Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Kelebihan Dan Kekurangan Membuat Kamar Kos Di Dalam Rumah Yang Juga Dihuni Pemilik


Para perantau yang tinggal jauh dari tempat tinggal aslinya banyak yang memutuskan untuk mengekos. Mereka yang tinggal jauh dari tempat tinggal asli biasanya untuk bekerja, menempuh pendidikan, dan masih banyak lagi alasan perantau yang ngekos. Tapi tidak semua perantau memutuskan untuk kos. Mereka bisa kontrak rumah, tinggal bersama sanak saudara, tinggal di appartement, dan sebagainya. Dan juga bukan hanya perantau saja yang tinggal dikos. Ada juga keluarga, pasangan, perseorangan yang memustuskan tinggal di kos meskipun berada di domisili sendiri. Alasannya karena mereka tidak memiliki rumah, rumah asli ke tempat bekerja/belajar terasa kejauhan sehingga mereka memutuskan untuk kos. 
Kos-kosan merupakan salah satu tempat penyedia jasa penginapan atau tempat tinggal sementara yang memiliki beberapa fasilitas yang tersedia, dan juga mempunyai harga yang telah ditentukan oleh pemilik kos, sedangkan lama waktu penyewaan ditentukan sendiri oleh penyewa kamar.
Mengapa disebut kos-kosan? Kata ini diserap dari frasa bahasa Belanda "in de kost". Definisi "in de kost" sebenarnya adalah "makan di dalam", tetapi dapat pula berarti "tinggal dan ikut makan" di dalam rumah tempat menumpang tinggal.

Fungsi Kos-Kosan

  1. Sebagai sarana tempat tinggal sementara bagi mahasiswa yang pada umumnya berasal dari luar daerah selama masa studinya
  2. Sebagai sarana tempat tinggal sementara bagi masyarakat umum yang bekerja di kantor atau yang tidak memiliki rumah tinggal agar berdekatan dengan lokasi kerja
  3. Sebagai sarana pembentukan kepribadian mahasiswa untuk lebih disiplin, mandiri dan bertanggung jawab
  4. Sebagai tempat untuk menggalang pertemanan dengan mahasiswa lain dan hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya.

Keuntungan Berbisnis Kos-Kosan

  1. Bisa Mendapatkan Pendapatan Yang Pasif
    Dengan memiliki usaha rumah kost, tiap bulan kamu akan menerima pendapatan rutin dan tetap dari hasil sewa kos. Besar kecilnya tergantung berapa banyak kamar yang bisa kamu miliki.
  2. Peminat Yang Banyak
    Indekost bisa dikatakan sebagai jenis properti yang paling dicari dan tak pernah sepi peminat. Setiap bulannya ada saja orang yang mencari kamar kost sebagai tempat tinggal. Pangsa pasar bisnis ini sangatlah luas, mulai dari mahasiswa, karyawan, atau individu yang merantau ke suatu kota.
  3. Biaya Perawatan Kos Yang Tidak Terlalu Mahal
    Jika dibandingkan dengan bisnis sewa apartemen atau rumah kontrakan, maka biaya perawatan rumah kost relative lebih murah. Ukuran kamar kost yang cukup kecil membuat kerusakannya tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu memastikan air, listrik, pintu gerbang, hingga fasilitas seperti Wi-Fi tetap berjalan untuk para penghuni.
  4. Sedikit Resiko Untuk Gagal
    Semua sepakat bahwa property adalah bisnis yang paling minim resiko. Harga naik pasti setiap tahunnya bahkan di masa resesi sekalipun. Oleh karenanya, bisnis kost kostan sangat menguntungkan dan tidak akan pernah mati.
  5. Keuntungan Jangka Panjang
    Jika memiliki usaha rumah kost di lokasi yang strategis seperti dekat dengan kampus atau perkantoran, biasanya, mahasiswa atau karywan akan menyewa kos dengan jangka waktu tahunan, sehingga keuntungan yang didapatkan menjadi lebih lama.
  6. Bisnis Praktis Dan Mudah Dijalankan Daripada Bisnis Penginapan Yang Lain
    Dibandingkan dengan usaha penginapan seperti hotel misalnya yang harus banyak syarat dan ijin khusus, maka bisnis kost kostan tak membutuhkan itu, simple dan mudah.
  7. Timbal Balik Modal Yang Besar
    Salah satu kelebihan dari bisnis kost kostan adalah memiliki capital gain (timbal balik modal) yang relatif lebih besar dibanding jenis properti lainnya. Bahkan, diperkirakan modal bisa kembali dalam waktu 5-10 tahun saja. Untuk ukuran bisnis properti, waktu tersebut termasuk cepat.

Berbisnis kos-kosan memang sangat menguntungkan. Tetapi keburuntungan itu memiliki faktor tertentu. Misalnya lokasi kos-kosan. Jika anda membangun bisnis kos-kosan di tempat yang kumuh jauh dari sarana umun atau jauh dari keramaian mungkin bisa saja kos-kos an anda sepi peminat. Berbeda jika lokasi kos-kos an anda berada di tengah kota, dekat sarana umun, dekat kampus, dekat kantor, atau sebagainya. Lokasi tersebut pasti memiliki banyak peminat. Atau bahkan kos-kosan anda menjadi rebutan oleh customer yang nantinya akan tinggal di kosan anda. 

Inilah Beberapa Contoh Lokasi Kos-Kosan Yang Sering Menjadi Incaran:

  1. Berada Di Dekat Kampus
    Disini kos-kosan anda pasti banyak diincar oleh mahasiswa. Dilokasi ini kos-kosan anda bisa jadi rebutan untuk mahasiswa yang ingin tinggal didekat kampus. Selain karena ingin berada di dekat kampus, mahasiswa juga tidak perlu untuk mengeluarkan uang buat keperluan bensin. Mereka bisa jalan kaki untuk kekampus. Disini dijamin kos-kosan anda akan penuh. Tidak rugi anda membangun kos-kosan di sekitar kampus. 
  2. Berada Di Dekat Sarana Transportasi
    Untuk orang  dengan mobilitas yang tinggi, lokasi kos-kosan ini sangat dibutuhkan. Seperti dengan stasiun, terminal, atau bandara. Mereka tidak perlu jauh-jauh dari kos untuk ketempat transportasi. Mereka bisa menghemat waktu sekaligus juga bisa menghemat uang.
  3. Berada Di Tempat Yang Bersih
    Siapa si yang tidak mau tinggal di tempat yang bersih? Semua orang menginginkan tempat tinggal yang bersih. Selain karena faktor kenyamanan, faktor kesehatan pun menjadi pertimbangan. Untuk itu rawatlah kos-kosan anda dan bersihkan secara rutin. Jangan lupa untuk diberi kemanan yang aman.
  4. Berada Di Sekitar Perkantoran
    Sama halnya kos-kosan yang berada disekitar kampus. Kos-kosan yang berlokasi disekitar kantor pun tidak kalah menarik. Pasti kos-kosan anda menjadi incaran bagi para pekerja yang tempat kerjanya ada disekitar kos-kosan anda. Maka dari itu bisnis kos-kosan di tempat ini pasti ada yang menempati. 

Apakah pernah anda jumpai seorang pebisnis kos tapi kos-kosannya berada di dalam rumah mereka? Pasti pernah dong! Mereka tinggal disitu bersama keluarganya dan juga penghuni kos. Meski begitu banyak kelebihan dan kekurangannya. Simak kelebihan dan kekurangan membuat kamar kos di dalam rumah yang juga dihuni pemilik:

Kelebihan

  1. Tidak Perlu Membeli Tanah
    Anda tidak perlu membeli tanah untuk membuat kos-kosan. Sehingga modal anda untuk berbisnis kos-kosan tidak terlalu banyak. Apalagi jika membeli tanah disekitar pusat kota. Pasti harganya sangat mahal dan juga susah untuk mencari tanah kosong disana. 
  2. Dapat Mengkontrol Penghuni Kos
    Anda bisa mengkontrol siapa aja yang boleh masuk didalam kamar kos. Sehingga keamanannya terjamin. 
  3. Hemat Air Dan Listrik
    Tidak perlu mengeluarkan biaya air dan listrik banyak. Karena adanya penggabungan antara biaya pribadi dengan biaya penghuni kos. 

Kekurangan

  1. Berisik
    Jika anda tipe orang yang tidak suka kan kebisingan anda tidak cocok dengan sistem kos seperti ini. Selain ada gangguan dari kamar kos lain anda juga mendapat gangguan dari pemilik kos karena, anda tinggal bersama.
  2. Biaya Sewa Bisa Dimanipulatif
    Anda tinggal bersama dengan keluarga pemilik kos. Bisa jadi harga sewa kamar kos anda di manipulatif. Contohnya harga sewa kos anda dilebihkan untuk menutupi biaya kehidupan sang pemilik. 
  3. Memicu Terjadinya Tindakan Pelecehan, Pencurian, Dan Kriminal
    Rawan terjadi tindakan pelecehan, pencurian, dan kriminal. Karena anda tinggal bersama orang asing. Anda rawan untuk mengalami hal-hal tersebut. Jadi perhatikan jika ada gerak-gerik yang aneh dari sang pemilik kos. 

Nah itu adalah informasi mengenai kos-kosan. Anda bisa mempertimbangakan segala hal untuk memilih tinggal dikos yang seperti apa. Semoga informasi yang kami sampaikan tersampaikan dengan baik. Jika anda ingin mengetahui informasi lain mengenaik properti dan rumah. Anda bisa mengunjungi web kami www.onlist.id Terima kasih!

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait