Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Kelebihan, Kekurangan, Serta Daftar Harga Atap Galvalum 2022


Rumah, sejatinya menjadi tempat kita berlindung dan juga beristirahat. Karenanya, kita harus memastikan semua bahan material yang digunakan tidak hanya aman tapi juga kuat dan tahan seiring berlalunya waktu.

Apa Itu Atap Galvalum?

Atap galvalum adalah jenis atap dengan bahan dasar baja ringan yang dilapisi aluminium, silikon dan seng (zinc) dengan masing-masing komposisi 55% aluminium, 43,5% seng dan 1,5% silikon. Komposisi lapisan tersebut bertujuan untuk melindungi baja dari oksidasi sehingga tidak mudah berkarat. Kata galvalum sendiri berasal dari komposisinya yaitu galvanis dan aluminium. Hal itulah yang membuat atap jenis ini istimewa.
Inovasi atap modern ini pada mulanya berasal dari Jepang, namun saat ini telah banyak digunakan di berbagai negara. Di Jepang, atap ini digunakan untuk mengatasi dampak gempa yang cukup sering terjadi di sana. Di Indonesia sendiri, sebagai negara yang rawan terjadi gempa sangat direkomendasikan menggunakan atap jenis ini untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian.

Kelebihan Atap Galvalum

  1. Atap galvalum Bebas Dari Rayap
    Seperti diketahui bahwa penggunaan atap kayu rentan dimakan oleh rayap, apalagi kalau jenis kayu yang digunakan kualitasnya kurang bagus. Rayap menjadi momok yang menakutkan bagi orang-orang yang memiliki rangka rumah dari kayu. Solusinya, kamu bisa mempertimbangkan memakai atap galvanum yang lebih kokoh dan tahan rayap. Jadi, kamu nggak perlu repot menyiapkan cara membasmi rayap di rumah!
  2. Galvalum Lebih Fleksibel
    Desain bangunan masa kini lebih bervariasi dan tak terkesan kaku. Misalnya saja, atap didesain melengkung bahkan menjuntai hingga hampir menyentuh tanah. Untuk membentuk atap semacam ini, tentu memerlukan material yang sangat fleksibel dan bisa mengikuti keinginan arsitek, contohnya atap galvalum. Atap galvalum tidak hanya berbentuk lembaran lurus, melainkan juga ada yang melengkung. Penemuan atap lengkung galvalum membuat tampilan atap lebih menawan dan kuat sebab tak ada sambungan pada panjang atap. Itulah mengapa panjang atap galvalum bisa dipesan sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang bosan dengan warna atap itu-itu saja, tampaknya tak perlu khawatir karena atap galvalum ada yang berwarna silver, merah, biru, hijau, dan lainnya.
  3. Atap Galvalum Ringan Dan Mudah Dipasang
    Atap galvalum atau baja ringan memiliki bobot kurang lebih 9 kg per m2. Disebut galvalum karena memiliki singkatan dari galvanis dan aluminium. Rangka atap galvalum biasa digunakan untuk atap rumah. Bobotnya yang ringan mempermudah proses pemasangan. Penggunaan model atap galvalum juga akan menghemat pengeluaran biaya tukang serta waktu yang singkat. Rangka atap baja ringan memiliki sistem sambungan yang gampang untuk dirangkai, cukup menggunakan baut, sekrup, atau keeling untuk mengganti atap.
  4. Tidak Mudah Terbakar
    Jika kamu adalah orang yang memperhatikan aspek keamanan, atap galvalum akan jadi pilihan yang pas untukmu. Sebab, material ini bersifat non- combustible, tidak memicu pembesaran api. Jadi, jika sewaktu-waktu hunian kamu mengalami kebakaran, atap galvalum tidak akan mudah terbakar atau membuat api semakin besar. Berbeda dengan rangkaian atap kayu yang justru akan memantik api menjadi lebih besar.
  5. Hemat Dan Perawatan Mudah
    Tak hanya terhindar dari serangan rayap, atap galvalum juga awet dalam menghadapi cuaca panas maupun hujan. Jika atap kayu mudah mengalami pelapukan, maka atap galvalum dapat bertahan hingga puluhan tahun. Kelebihan lain dari atap galvalum adalah perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Karena terbuat dari baja ringan maka tidak mudah rusak jika tertimpa benda berat, terpaan angin maupun gempa. Selain itu, jika kotor dan berdebu maka atap galvalum akan bersih dengan sendirinya. Terutama  jika atap galvalum terkena air hujan.
  6. Dapat Didaur Ulang
    Jika kamu tipe orang yang sangat peduli dengan lingkungan, material galvalum adalah pilihan yang cocok untukmu. Sebab, atap galvalum yang sudah tidak terpakai dapat digunakan kembali untuk membuat bagian lain dari konstruksi rumah. Kamu juga dapat melelehkan material galvalum untuk dijadikan salah satu bahan bangunan yang lain atau material pondasi. 

Kekurangan Atap Galvalum

  1. Atap Galvalum Bisa Cepat Panas 
    Untuk hal ini bergantung pada iklim atau cuaca pada lingkungan sekitarmu. Meskipun sifatnya yang tidak merambat api, namun ternyata Atap Galvalum bisa menyerap panas. Setidaknya atap galvalum tetap mengurangi panas menjadi hangat, jika dipasang menjadi kanopi pada teras rumah Anda.
  2. Atap Galvalum Cenderung Bising
    Jika atap Anda kejatuhan benda dari atas, semisal buah maka akan terdengar suara yang cukup berisik. Tidak hanya itu, saat hujan mengenai atap galvalum, Anda juga akan mendengar suara yang lebih keras daripada saat hujan mengenai atap genteng.
  3. Atap Galvalum Memerlukan Teknik Pemasangan Khusus
    Berbeda dengan triplek maupun kayu, atap galvalum harus dipasang oleh para ahli dengan menggunakan teknik khusus. Meskipun proses pemasangan tidak membutuhkan waktu yang lama, atap galvalum harus dipasang secara bertahap dan hati – hati.
  4. Warna Atap Galvalum Bisa Pudar
    Jika Anda memiliki atap galvalum karena beragam warnanya itu hal yang sangat wajar. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa warna atap galvalum bukanlah warna alamiah materialnya. Itulah mengapa, warna atap galvalum bisa pudar dalam pemakaian jangka lama.

Tips Memilih Galvalum Berkualitas

Jika Anda tertarik menggunakan galvalum, perhatikan tips berikut ini untuk mendapatkan galvalum yang berkualitas dan memiliki performa yang baik.

  1. Sesuaikan Dengan Rangka Atap
    Saat hendak memilih atap model galvalum, Anda harus melihat terlebih dahulu bentuk rangka atapnya bagaimana. Rangka dan model atap yang sesuai akan memudahkan proses pemasangan galvalum sekaligus membuat tampilan lebih menarik.
  2. Pilih Produk Bergaransi
    Salah satu tanda produk tersebut berkualitas adalah dengan adanya garansi. Saat Anda memilih galvalum bergaransi, maka Anda akan mendapatkan kualitas yang baik. Keuntungan lainnya, jika ada kerusakan maka akan dijamin dengan garansi tersebut.

Ukuran Dan Harga Atap Galvalum

No Nama Seng Galvalum Tipe Ukuran  Satuan  Harga
1. Baja Lapis Seng Gelombang   0,20 mm x 1,8 m x 80 cm Lembar Rp47.000
2. Baja Lapis Seng Gelombang   0,25 mm x 180 cm Lembar Rp60.000
3. Baja Lapis Seng Gelombang   0,25 mm x 210 cm Lembar Rp69.000
4. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,4 1,219 x 1m x 4,12 kg Meter Rp118.000
5. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,5 1,219 x 1m x 5,08 kg Meter Rp147.000
6. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,6 1,219 x 1m x 6,11 kg Meter Rp173.000
7. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,4 1,219 x 2,438 m x 10,05 kg Lembar
Rp273.000
8. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,5 1,219 x 2,438 m x 12,38 kg Lembar Rp337.000
9. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,6 1,219 x 2,438 m x 14,9 kg Lembar Rp401.000
10. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,4 1,219 x 25 m Roll Rp2.923.000
11. Plat Baja Lapis Seng Galvalum 0,5 1,219 x 25 m Roll Rp3.603.000

 

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait