Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Jangan Salah Booking, Ini Dia Beda Hostel, Motel, Hotel, Dan Jenis Penginapan Lainnya


Saat ini, travelling sudah seperti menjadi gaya hidup atau lifestyle. Bukan hanya untuk pemuda saja, namun semua kalangan menyukai travelling. Travelling sendiri juga menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan penat dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Salah satu bagian yang penting dalam travelling selain destinasi wisata tentunya adalah tempat yang nyaman untuk menginap. Ada berbagai jenis penginapan yang tersedia untuk para pelancong. Mulai dari rumah kerabat atau saudara, hingga hotel dengan berbagai fasilitas.
Losmen, hostel, motel, dan hotel adalah layanan penginapan yang banyak tersedia di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Umumnya, kategorisasi penginapan dibedakan berdasarkan fasilitasnya. Dari banyaknya jenis penginapan yang tersedia, tidak sedikit orang yang belum mengetahui atau paham perbedaan diantara berbagai jenis penginapan tersebut.  Oleh karena itu, untuk menemukan penjelasan mengenai perbedaan dari berbagai jenis penginapan tersebut. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Hotel

Hotel adalah jenis penginapan yang paling umum di masyarakat. Hotel dikenal dengan fasilitas yang agak mewah hingga sangat mewah. Meski begitu, tetap saja jualan utama hotel adalah penginapan. Umumnya hotel berbentuk bangunan besar dengan banyak kamar. Jenis-jenis kamar pun dikategorikan berdasarkan pelayanan dan standar tertentu. Jika Anda sangat mementingkan privasi dan kenyamanan pribadi, Anda cocok menginap di sini.
Hotel dikelola dalam standar tertentu untuk tujuan komersial. Dengan begitu, hotel berstandar tinggi akan memperoleh kelas sebagai hotel bintang 1 hingga 5. Jika Anda memesan kamar hotel, Anda tidak hanya menyewa kamar. Tetapi termasuk pula di dalamnya fasilitas, pelayanan, serta makanan. Dengan begitu, harga sewa hotel terlihat agak mahal.

2. Hostel

Hostel merupakan penginapan yang memiliki bentuk bangunan yang hampir sama dengan asrama yaitu berbagi kamar dengan orang lain dan menggunakan kamar mandi secara bersama-sama. Jadi, apabila di hotel para tamu bisa memiliki sebuah kamar selama waktu sewa dan fasilitas pribadi, sedangkan di hostel para tamu hanya memiliki satu kasur saja.
Hostel lebih seperti tinggal di rumah bersama teman atau keluarga. Tidak ada yang melayani Anda, pihak hostel hanya akan menunjukkan kamar Anda, serta dimana kamar mandi, dapur dan fasilitas lain yang ada. Hostel cocok untuk para backpacker atau solo traveller karena harga sewanya murah. Kelebihan lain dari hostel adalah mudahnya para tamu untuk berinteraksi satu sama lain. Meskipun hostel memiliki tempat tidur yang banyak dalam satu kamar, para tamu bisa memilih tempat tidur sesuai dengan gender mereka.

3. Motel

Motel merupakan sebuah penginapan yang lokasinya berada di pinggir jalan raya dengan akses yang mudah. Istilah Motel sendiri merupakan singkatan dari Motor Hotel. Mungkin di Indonesia jarang kita temui motel. Namun, di Amerika sangat banyak motel yang dapat kita temui ketika sedang perjalanan. Motel diciptakan untuk memberikan akomodasi kepada pengemudi truk dan sejumlah wisatawan yang sedang melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, motel kebanyakan ditemukan di luar batas kota dan di jalan-jalan yang sepi.
Berbeda dengan hotel, motel memiliki tempat parkir yang dekat dengan masing-masing kamar. Sehingga, para pengunjung tidak perlu jauh jauh berjalan dari kamar ke tempat parkir. Fasilitas yang disediakan di motel tidaklah banyak mengingat tujuan dari penginapan ini adalah hanya untuk tempat istirahat sementara saja. Dan harga sewanya pun juga relatif murah.

Jenis Penginapan Lain

Selain tiga jenis di atas, masih ada jenis penginapan lain yang tersedia di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

  • Losmen: Losmen merupakan salah satu jenis penginapan yang benar-benar hanya menyediakan tempat untuk istirahat atau menginap saja tanpa ada fasilitas untuk makan atau fasilitas lain selain menginap. Boleh dibilang, losmen terlihat seperti kos-kosan yang disewakan harian.
  • Homestay: Homestay biasanya diperuntukkan bagi wisatawan dalam rombongan yang tidak terlalu besar, misalnya keluarga atau kelompok mahasiswa. Homestay menawarkan fasilitas seperti rumah pribadi pada umumnya. Termasuk, jika ada, tempat gym, kolam renang, area bermain anak, dan sebagainya.
  • Resort: Resort adalah bentuk pengembangan dari hotel. Resort menawarkan fasilitas pendukung yang lebih lengkap, seperti ruang terbuka dengan nuansa rekreatif, pantai pribadi, serta tempat santai.
  • Guest House: Hampir serupa dengan homestay, guest house adalah rumah pribadi yang disewakan. Bedanya, pemilik guest house menyewakan beberapa ruangan saja dan mereka tinggal di rumah tersebut untuk melayani tamu. Kamar di guest house biasanya didesain seperti hotel, meski ada beberapa yang mirip dengan hostel. Harga sewa guest house relatif murah dibanding hotel.
  • Villa: Villa adalah bangunan rumah besar hingga sangat besar yang disewakan. Umumnya lokasi villa berada di tempat yang tenang. Villa dibangun di dekat wisata alam, seperti pantai, pegunungan, atau air terjun. Jika Anda menyukai ketenangan dan suasana intimate, tempat ini cocok.
  • Suites: Salah satu bentuk pengembangan hotel yang lain. Suites memiliki beberapa ruangan mewah yang disewakan bersama kamar. Sesuai dengan fasilitasnya, sudah pasti harga sewa suites tidak main-main.
  • Inn: Keberadaan inn cukup jarang di Indonesia. Inn adalah bentuk peralihan losmen dan hotel. Maksudnya, biasanya inn memiliki fasilitas seperti hotel, tetapi memiliki ukuran bangunan seperti losmen. Dengan kata lain inn adalah hotel mini.

Begitu banyak jenis penginapan yang tersedia di Indonesia, dari yang sederhana hingga sangat mewah. Mahalnya harga sewa sebanding dengan fasilitas yang diterima oleh para tamu. Yang perlu digaris bawahi, Anda tidak lagi bingung membedakan jenis-jenis penginapan sehingga tidak lagi salah pilih saat berlibur. Kemudian, jangan lupa perhatikan kondisi keuangan Anda agar tidak mengganggu tujuan keuangan Anda yang lainnya.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait