Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ketahui Cara Merawat Kolam Renang Dengan Baik Dan Benar


Kolam renang adalah suatu kontruksi buatan yang dirancang untuk diisi dengan air dan digunakan untuk berenang, menyelam atau aktivitas air lainnya.

Sejarah Kolam Renang

Kolam renang tidak menjadi populer sampai pertengahan abad ke-19. Pada 1837, enam kolam renang indoor dengan papan selam dibangun di London, Inggris. Setelah Olimpiade modern dimulai pada tahun 1896 dan lomba renang adalah salah satu cabang perlombaan awal. Sejak saat itu popularitas kolam renang mulai menyebar ke penjuru dunia modern.
Sejarah Kolam renang umum tertua yang dikenal di tanah di Amerika Serikat dibangun di Belmont, Massachusetts pada tahun 1912, dan setelah itu, kolam renang mulai tumbuh di seluruh negara. Ketertarikan dalam berenang sebagai olahraga kompetitif semakin populer di AS setelah Perang Dunia I. Mereka menjadi sangat populer sebagai perlengkapan rumah mewah setelah Perang Dunia II ketika film-film Hollywood umumnya menggambarkan aktor dan aktris terkenal yang menikmati berjemur di tepi kolam renang di bawah sinar matahari atau berenang di sore hari .
Pada abad ke-20, sejumlah lompatan dalam sains dan teknologi membawa kolam renang ke tingkat yang baru. Di antara perkembangannya, sistem klorinasi dan filtrasi yang mengantarkan air bersih ke kolam. Sebelum perkembangan ini, satu-satunya cara untuk membersihkan kolam adalah dengan mengangkat dan mengganti semua air.
Saat ini, tidak jarang melewati lingkungan yang dipenuhi dengan kolam perumahan, dengan kolam komunitas tambahan di pusatnya. Diperkirakan ada lebih dari 8 juta kolam renang di Amerika Serikat, termasuk kolam perumahan dan komersial, dan kolam perumahan di dalam dan di atas tanah.

Jenis – Jenis Kolam Renang

  1. Lap Pool
    Jenis kolam renang yang pertama adalah lap pool, yaitu kolam renang yang dibangun dengan bentuk memanjang dan sempit. Dengan membangun kolam renang model ini, seseorang dapat berenang dengan waktu yang lebih intensif. Biasanya, kolam renang yang satu ini dilengkapi dengan arus yang dibuat dengan menggunakan mesin yang dapat digunakan sebagai tempat santai.
  2. Exercise Pool
    Jenis kolam renang selanjutnya adalah jenis exercise pool atau kolam renang latihan. Kolam renang yang satu ini memang difungsikan khusus untuk melakukan latihan renang. Bentuknya lebih kecil dari kolam renang biasanya. Di sana, biasnaya terdapat sistem penggerak untuk menimbulkan arus yang menyebabkan para perenang hanya dapat berada di tempatnya.
  3. Play Pool
    Play pool adalah kolam renang khusus untuk bermain. Kolam renang ini memiliki ketinggian air yang lebih rendah dari kolam rennag lainnya dan bisanya diperuntukkan untuk anak-anak. Biasanya ini didesain dengan warna yang mencolok untuk menggambarkan perasaan anak-anak yang selalu ceria.
  4. Private Pool
    Private pool merupakan tempat berenang pribadi. Pada umumnya, tempat ini didesain dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tujuan pembangunan kolam renang pribadi adalah sebagai tempat keluarga untuk berkumpul bersama, berenang bersama, dan menikmati kebahagiaan keluarga.  Kolam renang jenis ini dapat dibangun di belakang rumah maupun disamping rumah yang menyatu dengan taman atau kebun.
  5. Free Form
    Free form ini meru[akan tipe kolam renang dengan bentuk “bebas” atau tidak menentu. Kolam renang ini biasanya dibangun dengan bentuk yang tidak beraturan sehingga akan menimbulkan nuansa yang lebih natural untuk melakukan kegiatan berenang Anda. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan menyatu dengan alam.
  6. Geometris
    Kolam renang geometris merupakan kebalikan dari kolam renang free form, di mana dalam pembangunannya memang bertujuan untuk memberikan kesan yang formal dari kolam renang miliknya. Jenis kolam renang yang satu ini  biasanya dibanhgun di sekolah-sekolah atau di tempat kompetisi renang. Untuk mendesain kolam renang tersebut, Anda tidak memerlukan aksesoris atau ornamen lainnya.

Ukuran Kolam Renang Rumah Atau Pribadi

Berbeda dengan dua kolam renang sebelumnya, ukuran kolam renang pribadi atau rumah biasanya mengikut ketersediaan lahan kosong, yang tersedia di area rumah tersebut.Maka dari itu, semakin besar lahan yang anda miliki untuk membangun sebuah kolam renang, maka semakin besar pulalah ukuran kolam renang yang bisa dibangun.Meski begitu, jika merujuk pada kebiasaan umum, ada ukuran rata-rata yang biasa digunakan oleh orang-orang ketika membangun kolam renang pribadi di rumah, seperti:

  • 3x7 meter
  • 3x8 meter
  • 3,5x10 meter
  • 4x10 meter
  • 5x12 meter

Cara Membersihkan Kolam Renang

  1. Siapkan Alat Penyaringan Yang Sesuai Peruntukanya
    Banyak kita temukan bahwa kolam renang berada dekat dengan pepohonan yang rindang. Tentunya akan ada sampah atau daun yang bisa masuk ke kolam renang. Hal ini juga harus menjadi perhatian. Daun yang kering maupun yang basah harus dibersihkan setiap hari agar air kolam tidak cepat berubah hijau. Selain itu kotoran sampah daun juga akan sangat mengganggu pemandangan. Gunakanlah sebuah alat leaf skimmer sebagi media pembersihan sampah dikolam renang.
  2. Vacuum Kolam Secara Rutin
    Kegitan vacuum kolam renang harus dilakukan secara rutin agar debu dan kotoran tidak mengerak. Untuk kolam yang sering dipakai pembersihan vacuum bisa dilakukan 2x dalam seminggu untuk menjaga kondisi kolam agar bersih dan siap pakai.
  3. Meyikat Lantai Dan Dinding Kolam Renang
    Saat proses pembersihan kolam renang secara rutin, selain melakukan vacuum adalah dengan menyikat kolam renang. Ini berguna untuk menghilangkan kerak atau lumut yang tidak terangkat oleh vacuum. Penyikatan harus dilakukan secara merat pada bagian lantai dan dinding kolam. Terutama bagian pojok yang menghubungkan lantai dan dinding. Karena bagian ini sangat susah dijangkau oleh vacuum.
  4. Penambahan Chemial
    Selain menjalankan beberapa langkah diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan pengetesan kadar CL dan pH secara rutin. Minimal 2x dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi air aman dai kuman dan penyakit.
  5. Melakukan Backwash
    Cara praktis selanjutnya adalah dengan melakuakan backwash dan rine. Kedua cara ini adalah untuk membersihakn filter kolam rennag dari menunpuknya kotoran yang tersaring dalam filter. Sehingga proses penyaringan berjalan lancar dan sempurna.

Mengapa Kolam Renang Perlu Dibersihkan Tiap Minggu

Mengapa kolam renang perlu dibersihkan tiap minggu? Hal tersebut ditujukan agar tidak ada bakteri atau jamur mudah berkembang dalam kolam renang. Berikut bahaya kolam renang yang kotor terhadap kesehatan anda :

  1. Terkena Infeksi Mata
    Infeksi pada mata sering kali ditemukan kepada seseorang yang melakukan berenang di fasilitas umum. Biasanya orang yang sering terkena infeksi mata adalah orang yang melakukan renang dengan menggunakan lensa kontak. Selain itu juga sering terjadi pada orang yang berenang tanpa menggunakan kacamata renang. Biasanya hal utama yang menyebabkan terkena infeksi adalah adanya Amuba jenis Naegleriasis dan Acanthamoebiasis.
  2. Infeksi Jamur Kaki
    Kolam renang yang kotor juga dapat mengakibatkan adanya jamur Tinea Pedis yang berkembang, tak hanya pada bagian kolam tapi juga pada lantai sekitar kolam. Jamur tersebut akan menyebabkan kaki mengelupas, namun tidak ada rasa sakit yang timbul dari pertumbuhan jamur. Walaupun tidak ada rasa sakit yang timbul, jamur tersebut akan cepat berkembang dan menambah parah keadaan kaki anda jika tidak diobati.
  3. Diare
    Penyakit diare akan mudah menular kepada pengguna kolam renang yang memiliki sanitasi yang buruk. Hal tersebut akan menyebabkan berkembangnya bakteri Eschericia Coli di kolam renang. Bakteri tersebut akan menyerang pengguna kolam renang pada bagian usus dan akan menyebabkan diare. Jika terserang diare, segeralah melakukan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi serius.
  4. Infeksi Kulit
    Bakteri penyebab infeksi kulit adalah Psudomonas Aeruginosa, bakteri yang akan mudah berkembang dalam kolam renang yang mengandung klorin. Bakteri akan menyebabkan anda ruam pada kulit dan gatal-gatal.

Nah, Karena kolam renang harus dibersihkan secara rutin agar tidak menimbulkan lumut dan kotor. Perawatan kolam renang inilah yang membuat banyak orang kesulitan. Selain ukurannya yang cukup besar, terdapat banyak langkah yang harus dilakukan dalam membersihkan kolam renang. Anda bisa membersihkannya sendiri atau membayar jasa ke pihak yang menerima jasa pembersihan kolam renang.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait