Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Ketahui Aparthouse, Hunian Tapak Sensasi Apartment Yang Cocok Untuk Kaum Muda


Mencari hunian yang tepat di zaman modern seperti sekarang ini terasa sangat sulit. Terutama bagi kaum urban yang membutuhkan hunian praktis, berada di tengah kota dan juga memiliki Sertifikat Hak Milik atau SHM. Meskipun begitu, berbagai jenis hunian baru kini hadir dengan konsep yang menyesuaikan keinginan para kaum urban. Mulai dari lokasi, harga, bentuk hingga desain yang up to date. Saat ini ada konsep hunian baru yakni aparthouse yang disinyalir akan jadi tren hunian.
Berada di pusat kota, namun dengan harga jualnya lebih terjangkau. Saat ini aparthouse baru tersedia di beberapa lokasi seperti Jakarta, Depok dan Tangerang. Untuk anda ketahui, aparthouse adalah konsep hunian tapak rasa apartemen yang dibangun di pusat kota dengan dilengkapi berbagai fasilitas. Konsep ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi sejumlah orang yang ingin tinggal di tengah kota, tetapi tidak atau bukan apartemen melainkan serasa rumah tapak. Nah, buat Anda yang penasaran apa itu aparthouse, untung rugi, hingga pilihan huniannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Aparthouse 

Aparthouse adalah kependekan dari apartemen house. Secara definisi, aparthouse adalah hunian tapak rasa apartemen yang lengkap dengan berbagai fasilitas serta lokasi nan strategis. Sebenarnya konsep rumah apartemen sudah populer di dataran Amerika pada tahun 1870-an untuk mengatasi ledakan populasi, krisis rumah di perkotaan dan keterbatasan lahan. Dalam pengembangannya, arsitek setempat membuat hunian dengan bentuk seperti apartemen tapi interiornya dirancang seperti rumah tapak yang memiliki kenyamanan tersendiri.
Untuk menghubungkan lantai satu dan lainnya dibuat konsep split level. Konsep ini sangat mempengaruhi fungsi di setiap lantai. Bangunannya sendiri umumnya berupa gedung dua setengah lantai yang tiap unit memiliki rooftop sebagai private sky garden masing-masing individu. Rooftop tersebut dapat difungsikan sebagai teman bersantai, taman kecil, atau area olahraga. Intinya, aparthouse seperti rumah tingkat yang di dalamnya diisi oleh perabotan lengkap dan memiliki 2-3 kamar tidur. Sekilas konsep ini hampir mirip dengan townhouse namun versi ukuran dan pembangunannya berdiri di lahan yang lebih terbatas. Menariknya lagi, bangunan ini memiliki Sertifikat Hak Milik atau SHM.

Keuntungan Memiliki Aparthouse

  • Hunian Sudah Berstatus SHM
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa aparthouse adalah hunian yang memiliki Sertifikat Hak Milik atau SHM. Bukan seperti apartemen biasa yang hanya memperoleh sertifikat strata title. Status ini tentu menjadi keunggulan yang menarik minat pembeli. Pasalnya, mereka memiliki hak penuh atas hunian yang dibeli karena legalitasnya jelas. Selain itu, anda juga tak perlu repot memperbarui serta memperpanjang sertifikat seperti HGB apartemen.
  • Lokasi Strategis
    Keunggulan lainnya dari apartemen house yakni penempatan lokasinya yang berada di titik-titik strategis. Bagi anda yang menjadikan lokasi sebagai salah satu syarat dalam pencarian hunian, menempati apartemen house merupakan solusi jitu. Tak hanya itu, akses menuju tempat-tempat penting lain seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga kawasan pendidikan pun akan sangat mudah.
  • Didesain Dengan Modern
    Para pengembang hunian ini umumnya, akan membangun dengan desain yang modern sebagai daya tarik bagi calon konsumen. Desain hunian tapak tersebut, dibangun untuk dapat mengakomodasi kebutuhan ruang bagi kehidupan modern penghuninya.
  • Mengusung Konsep Smart Home
    Perabotan elektronik yang terkoneksi dengan smartphone menjadi keuntungan lainnya jika anda tinggal di apartemen house. Keunggulan ini memungkinkan anda untuk mengatur segala perabotan dari jarak jauh. Misalnya dalam mengatur lampu atau kulkas, bahkan biasanya hunian dengan konsep apartemen house telah dilengkap smart lock system lewat sidik jari.
  • Harga Bersaing
    Harga aparthouse bisa dibilang terjangkau meski berada di lokasi premium. Bahkan jika biasanya hunian tiga lantai diberi harga tiga miliar, aparthouse bisa jadi separuhnya. 

Kekurangan Memiliki Aparthouse

  • Fasilitas Bersama Yang Terbatas
    Mungkin bagi beberapa “workaholic” yang menjadikan rumah untuk tempat istirahat, fasilitas bersama tidak terlalu penting. Tapi, tetap saja hadirnya fasilitas internal di dalam area hunian menjadi salah satu hiburan dan pelepas penat. Jika Anda mengharapkan hunain dengan fasilitas mewah super lengkap, rumah apartemen ini belum bisa memenuhi kebutuhan bersama seperti halnya cluster-cluster di perumahan. Hal ini disebabkan keterbatasan lahan yang membuat pengembang mau tidak mau memangkas fasilitas tersebut.
  • Denah Rumah Tidak Ramah Lansia Dan Anak-Anak
    Aparthouse sengaja didesain untuk millennial. Oleh karena itu, layoutnya kurang ramah untuk lansia dan anak-anak. Pasalnya, karena ukurannya kecil bangunan ini dibuat bertingkat dengan banyak anak tangga. Jadi, kurang direkomendasikan jika anda memiliki keluarga lansia yang fisiknya kurang prima. Untuk anak-anak sendiri, aparthouse bisa jadi area yang berbahaya, sekalipun bisa ditangani dengan menambahkan pengamanan tertentu.

Rekomendasi Aparthouse

Buat anda yang tertarik ingin tinggal di aparthouse, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan. 

  1. Aparthouse River 8 Residence
    Apabila menjadi aparthouse di area Pancoran, maka anda bisa memilih Aparthouse River 8 Residence ini. Hunian ini memiliki tiga setengah lantai dengan interior yang compact serta penambahan lantai mezzanine sebagai area tambahan. Selain itu, terdapat pula rooftop yang dapat difungsikan sebagai tempat olahraga, bekerja, dan area santai bersama. Rumah ini pun menyediakan taman dengan air mancur yang akan membuat lingkungan lebih nyaman dan menenangkan. 
  2. Aparthouse Crystal
    Aparthouse Crystal sendiri merupakan rumah apartemen tiga lantai bersertifikat SHM di kawasan Cilandak yang dibangun dengan konsep smart living. Untuk unitnya terdapat dua pilihan tipe seperti Tipe Cadmium dengan 2 kamar tidur dan Tipe Titanium 3 kamar tidur. Dan semuanya dibangun dalam jumlah yang terbatas. Lokasi Apart House Crystal dikelilingi oleh berbagai fasilitas penting terutama pusat transportasi umum seperti stasiun MRT yang jaraknya hanya 750 m dari hunian.
  3. Sembawang Aparthouse
    Satu lagi aparthouse di Jakarta, yakni Sembawang Aparthouse yang menawarkan fasilitas apartemen rumah 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, 3 lantai, rooftop, dan fasilitas clubhouse yang bisa dinikmati oleh penghuni.
  4. Aparthouse Munjul
    Aparthouse Munjul merupakan salah satu apartemen rumah dengan konsep bangunan 2 lantai yang dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, listrik 1300 watt, dan eksklusif hanya 7 unit perumahan yang ditawarkan.

Beda Aparthouse Dan Compact House

Banyak orang awam menyamakan hunian tapak itu dengan compact house. Namun, ternyata keduanya berbeda. Perbedaan yang paling bisa dirasakan oleh sang penghuni, yakni terdapat pada luasannya. Umumnya, para developer aparthouse akan membangun, dalam ukuran 12 meter persegi hingga 40 meter persegi
Sedangkan, compact house alias rumah mungil terpadu ukurannya dibangun lebih besar bila dibandingkan aparthouse. Rumah mungil terpadu biasanya dibangun di lokasi pinggiran  kota, serta diperuntukkan bagi keluarga kecil, dan punya fungsi ruang yang terbilang lengkap. Kendati demikian, kekuatan residensial ini sendiri terletak pada segi lokasi yang strategis dan fasilitas selaiknya di dalam apartemen. Developer hunian itu juga akan membuat lokasi bangunan, yang dekat dengan segala akses ke fasilitas publik.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait