Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Marmer Pada Rumah


Apa Itu Marmer?

Marmer dalam bahasa inggris disebut marble, sering pula disebut sebagai batu pualam, bertekstur granoblastik, yang disusun oleh sebagain besar mineral kalsit dan dolomite merupakan hasil proses metamorfose kontak atau regional dari jenis batu gamping. Oleh sebab itu jenis marmer sangat tergantung dari jenis batuan asal.

Fungsi Marmer?

1. Penghias Bangunan/Rumah
Karena marmer adalah salah satu jenis batu yg tahan lama, mudah dibersihkan dan memiliki tampilan yg indah, sehingga sering digunakan sebagai bahan penghias rumah. Tidak hanya lantai, bisa juga digunakan pada dinding, tangga, pilar, dll. Kesan mewah, elegan, ekslusif membuat batu jenis ini menjadi pilihan terbaik untuk penghias rumah.

2. Bahan Pembuatan Furnitur/Ornamen 
Furnitur terbuat dari kayu, tentu sudah biasa. Bagaimana kalau marmer adalah bahan utama yg digunakan? 
Tentu Anda sering melihat meja atau kursi yg menggunakan marmer sebagai bahannya.
Tidak terbatas pada meja dan kursi saja, beberapa kerajinan juga menggunakan marmer untuk mendongkrak harga dan nilai estetika/seni. Seperti Guci misalnya.

3. Batu Nisan 
Kita sering melihat batu nisan, terkadang lupa bahwa salah satu bahan yg paling sering diminati adalah batu marmer. Sifatnya yg tahan lama, anti lumut, tahan hujan dan panas, membuatnya menjadi pilihan utama untuk bahan pembuatan batu nisan. Belum lagi coraknya yg sangat beragam.

4. Bahan Utama Cairan Pembersih 
Batu Marmer mengandung kalsit, mineral dengan tingkat kekerasan mosh (istilah skala yg digunakan untuk menentukan tingkat kekerasan) tiga, sifat lembut, tidak menyebabkan kerusakan. Hal itu yg menjadikan alasan batu marmer digunakan sebagai bahan utama cairan pembersih.

5. Bahan Pupuk Tanaman 
Saat Batu marmer dipanaskan, maka kandungan karbondioksida akan terbuang. Dan tinggal zat kapur yg tersisa (zat kapur juga disebut kalsiumoksida). Ternyata zat yg satu ini bisa digunakan untuk mengurangi tingkat keasaman pada tanah (pH tanah). Di mana tingkat keasaman tanah sangat memengaruhi tanaman. Karenanya, batu marmer digunakan sebagai bahan pupuk tanaman. Tentunya harus diterapkan dengan jenis pupuk 
lainnya sebagai nutrisi tambahan.

6. Bahan dasar Pewarna 
Pernah mendengar tentang Kapur sirih? Kapur sirih merupakan serbuk putih yg didapatkan dari proses pengolahan marmer putih. Kapur sirih ini sering digunakan sebagai bahan dasar untuk cat, pigmen dalam kertas, brightener, dll.

7. Penetral Keasaman 
Karena memiliki kandungan kalsium karbonat, batu marmer digunakan sebagai penetral asam. Zat tersebut yg membuat marmer adalah jenis batuan yg sangat efektif untuk menetralisir tingkat keasaman. Selain tanah, penetral keasaman juga digunakan dalam industri kimia dan asam dalam tubuh manusia.

8. Bahan Suplemen Penambah Kalsium Ternak 
Dengan tekstur / sifatnya yg lembut dan kadar kalsium yg tinggi, membuat batu marmer ini dimanfaatkan sebagai bahan suplemen ternak. Umumnya hewan seperti sapi dan ayam adalah hewan yg membutuhkan banyak kalsium. Karena peternak menginginkan kualitas dan kuantitas dari hasil hewan tersebut, yaitu susu dan telur.

9. Alat Terapi 
Ternyata batu marmer bisa digunakan sebagai alat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh kita. Dengan aliran darah lancar, nutrisi pun akan dengan mudah tersebar ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, batu marmer juga bisa menjadi dekongestan yg sangat ampuh untuk meredakan pembengkakan dalam tubuh. Biasanya batu marmer akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan & ukuran tertentu dan digunakan secara bersamaan dengan batu panas. Dengan menggunakan batu marmer dan batu panas, penyempitan di dalam organ tubuh pun akan berkurang.

Jenis – Jenis Marmer

1. Batu Marmer Statuary
Salah satu jenis batu marmer yang paling banyak digunakan adalah batu marmer statuary. Memiliki karakteristik berwarna putih dan tekstur yang halus mengkilap membuatnya dapat memikat banyak orang. Tampilannya membuat batu marmer ini cocok digunakan untuk memperkuat konsep simpel dan sederhana namun tetap terlihat elegan. Batu marmer statuary sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kesan mewah namun tidak berlebihan.

2. Batu Marmer Onyx
Mirip seperti batu onyx yang memiliki tampilan sedikit transparan dan tampak berlapis-lapis membuatnya tampak begitu mewah. Batu marmer jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding marmer jenis lainnya sehingga jarang digunakan sebagai penghias dalam rumah minimalis. Namun batu marmer jenis ini tetap banyak diminati terutama untuk bangunan mewah seperti hotel atau gedung-gedung mewah.

3. Batu Marmer Limestone

Kemudian ada batu marmer jenis limestone yang juga cukup populer dan banyak menjadi incaran. Batu marmer jenis ini memiliki warna beige dan sedikit kecoklatan dengan corak yang begitu menarik sehingga tampak begitu natural. Selain itu batu marmer limestone juga memiliki keunggulan mudah dibersihkan, anti lumut, dan tidak licin saat terkena air. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan batu marmer limestone sebagai material pembuat kolam renang.

4. Batu Marmer Breccia

Salah satu ciri utama yang cukup menonjol dari batu marmer jenis ini adalah teksturnya yang kasar. Meski begitu, corak dari marmer breccia cukup menarik dan tak lekang oleh waktu. Oleh sebab itu batu marmer jenis ini banyak digunakan pada bagian eksterior rumah untuk menonjolkan kesan yang berkarakter.

5. Batu Marmer Shell
Batu marmer shell memiliki corak yang cukup unik dan eksentrik karena terbuat dari fosil yang mengendap di dalamnya. Hal tersebut membuat batu marmer jenis ini sangat unik dan estetik. Meski begitu harga dari batu marmer jenis ini pun begitu mahal sehingga cukup jarang ditemui pada rumah minimalis.

Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Marmer

Kelebihan Marmer
1. Mempunyai Banyak Variasi
Guratan pada permukaan marmer dipercaya dapat memberikan kesan eksotis yang mewah. Beragam variasi motif pun bisa ditemukan pada marmer, dari yang bening seperti gelas hingga yang dipenuhi dengan mineral berkilau.

2. Mudah Dirawat dan Tahan Lama
Marmer merupakan material alam yang kuat dengan proses pengolahan yang juga dapat meningkatkan ketahanannya. Hal ini membuat marmer tidak mudah rusak dan dijamin tahan lama. Kilau mineral penyusunnya juga tidak akan berubah kusam dan membuat ruangan Anda tetap berkilau.

3. Dapat Digunakan pada Semua Ruangan
Marmer dapat Anda gunakan di mana saja, mulai dari ruang tamu, dapur, kamar, teras, atau ruangan lainnya. Motifnya yang bervariasi juga membuat Anda mudah memilih marmer mana yang sekiranya sesuai dengan konsep desain ruangan.

Kekurangan Marmer
1. Harganya Cukup Mahal
Yap, untuk membeli material ini, Anda harus mengeluarkan biaya tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan membeli keramik biasa per meternya. Tampilan alaminya yang unik ditambah proses produksinya yang rumit membuat harga jual marmer memang tinggi.

2. Permukaannya Licin
Pada proses pembuatannya, finishing dan pembakaran membuat lantai marmer menjadi licin. Dalam keadaan basah, lantai juga tidak cepat kering. So, pada kamar mandi, tegel marmer lebih cocok dipasang pada dinding atau counter kamar mandi.
Jika ingin dipasang pada bagian lantai, sebaiknya pasang pada area kamar mandi yang kering. Untuk Anda yang memiliki anak, sebaiknya jangan menggunakan marmer di lantai ruang-ruang bermain anak agar buah hati Anda tidak terpeleset.

3. Pemasangannya Cukup Sulit
Untuk memasang lantai dengan material ini, dibutuhkan kecermatan dan kejelian yang tinggi. Salah sedikit, lantai marmer bisa pecah. Material pembentuk lantai marmer juga sangat reaktif dan bisa rusak saat terhadap larutan yang bersifat asam.

Harga Update Marmer 2021

1. Harga Marmer Lokal

Produk Harga Ukuran
Crema Iks Rp 619.000 Rp619.000 60 x 60
Crema Iks Rp 653.000 Slab
Crema Mangilu Rp 1.050.000 Slab
Crema Mangilu Rp 973.000 60 x 60


2. Harga Marmer Statuario

Produk Harga Ukuran
Statuario Bookmatch (Marmer impor Slab) Rp1.025.000 Slab
Marmer Buatan x03 Statuario Rp1.040.000 Slab
Marmer Lembaran Buatan 1220 x 2440 x 3,8 mm Rp1.030.000 Slab
Marmer Statuario Venato Marmer Putih impor Italy Rp1.8500.000 Slab
Statuario Marmer Rp3.255.500 Slab
Statuario Statuario (Marmer impor) Rp2.815.000 Slab
Statuario Marmer Putih/Quart Stone Rp1.4200.000 Slab


3. Harga Marmer Citatah

Produk Harga Ukuran
Marmer Citatah Lokal Rp305.000 Slab
Marmer Citatah Lokal Rp475.000 Slab


4. Harga Marmer impor

Produk Harga Ukuran
Portoro Silver Rp1.230.000 Slab
Snow White Rp2.135.100 Slab
Serpegiante Grey Rp1.300.450 Slab
White Carrara Rp 1.150.000 Slab
Statuario Rp3.610.000 Slab
Nero Marquina Rp850.450 Slab
Dark Emperador Rp1.390.000 Slab
Light Emperador Rp1.414.000 Slab
Saint Laurent Rp920.000 60P
Nero Assoluto Rp1.295.050 Slab
Black Gold Rp1.283.000 Slab
Travertine Cream Rp1.8500.100 Slab

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait