan kedua ini, banyak mengandung antrakuinon dan glikosida yang sifatnya antioksidan bagi tubuh. Lapisan ketiga diisi oleh gel jernih yang mengandung 99% air. Adapun selain air, lapisan ketiga tersebut juga mengandung asam amino, glukomanan, lipid, vitamin dan juga sterol.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan:

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan
    Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.
  2. Membantu Penyembuhan Luka Bakar
    Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua. Penyembuhan luka bakar menggunakan gel lidah buaya dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka pada jaringan kulit dan membantu  proses regenerasi kulit.
  3. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut
    Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buaya, juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut, serta radang gusi.
  4. Mengatasi Gejala GERD
    Manfaat lidah buaya (Aloe vera) juga berpotensi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jus lidah buaya khususnya dapat membantu meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati.Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan, dan tetap berhati-hati terhadap efek yang mungkin ditimbulkannya.Cara mengolah lidah buaya untuk obat maag dapat dijadikan sebagai jus. Kupas dan cuci lidah buaya sampai lendir kuningnya keluar kemudian blender halus dengan air. Tambahkan madu dan aduk hingga merata sampai siap untuk diminum.
  5. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah
    Lidah buaya untuk diabetes juga dikenal sangat bermanfaat. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat mengonsumsi jus lidah buaya (Aloe vera) dua sendok makan setiap hari selama dua minggu membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa dengan pola konsumsi yang sama, kadar trigliserida dalam darah dapat diturunkan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

  1. Mengobati Jerawat
    Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang sudah banyak diketahui adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat. Cara mengoleskan lidah buaya yaitu dengan menggunakan cotton bud sebanyak tiga kali sehari.
  2. Melembapkan Kulit
    Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya adalah melembapkan kulit. Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit berminyak. Namun, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering.Semua tidak lepas dari kandungan-kandungan seperti vitamin A, C, dan E yang terdapat di dalamnya. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap, setelah mandi.
  3. Mencegah Keriput
    Sebuah penelitian menyebutkan, manfaat gel tanaman lidah buaya membantu memperlambat penuaan kulit. Pada penelitian tersebut, lidah buaya terbukti meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.
  4. Mengatasi Iritasi Kulit
    Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.
  5. Sebagai Krim Cukur Alami
    Manfaat lain dari tanaman lidah buaya yang bisa Anda rasakan adalah sebagai krim cukur alami. Tanaman ini sekaligus dapat berperan sebagai pelembap kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit.

Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

  1. Siapkan Pot 
    Siapkan pot dengan lubang drainase, atau jika anda menggunakan pot bekas, maka cuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu letakkan sepotong kain tipis di dalam pot atau di atas lubang drainase. Ini fungsinya untuk menjaga tanah agar tidak jatuh terbawa air saat menyiramnya.
  2. Tanam Lidah Buaya
    Isi pot yang sudah disiapkan sebelumnya, dengan tanah sekitar sepertiga penuh yang dicampur dengan pupuk. Kemudian tanam lidah buaya. Pastikan bagian bawah tanaman lidah buaya juga harus berada tepat di atas tanah. anda harus menyisakan setidaknya beberapa inchi ruang antara bagian atas tanah dan tepi pot.
  3. Jangan Menyiram Setelah Ditanam
    Setelah andamemasukkan lidah buaya ke dalam pot yang baru, jangan menyiramnya setidaknya selama seminggu. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya pembusukan dan memberikan waktu bagi tanaman untuk mengeluarkan akar baru.
  4. Jauhkan Tanaman Lidah buaya Dari Sinar Matahari Langsung
    Sampai tanaman lidah buaya berakar, letakkan lidah buaya di tempat yang hangat namun tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Atau anda juga bisa memakai cahaya buatan agar tanaman tetap hangat. Lidah buaya yang disimpan dalam cahaya redup sering tumbuh menjuntai ke bawah.
  5. Menjaga Suhu Lingkungan
    Lidah buaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada suhu antara 55°F dan 80°F atau 13°C dan 27°C. Dari Mei hingga September, andadapat membawa tanaman ke luar ruangan tanpa masalah, tetapi bawalah kembali ke dalam pada malam hari jika udara terasa dingin.
  6. Siram Tanaman Lidah Buaya Sedikit - Sedikit
    Untuk mencegah pembusukan, biarkan tanah mengering setidaknya sedalam 1-2 inchi di antara penyiraman. Jangan biarkan tanaman lidah buaya terendam air. Sirami setiap 3 minggu sekali dan bahkan lebih jarang disiram selama musim dingin. Gunakan jari untuk menguji kondisi tanah sebelum menyiram, dalam keadaan benar-benar kering atau tidak. Jika campuran pot dalam keadaan basah dan tetap disiram, maka akar tanaman bisa mulai membusuk.
  7. Kasih Pupuk
    Sama seperti tanaman pada umumnya, selain butuh penyiraman lidah buaya juga butuh diberi pupuk sebagai tambahan nutrisi agar tumbuh sehat. Lakukan pemupukan sebanyak satu bulan sekali dan hanya dilakukan pada musim semi dan musim panas, dengan formula pupuk tanaman hias yang seimbang dicampur dengan 1/2 pupuk khusus.
  8. Mengganti Pot
    Jika lidah buaya sudah tumbuh besar dan akarnya sudah tumbuh dengan baik, maka lakukanlah repotting atau mengganti pot dengan ukuran yang lebih besar dari pot yang sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya pertumbuhan lidah buaya tidak terhambat, atau supaya lidah buaya dapat tumbuh secara optimal.
  9. Lidah Buaya Akan Berbunga
    Pada tanaman lidah buaya yang terus tumbuh dan berkembang, biasanya akan menghasilkan tangkai bunga kecil berbentuk lonceng yang semakin tinggi. Setelah bunga kecil ini mekarnya mulai memudar, anda bisa segera memotong batang dari akarnya.

Setelah berbunga dan cukup umur, lidah buaya akan memunculkan benih baru atau biasa disebut anakan lidah buaya. Anakan ini akan tumbuh di dekat sang induk atau lidah buaya yang besar. Jika sudah tumbuh anakan, maka segera pindah anakan lidah buaya di pot yang terpisah dari indukan supaya bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda juga sudah bisa memanen indukan untuk digunakan sebagai ramuan penyubur rambut atau untuk dijadikan jelly.
Ternyata lidah buaya juga termasuk contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara tunas adventif. Kita bisa merawat lidah buaya sebagai tanaman hias yang bisa membantu membersihkan udara kotor di rumah.
Anda juga bisa merawat tanaman lidah buaya di rumah juga sebagai tanaman hias.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait