Buat Akun Atau Masuk
Beranda Beli Sewa Cari Listing Cari Agen

Jangan Rugikan Orang lain, Inilah Pentingnya Miliki Garasi Sebelum Membeli Kendaraan Pribadi


Bagian rumah seringkali terdapat beberapa hal yang tidak mendapat cukup perhatian pada saat proses pembangunan. Mulai dari segi urgensi atau kepentingan sampa dengan pertimbangan dari segi budget atau biaya. Salah satu hal yang paling sering diabaikan saat proses pembangunan adalah bagian garasi rumah. Garasi merupakan rumah-rumahan atau bagian rumah yang digunakan sebagai tempat menyimpan mobil dan sebagainya.

Tidak semua keluarga harus fokus untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi. Adanya garasi untuk sebuah rumah setidaknya bisa menjadi tempat atau ruang tambahan untuk keperluan lainnya, misalnya sebagai gudang. Karena hal tersebutlah yang menjadikan garasi memiliki fungsi sebagai pelengkap.

Alasan Mengapa Pemilik Mobil Pribadi Wajib Mempunyai Garasi Di Rumah

Garasi rumah merupakan bagian penting dalam memiliki mobil untuk membuat mobil jadi tidak kepanasan dan kehujanan, serta menghindari potensi mengganggu orang lain.
Tidak sedikit kejadian banyak pemilik mobil yang memarkir kendaraannya di pinggir jalan perumahan yang dapat mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. Selain itu, buatlah garasi rumah yang aman dan dapat melindungi mobil dengan baik. Parkir di dalam garasi yang sudah memiliki atap supaya mobil dapat terhindar dari paparan panas matahari secara langsung yang bisa membuat cat mobil memudar. Apabila garasi tiadak memiliki atap maka akan membuat mobil terkena hujan. Seiring berjalannya waktu akan timbul jamur kaca atau bodi akibat dari noda air hujan yang telah mengering karena tidak dibersihkan.
Telah diterbitkan aturan mengenai garasi rumah di beberapa daerah di Indonesia. Hal tersebut dilakukan demi menjadikan masyarakat menjadi lebih tertip dan rukun. Terdapat pasal yang menyebutkan bahwa warga atau badan usaha yang memiliki kendaraan bermotor wajib mempunyai atau menguasai garasi. Warga yang akan membeli kendaraan harus membuktikan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat. Peraturan tersebut diterbitkan juga untuk menghindari terganggunya fungsi jalan yaitu berkurangnya kapasitas jalan dan kecepatan lalu lintas akibat menumpuknya barang atau benda di bahu jalan, parkir kendaraan sembarangan, dan berhenti untuk keperluan yang lain selain kendaraan tersebut dalam keadaan darurat.

Garasi sebenarnya memiliki beberapa manfaat penting meskipun seringkali diabaikan. Beberapa manfaat yang dimilikinya adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi Resiko Tindakan Kriminal
    Akhir-akhir ini marak sekali terjadi tindakan pencurian kendaraan terutama motor yang di parkir di depan rumah saja. Dengan menyimpan kendaraan di dalam garasi rumah, tentu saja dapat membuat kendaraan lebih aman dan terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan, seperti tindakan kriminal curanmor tersebut.
  2. Sebagai Ruang Penyimpanan Tambahan
    Banyak ditemui bahwa garasi rumah tak hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan kendaraan saja, tetapi juga seringkali menjadi ruangan tambahan untuk tempat penyimpanan barang-barang lainnya terutama yang berhubungan dengan perkakas taman dan otomotif . Hal tersebut boleh saja, asalkan tetap diperhatikan luas garasi dan kerapihannya.
  3. Tempat Parkir Kendaraan
    Kendaraan pribadi adalah alat transportasi milik pribadi yang digunakan mobilisasi sehari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya memiliki satu tempat tersendiri di dalam rumah supaya kendaraan tersebut tetap terawat dengan baik. Kendaraan yang tidak disimpan di dalam rumah akan lebih rawan mengalami kerusakan karena tidak ada perlindungan dari cuaca dan kriminal.

Cara memaksimalkan garasi di rumah yang kecil atau minimalis supaya tidak memakan banyak tempat parkir kendaraan.

  1. Ruang Vertical
    Gunakanlah ruang vertikal untuk menyimpan perlengkapan dan barang-barang. Hal tersebut akan membuat garasi terlihat lebih luas dan melindungi barang-barang dari banjir. Setelah mengatur dan memberi label barang-barang, maka selanjutnya akan tahu berapa banyak dan jenis ruang penyimpanan yang akan dibutuhkan. Rak dan lemari sangat cocok untuk penyimpanan barang-barang kecil. Sedangkan sistem penyimpanan overhead sangat bagus untuk peralatan yang besar.

  2. Prioritaskan Barang Yang Sering Dipakai
    Beberapa barang misalnya seperti peralatan atau perkakas, sepeda, mainan anak, perlengkapan kebersihan mungkin selalu diakses atau digunakan secara teratur. Saat mengatur barang-barang perhatikan barang-barang apa saja yang membutuhkan tempat yang terlihat langsung di garasi untuk memudahkan dalam mengaksesnya. Simpanlah barang-barang tersebut pada tempat penyimpanan atau rak yang mudah dijangkau, lalu kembalikanlah setelah selesai digunakan. Sementara itu untuk barang-barang yang jarang atau bahkan tidak sering digunakan dan penggunaannya hanya musiman harus disimpan pada area yang lebih tinggi supaya tetap aman.

  3. Sortir dan Atur Barang
    Setelah selesai melakukan penyortiran barang, maka diperlukan untuk mengatur ulang dan mengemas ulang barang-barang. Lalu simpan barang-barang serupa di dalam satu lokasi. Mungkin bisa juga disimpan dalam kotak plastik yang transparan supaya mudah terlihat dan dijangkau. Berilah label yang dapat dibaca dengan mudah serta dapat dikenali sehingga tidak perlu repot susah-susah mencarinya ketika sedang dibutuhkan.

Konsep Model Garasi Rumah

Untuk membangun sebuah garasi rumah, kamu perlu mengetahui beberapa konsep model garasi rumah yang beda, unik sampai garasi rumah yang terlihat elegan untuk kendaraan kesayanganmu. Beberapa model garasi rumah yang cocok diaplikasikan di rumah orang Indonesia yang bisa dijadikan referensi!

  1. Garasi Rumah Bawah Tanah
    Memiliki garasi rumah bawah tanah yang tidak terlihat dari luar bisa menjadi ide yang bagus apabila kamu memiliki mobil mewah dengan harga yang mahal karena garasi rumah bawah tanah bisa menghindarkan kendaraanmu dari incaran pencuri.
    Berbeda dengan garasi rumah pada umumnya, konsep garasi rumah bawah tanah dapat menghemat lahan. Dengan menggunakan desain pintu otomatis yang akan membawa mobilmu menuju lahan parkir di bagian bawah tanah membuatnya tampak sangat modern. Di sisi lain, daripada memperbesar garasi yang sama-sama memakan biaya yang banyak dan mengambil banyak lahan atau jalan umum, lebih baik membuat garasi bawah tanah.
  2. Garasi Rumah Halaman Samping
    Salah satu area yang umum digunakan untuk membuat garasi rumah adalah di lahan samping rumah atau halaman rumah. Meskipun ukurannya tidak lebar, lahan samping rumah biasanya mempunyai ukuran yang cukup panjang sehingga dapat dijadikan sebagai garasi rumah. Jika memiliki lahan di samping rumah yang tidak terpakai, tidak ada salahnya apabila dijadikan sebagai garasi yang keren.
  3. Garasi Rumah Sederhana
    Apabila kamu suka dengan konsep desain yang sederhana, model garasi ini sangat cocok untuk rumahmu. Garasi dengan kanopi juga paling sering dimiliki oleh Sebagian masyarakat. Kanopi rumah merupakan rangka dan atap yang dipasang di beranda depan rumah atau teras yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menahan panas dan hujan. Tujuan pembuatan kanopi rumah yaitu untuk melindungi kendaraan seperti mobil atau motor dari hujan dan sinar matahari. Kanopi sebagai atap pelindung bangunan biasanya dibuat dengan memiliki dua ujung yang terbuka dengan variasi beragam. Jenis kanopi baja ringan dan kanopi besi hollow khusus untuk hunian. Material yang dapat dipilih untuk membuat kanopi pada rumah juga bervariasi, seperti spandek, kaca, uPVC, polycarbonate, kayu, besi, aluminium, atau kombinasi sesuai keinginan. 

Itu dia beberapa informasi mengenai pentingnya miliki garasi sebelum membeli kendaraan pribadi. Simak terus informasi lebih lanjut seputar jual beli rumah di laman kami www.onlist.id.

Blog Populer Lainnya


Blog Terkait